Lobak merah merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi-umbian yang sangat menyehatkan jika dikonsumsi. Hal ini karena adanya beberapa senyawa penting seperti beta karoten, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan masih banyak nutrisi lainnya yang terkandung di dalam sayuran ini. Dengan begitu, maka tak mengherankan jika sayuran lobak merah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat lobak merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Lobak Merah
Gambar lobak merah via theplumpalate.com

manfaat lobak merah

Berikut 12 manfaat lobak merah bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lobak merah yang pertama yaitu dapat berperan sebagai anti aging. Dimana lobak merah dipercayai dapat membantu menunda terjadinya penuaan dini. Selain itu, lobak ini juga kaya akan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

2. Mengurangi Risiko Terkena Stroke

Terdapat suatu studi yang dilakukan di Universitas Harvard yang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih daripada enam porsi lobak merah dalam seminggu memiliki risiko stroke yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi satu lobak merah saja dalam seminggu.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Lobak merah merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena lobak merah kaya akan beta karoten. Selain itu, beta karoten juga dapat mencegah berbagai masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Hasil studi yang dipublikasikan dalam The journal of Nutrition Research and Practice, menyatakan bahwa lobak dapat membantu penderita hipertensi dalam menurunkan tekanan darah mereka. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium di dalamnya, sekaligus rendah natrium sehingga dapat menjaga kestabilan tekanan darah pada penderita hipertensi.

5. Mencegah Kanker

Lobak merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi vitamin C, asam folat, dan anthocyanin, yang bermanfaat dalam mencegah beberapa jenis kanker, misalnya saja seperti kanker usus, ginjal, dan kanker mulut. Selain itu, kandungan antioksidan dalam lobak juga berperan penting dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah penyakit kanker.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Lobak merupakan diuretik yang sangat efektif, dengan begitu lobak dapat membantu organ ginjal dalam mengolah limbah secara lebih efisien untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal ini kemudian dapat meningkatkan fungsi ginjal untuk dapat bekerja menjadi lebih baik.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi lobak secara rutin dipercayai dapat membuat kulit tampak lebih halus. Dimana lobak mengandung vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan. Selain itu, lobak merah juga memiliki banyak kandungan air yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan begitu kulit akan menjadi lebih sehat.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lobak merah yang selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena lobak merah mengandung vitamin B6, vitamin C, serta serat yang dapat membuat Anda menjadi lebih kenyang dan tidak mudah lapar. Selain itu, lobak merah juga diketahui dapat memperlancar pencernaan.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Siapa sangka bahwa khasiat lobak merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan lobak merah memiliki suatu senyawa menyehatkan, yang ketika dikonsumsi atau diminum dalam bentuk jus lobak dapat membantu tubuh Anda dalam mencegah berbagai jenis penyakit.

Baca juga: Manfaat Lobak Putih

Selain 9 manfaat lobak merah untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, lobak merah ternyata masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari lobak merah:

10. Mengatasi Gangguan Tidur

11. Mengatasi Masalah Seksual

12. Mencegah Sembelit


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat lobak merah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Donor Darah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here