Bawang dayak merupakan salah satu jenis tanaman khas Kalimantan yang memiliki bentuk mirip dengan bawang merah. Dimana tanaman ini secara empiris biasa digunakan sebagai tanaman herbal oleh masyarakat Dayak, karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat bawang dayak untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Bawang Dayak
Gambar bawang dayak via bawangdayak.net

Tanaman yang memiliki nama latin Eleutherine palmifolia ini ternyata memiliki beragam nama lokal. Beberapa diantaranya yaitu disebut dengan nama bawang sabrang, bawang tiwai, bawang lubak, bawang berlian, teki sebrang, bawang hantu, dan lain sebagainya.

Manfaat Bawang Dayak

Berikut 12 manfaat bawang dayak bagi kesehatan:

1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat bawang dayak yang pertama yaitu memperkuat tulang dan gigi. Hal ini karena adanya kandungan kalsium dan berbagai mineral lain dalam bawang dayak yang berperan penting dalam mencegah osteoporosis dan gigi rapuh. Oleh karena itu, bagi para usia lanjut sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang dayak secara rutin.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Bawang dayak memiliki kandungan glikosida, yaitu senyawa kompleks yang mengandung gula yang berfungsi sebagai obat pencahar dan melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, bawang dayak sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, asam urat, dan gejala stroke.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang dayak memiliki kandungan vitamin yang beragam dan juga antioksidan yang cukup tinggi. Maka tak heran jika umbi-umbian ini dapat memberikan beragam manfaat, salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Cukup dengan menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari maka manfaat ini dapat Anda peroleh.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Menurut Prof Dr Sidik Apt (Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran), bawang dayak mengandung senyawa alisin. Dimana senyawa inilah yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, serta mengatasi kekentalan darah.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Mengonsumsi bawang dayak ternyata dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat mencegah timbulnya lendir dan flek paru-paru yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Selain itu, bawang dayak juga dapat membantu Anda agar terhindar dari radang paru-paru.

6. Sebagai Anti Bakteri

Bawang dayak dapat berperan sebagai anti bakteri yang sangat baik untuk membantu tubuh Anda dalam melawan bakteri pemicu penyakit. Disamping menangkal bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh, senyawa anti bakteri ini juga dapat membersihkan bakteri yang tidak diperlukan dalam tubuh. Dengan begitu tubuh Anda kesehatan tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

7. Sebagai Anti Peradangan

Khasiat bawang dayak juga dapat berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, yang sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya infeksi pada tubuh Anda. Dengan begitu, bawang dayak dapat Anda gunakan sebagai obat alternatif untuk mencegah dan juga meminimalisir risiko terjadinya infeksi.

8. Mengobati Penyakit Amandel

Penyakit amandel atau radang amandel dapat menyerang kalangan dewasa bahkan anak anak. Jika tidak segera diobati, amandel akan makin menjadi membesar dan mengakibatkan susah untuk menelan makanan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan bawang dayak untuk mengatasi amandel.

Artikel terkait: Manfaat Bawang Merah

Selain 8 khasiat dan manfaat bawang dayak yang telah disebutkan tersebut, tanaman ini juga masih memiliki manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari bawang dayak:

9. Membantu Memperlancar Metabolisme Tubuh

10. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

11. Melancarkan Produksi ASI Pada Wanita Menyusui

12. Membantu Mengobati Asam Urat


SARAN DALAM MENGONSUMSI BAWANG DAYAK

Untuk mendapatkan penyerapan nutrisi yang lebih optimal dan cepat, lebih baik jika Anda mengonsumsinya dalam waktu 1 jam sebelum makan. Hal ini karena pada saat kondisi lambung masih kosong, proses penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal. Dengan begitu khasiat bawang dayak lebih cepat Anda rasakan.

Artikel terkait: Manfaat Bawang Bombai

CARA MENGOLAH BAWANG DAYAK

Untuk memperoleh manfaatnya secara lebih optimal, maka pengolahannya pun perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa cara untuk mengolah bawang dayak:

Diseduh dengan Air

  1. Siapkan satu hingga dua siung bawang dayak (sekitar 30 gram).
  2. Lalu masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas.
  3. Aduk hingga merata dan air menjadi berubah warna merah muda.
  4. Setelah itu Anda dapat langsung meminumnya.

Sebagai Lalapan pada Makanan

Jika Anda suka mengonsumsi makanan yang disajikan dengan lalapan, ada baiknya jika menambahkan bawang dayak sebagai tambahan menu lalapan Anda. Selain lebih segar, nutrisi yang terkandung di dalam bawang dayak juga tetap terjaga ketika dikonsumsi.

Diolah Menjadi Manisan

  1. Kukus bawang dayak yang telah dicuci bersih dan diiris tipis selama 5 hingga 10 menit.
  2. Buat larutan gula dan air dengan takaran secukupnya.
  3. Masukkan irisan bawang dayak yang telah dikukus ke dalam larutan gula tersebut.
  4. Kemudian masak hingga mengental dan membentuk kristal gula.
  5. Bawang dayak siap dikonsumsi dalam bentuk cemilan manisan.

Artikel terkait: Manfaat Bawang Putih

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat bawang dayak untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Sirih Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here