Pada dasarnya terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan oleh penderita kolesterol tinggi dalam menurunkan kolesterol. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat, misalnya saja dengan cara rutin mengonsumsi buah penurun kolesterol.

buah penurun kolesterol
Beragam jenis buah penurun kolesterol via danielifeanyichukwujn.com

Hal ini karena buah buahan mengandung serat serta berbagai senyawa kimia yang dapat berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang dapat membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Lalu apa saja buah penurun kolesterol yang tepat untuk dikonsumsi? Berikut ulasannya.

Buah Penurun Kolesterol

Berikut beberapa jenis buah-buahan sebagai penurun kolesterol:

1. Buah Jambu Biji

Buah jambu biji menjadi salah satu buah penurun kolesterol yang baik, hal ini karena jambu biji atau Guava ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium yang cukup tinggi. Dimana semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol adalah antioksidan flavonoid, yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi jus jambu biji selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol hingga 53% dari total 83% kolesterol jahat.

2. Buah Delima

Tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, buah delima juga mengandung suatu senyawa yang dapat berperan dalam menghilangkan plak di dalam aliran darah sebagai akibat tingginya kolesterol darah. Fungsi ini diperoleh dari kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima.

3. Buah Alpukat

Pada dasarnya buah alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi, bahkan hingga 16 persen. Namun lemak dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL).

Selain itu, alpukat juga mengandung beta-sitosterol, yaitu sejenis lemak nabati yang juga menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengonsumsi buah alpukat yang baik, contohnya diolah menjadi jus buah alpukat, namun jangan menggunakan gula tambahan.

4. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C ini akan mengurangi produksi apo-B, yaitu sejenis zat yang dapat memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Selain itu, di dalam buah jeruk juga terkandung antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.

5. Buah Apel

Buah apel menjadi salah satu buah-buahan penurun kolesterol karena adanya kandungan beta glucan yang memiliki peran dalam mengontrol produksi kolesterol. Selain itu, buah ini juga menyediakan serat larut yang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya pengerasan pada arteri, sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan serta beberapa jenis vitamin lain. Misalnya saja vitamin E dan vitamin C, yang dapat menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase sehingga dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Buah Anggur

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, buah anggur juga memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Dimana antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, buah anggur dapat menjadi cemilan yang tepat untuk penderita aterosklerosis koroner.

8. Buah Pisang

Buah pisang mengandung serat yang berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL). Selain itu, senyawa kalium yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dengan begitu kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga.

9. Jenis Buah Berry

Jenis buah-buahan yang termasuk dalam kategori berry (beri-berian) memiliki serat larut yang dapat mengikat kolesterol terserap di usus halus, dengan begitu kadar kolesterol jahat akan menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik (HDL).

Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke. Beberapa jenis buah yang termasuk beri-berian yaitu buah strawberry, buah blueberry, dan buah cranberry.

Artikel terkait: Buah-Buahan untuk Diet

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam buah untuk kolesterol. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Zaitun atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here