Pakis merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam tumbuhan paku-pakuan. Umumnya, bagian dari sayur pakis yang dikonsumsi adalah bagian tunas yang masih kuncup. Karena selain memiliki rasa yang lezat ketika dimasak, bagian dari sayur pakis ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat sayur pakis untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Sayur Pakis
Gambar sayur pakis

manfaat sayur pakis

Berikut 13 manfaat sayur pakis untuk kesehatan:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat sayur pakis yang pertama yaitu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain adanya kandungan anti-oksidan, daun pakis juga mengandung beta karoten. Dimana beta karoten ini dapat mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat pakis hijau yang selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena sayur ini kaya akan serat yang amat baik untuk tubuh, sehingga dapat membantu tubuh terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Setiap 100 gr sayur pakis terdapat kandungan vitamin A sekitar 3617 IU. Hal ini setara dengan 120% kebutuhan harian tubuh akan vitamin A. Seperti yang Anda ketahui bahwa vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan halus tentu menjadi dambaan semua orang. Sebagian dari Anda mungkin akan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan. Tapi tahukah Anda, Anda juga dapat memperoleh kulit yang sehat dengan cara alami yaitu mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya vitamin dan mineral, misalnya saja seperti sayur pakis hijau ini.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Adanya kandungan kalsium dan fosfor merupakan salah satu manfaat sayur pakis untuk menjaga kesehatan tulang. Asupan fosfor dan kalsium yang dapat Anda peroleh dari sayuran pakis ini dapat membantu tubuh terhindari dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

6. Menangkal Radikal Bebas

Sayur pakis ternyata memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan yang terdapat dalam sayur ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang selanjutnya dapat mencegah munculnya gejala penuaan dini, seperti flek hitam, keriput, dan lain-lain.

7. Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Setiap 100 gr sayur pakis dapat menyediakan kalium sebesar 370 gr. Dimana kalium yang terkandung dalam sayur pakis ini dapat bermanfaat untuk merelaksasikan jantung, yang selanjutnya dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah sehingga dapat mencegah hipertensi.

8. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Sayur pakis memiliki kandungan niacin yang sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Dengan begitu, hal ini dapat membantu fungsi tubuh Anda dalam melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pada daerah arteri.

Baca juga: Manfaat Sayur Kangkung

Selain manfaat sayur pakis hijau untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, sayur ini ternyata masih menyimpan berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat sayur pakis lainnya:

9. Mencegah Gangguan Ginjal

10. Meningkatkan Daya Ingat

11. Mengatasi Depresi dan Gangguan Psikologis Lainnya

12. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

13. Mencegah Peradangan atau Inflamasi


PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI SAYUR PAKIS

Meskipun sayur pakis atau sayur paku ini memiliki nilai gizi yang tinggi, nyatanya tidak semua jenis pakis dapat dikonsumsi. Beberapa jenis atau varietas dari tumbuhan paku bahkan memiliki suatu senyawa yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat dari sayur pakis secara optimal, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya yang juga memiliki nilai gizi tinggi, misalnya saja seperti bawang putih, minyak zaitun, dan sayuran hijau lainnya.

Baca juga: Manfaat Daun Pepaya

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat sayur pakis untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here