Kopi hitam merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang khas, minum kopi juga biasa digunakan untuk mengatasi rasa kantuk ketika sedang bekerja atau beraktivitas. Namun siapa sangka bahwa kopi juga memiliki beragam manfaat lainnya terutama untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat kopi hitam untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat kopi hitam
Gambar kopi hitam (via stylecaster.com)

manfaat kopi hitam

Berikut 11 manfaat kopi hitam bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kopi hitam tanpa gula yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena adanya kandungan kalsium yang menjadi asupan zat penting bagi tulang manusia. Dengan begitu, manfaat kopi hitam juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit terkait masalah tulang, seperti osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kalsium, kopi hitam juga mengandung kalium yang sangat berguna untuk memperkuat otot-otot jantung, sehingga detak jantung pun menjadi lebih stabil. Disamping hal tersebut, meminum kopi hitam tanpa gula juga sangat disarankan untuk mengatasi penyumbatan darah yang terjadi akibat beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi.

3. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Siapa sangka bahwa meminum kopi hitam dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko terkena kanker. Bahkan, minum kopi hitam tanpa campuran gula ataupun zat lain dapat meningkatkan kinerja zat aktif dalam tubuh yang berfungsi untuk memerangi semua potensi pembentuk kanker.

4. Mencegah Diabetes

Kopi hitam yang dikonsumsi tanpa menggunakan tambahan gula ternyata dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini karena rasa pahit yang terdapat di dalam kopi ternyata sangat efektif untuk mengurangi kadar gula di dalam darah. Selain itu, mengonsumsi kopi pahit tanpa gula secara teratur juga dapat menyeimbangkan hormon yang berfungsi untuk mengatur produksi insulin dalam tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Khasiat kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat jika diimbangi dengan olahraga olahraga yang teratur. Hal ini karena kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Selain itu, kopi hitam juga dapat merangsang sistem saraf untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

6. Menjaga Fungsi Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Seiring bertambahnya usia dapat membuat kemampuan daya ingat menjadi menurun dan meningkatnya risiko penyakit demensia, parkinson dan alzheimer. Untuk mencegah hal ini, minum kopi hitam merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan daya ingat dan membantu fungsi otak tetap terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Mengonsumsi kopi hitam ternyata dapat membantu mencegah berbagai penyakit terkait hati, seperti kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkohol. Seperti pada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam tanpa gula memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah untuk terserang beberapa jenis penyakit hati tersebut.

8. Membantu Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis minuman diuretik yang dapat membuat orang yang meminumnya merasa ingin buang air kecil. Oleh karena itulah, dengan meminum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh dapat segera dikeluarkan dalam bentuk urine.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau

Selain 8 manfaat kopi hitam untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, kopi ini masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari kopi hitam:

9. Sebagai Sumber Antioksidan

10. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Bugar

11. Membantu Menurunkan Berat Badan


PERTIMBANGAN DALAM MEMINUM KOPI HITAM

Pada dasarnya Anda dapat memperoleh beragam manfaat dari mengonsumsi kopi jika dikonsumsi secara teratur, terutama tanpa menggunakan tambahan gula. Hal ini karena adanya kandungan kafein yang dapat memberikan tambaha energi, stamina, serta beberapa manfaat lainnya.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah batasan dalam mengonsumsinya. Meskipun bermanfaat, kopi juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya saja tubuh akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan pada jantung dan gangguan pencernaan.

Selain itu, hindari minum kopi dalam kondisi perut masih kosong. Dengan kata lain Anda perlu mengisi perut Anda dengan makanan sebelum minum kopi. Disamping hal tersebut, Anda juga perlu mengimbanginya dengan banyak minum air putih agar kesehatan ginjal Anda tetap terjaga.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat kopi hitam untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Lobak Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here