Asam folat (folic acid) merupakan bentuk dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Dimana asam folat memiliki peran penting dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu, memperoleh asupan yang cukup akan vitamin ini sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Lalu apa saja manfaat asam folat untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil
Ilustrasi manfaat asam folat untuk ibu hamil

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Berikut 4 manfaat asam folat untuk ibu hamil:

1. Mencegah Stres pada Ibu Hamil

Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat membantu terhindar dari masalah psikologis seperti stres. Tidak hanya kondisi fisik, kondisi psikologis ibu hamil juga dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa ibu hamil perlu menghindari stres. Kabar baiknya, sebagai bagian dari kelompok vitamin B kompleks, asam folat ternyata mampu membuat ibu hamil merasa lebih rileks sehingga dapat terhindar dari stres serta gangguan psikologis lainnya.

2. Menurunkan Risiko Terkena Anemia

Sebagai salah satu nutrisi penting di masa kehamilan, asam folat dapat membantu mempercepat proses terbentuknya sel-sel darah merah. Dengan begitu, risiko terkena anemia dapat diminimalisir apabila ibu hamil rutin mengonsumsi makanan yang kaya asam folat.

3. Menjaga Kesehatan Janin dalam Kandungan

Ketika berada di dalam kandungan, janin akan mengalami perkembangan dari hari ke hari. Pada kasus ini, kandungan asam folat dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, sangat penting memenuhi kebutuhan akan asam folat harian untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin dengan baik.

4. Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kelancaran pembentukan organ-organ pada janin dipengaruhi oleh kadar asam folat yang diperoleh oleh ibu hamil. Semakin banyak asupan asam folat yang diperoleh, maka perkembangan otak dan sistem saraf pusat sang janin juga akan terbentuk semakin cepat dan optimal. Oleh karena itu, jika kebutuhan asam folat harian selama hamil senantiasa terpenuhi, janin akan terhindar dari risiko cacat lahir.


Berapa Jumlah Asupan Asam Folat yang Dibutuhkan?

Agar terhindar dari masalah cacat lahir, para ahli merekomendasikan agar mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Dimulai setidaknya sebulan sebelum Anda berencana untuk hamil. Pada saat usia usia kehamilan 4 sampai 9 bulan yaitu sebanyak 600 mikrogram, dan saat menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Sumber Asam Folat

Supaya kebutuhan harian akan zat ini terpenuhi, Anda dapat mengonsumsi makanan ibu hamil yang banyak mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, kubis, pisang, alpukat, jeruk, pepaya, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga dapat meminum susu ibu hamil yang memiliki kadar asam folat yang cukup tinggi.

Artikel terkait: Manfaat Vitamin B Kompleks

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat asam folat untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here