Green coffee, disebut juga dengan nama kopi hijau merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi hitam pada umumnya. Dimana asam klorogenat ini dipercaya dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat green coffee untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Green Coffee
Gambar green coffee (via evolution-slimming.com)

Manfaat green coffee

Berikut beberapa manfaat green coffee bagi kesehatan tubuh manusia serta efek sampingnya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat green coffee yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini sejalan dengan penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine, yang menunjukkan bahwa ekstrak green coffe diklaim memiliki efek untuk mencegah tubuh dari terjadinya kenaikan berat badan. Dengan begitu, minum green coffe ini dapat membantu Anda dalam menjalani program diet.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan asam klorogenat pada green coffee juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sejalan dengan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension, yang menunjukkan bahwa penderita tekanan darah tinggi yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan hasil terjadinya penurunan tekanan darah.

3. Detoksifikasi Alami

Khasiat green coffee yang telah di ekstrak dapat bertindak sebagai detoks alami. Dimana kandungan yang terdapat pada biji green coffee dapat membersihkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, green coffee atau kopi hijau dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi secara tepat.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Terdapat suatu penelitian yang telah dilakukan Nutritional Neuroscience pada tahun 2012, yang menunjukkan bahwa ekstrak biji green coffee dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit Alzheimer. Bahkan, khasiat kopi hijau juga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin dalam tubuh.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kafein yang terdapat dalam green coffee memiliki efek positif terhadap aktivitas otak. Beberapa studi yang diterbitkan oleh Nutrition Bulletin pada bulan Februari 2008, mengonfirmasi bahwa kafein yang terkandung dalam green coffee dapat meningkatkan kewaspadaan, memori, fokus, serta berbagai faktor lain terkait kinerja kognitif.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Biji green coffee memiliki kandungan akan beberapa zat antioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini dapat membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada bulan Juli 2004, antioksidan asam klorogenat dalam biji green coffee dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

7. Mengurangi Kolesterol Jahat

Pada dasarnya terdapat berbagai cara untuk mencegah ataupun mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, misalnya saja dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan memperbanyak minum air putih.

Disamping hal tersebut, Anda juga dapat mencegah kolesterol dengan cara minum kopi hijau. Sejalan dengan suatu penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi hijau secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

8. Meningkatkan Proses Metabolisme Tubuh

Kandungan asam klorogenat dalam green coffee akan diproduksi oleh tubuh sebagai antioksidan alami, hal ini yang kemudian akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Karena seperti yang telah diketahui bahwa jika proses metabolisme terganggu, maka secara keseluruhan kelancaran proses lain dalam tubuh juga akan ikut terganggu.

Baca juga: Manfaat Black Coffee

PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI GREEN COFFEE

Green coffee atau disebut juga dengan nama kopi hijau pada dasarnya aman ketika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Jenis ekstrak green coffee tertentu juga aman digunakan maksimal 200 mg lima kali sehari dalam 12 minggu.

Hal tersebut tentu sangat penting untuk diperhatikan, karena green coffee juga memiliki kandungan kafein mirip seperti kopi biasa pada umumnya. Oleh karena itu, kopi jenis ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping (terkait dengan kafein) seperti pada berikut ini.

EFEK SAMPING GREEN COFFEE

Asupan kafein berlebihan dari konsumsi green coffee dapat menyebabkan insomnia, gelisah, mual, sakit perut, serta meningkatnya detak jantung dan lain sebagainya. Selain itu, mengonsumsi kopi jenis ini juga perlu perhatian khusus jika Anda menderita penyakit atau kondisi tertentu, dikarenakan dapat memperburuk kondisi Anda.

Baca juga: Manfaat Teh Hitam

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat green coffee untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Lobak Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here