Es cendol, atau biasa dikenal juga dengan sebutan es dawet merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung sagu ataupun tepung beras. Disajikan dengan tambahan es, gula merah cair, serta santan membuatnya menjadi minuman menyegarkan yang banyak digemari banyak kalangan. Tidak hanya itu, minuman ini ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Lalu apa saja manfaat es cendol untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat es cendol
Gambar es cendol / es dawet via hungrygowhere.my

KANDUNGAN GIZI ES CENDOL

Pada dasarnya es cendol dapat disajikan dengan berbagai campuran bahan lainnya agar terasa lebih segar ataupun disajikan sebagai cendol murni saja. Namun secara garis besar es cendol memiliki kandungan gizi sebagai berikut (per 100 gr):

  • Protein 11,35 gram
  • Lemak 13,9 gram
  • Karbohidrat 175 gram
  • Fosfor 220 mg
  • Kalsium 160 mg
  • Vitamin C 1,9 mg
  • Zat besi 2 mg

Manfaat Es Cendol

Berikut 7 manfaat es cendol bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat es cendol yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena adanya kandungan kalsium yang cukup tinggi pada salah satu bahan yang digunakan untuk membuat cendol. Kalsium inilah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Cendol ternyata mengandung kalium, meskipun kadarnya tidak terlalu tinggi. Dimana kandungan kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, kalium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Siapa sangka bahwa cendol dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena cendol dapat berperan sebagai pengganti asupan karbohidrat, yang dapat memberi efek mengenyangkan sehingga dapat mencegah Anda dari konsumsi makanan berlebih.

4. Melawan Kram Otot dan Bengkak

Santan yang disajikan bersamaan dengan cendol memang bertanggung jawab atas beberapa masalah kesehatan. Namun, santan juga mempunyai manfaat yang baik, yaitu efektif dalam melawan kram otot dan bengkak karena dapat menenangkan sel saraf yang tegang.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Cendol yang terbuat dari bahan tepung sagu ternyata sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, cendol juga mengandung serat yang sangat baik dalam membantu proses penyerapan zat gizi di dalam usus halus menjadi lebih efektif.

6. Memberikan Efek Dingin pada Tubuh

Es cendol ternyata dapat membuat efek dingin pada tubuh. Tidak hanya dapat mendinginkan tubuh, es dawet juga bermanfaat dalam mengatasi beberapa gangguan pada empedu. Oleh karena itulah, minum es dawet saat cuaca sedang panas dapat mengatasi dahaga dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

7. Memberikan Tambahan Energi

Gula merah yang ditambahkan ke dalam minuman es cendol menjadi salah satu asupan energi yang sangat baik, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan bersemangat. Oleh karena itu, minumlah segelas es dawet di saat Anda merasa lesu yang diakibatkan karena kekurangan zat gula.

Baca juga: Manfaat Kopi Hijau

PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI ES CENDOL

Pada dasarnya es cendol dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tentu saja jika cendol yang dikonsumsi menggunakan bahan-bahan yang alami. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan es cendol yang akan Anda konsumsi apakah mengandung zat aditif seperti perwarna dan pemanis buatan, penguat rasa, bahan pengawet, dan lain sebagainya. Selain itu, konsumsilah dalam batas wajar atau tidak berlebihan sehingga es cendol dapat memberikan manfaat yang menyehatkan.


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat es cendol untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Buah-Buahan Penurun Kolesterol atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here