Penyakit bronkitis adalah peradangan pada tabung (bernama bronkus) yang membawa udara dari dan ke paru-paru. Ada dua jenis penyakit ini, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Jika Anda mengidap penyakit ini, Anda bisa mengatasi gejala batuk bronkitis dengan pengobatan yang tepat. Dan bagi para orang tua, berhati-hatilah, karena bisa saja terjadi bronkitis pada anak.

Di artikel ini Anda akan menemukan informasi penting seputar penyakit bronkitis akut dan bronkitis kronis, gejala dari masing-masing jenis bronkitis itu, gejala bronkitis pada anak, dan cara mengobati bronkitis pada anak maupun orang dewasa.

Penyakit Bronkitis Akut

Bronkitis akut adalah peradangan pada bronkus. Bronkus merupakan tabung-tabung yang membawa udara ke dalam paru-paru Anda. Jika tabung-tabung itu terinfeksi, mereka akan membengkak dan mukus (cairan kental) terbentuk di dalamnya. Hal itu akan menyulitkan Anda untuk bernapas. Seperti namanya, bronkitis akut berlangsung dalam waktu singkat, biasanya beberapa minggu atau kurang.

penyakit bronkitis - bronkitis kronis - bronkitis akut - bronkitis pada anak - batuk bronkitis

Gejala Bronkitis Akut

Gejala-gejala awal dari bronkitis akut dapat menyerupai gejala pilek atau flu. Jadi daripada langsung mengabaikan keluhan yang Anda alami karena mengiranya flu biasa, sebaiknya waspadailah tanda-tanda berikut:

  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Batuk berdahak yang warnanya jernih, kuning, atau hijau
  • Rasa sesak di dada
  • Bengek
  • Sesak napas
  • Menggigil
  • Badan terasa nyeri

Gejala batuk bronkitis yang Anda alami mungkin berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Keluhan itu terjadi karena tabung bronkus butuh waktu untuk sembuh. Batuk yang berkepanjangan juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit lain, seperti asma atau pneumonia.

Membedakan Batuk Bronkitis dengan Batuk Biasa


Gejala utama dari penyakit bronkitis akut maupun kronis adalah batuk. Akan tetapi berbeda dengan gejala batuk dari penyakit biasa, seperti flu dan pilek, batuk bronkitis punya ciri khas sendiri. Batuk bronkitis dicirikan dengan batuk berdahak, yang bisa berwarna jernih, kuning, atau kehijauan. Gejala bronkitis lain yang juga menyertai batuk adalah sakit tenggorokan dan bengek.

Penyebab Bronkitis Akut

Penyebab utama bronkitis akut adalah infeksi virus. Virus meyerang dinding dari tabung bronkus lalu mengakibatkan peradangan di situ. Jenis virus yang menyebabkan bronkitis sama dengan yang bisa menyebabkan pilek.

Virus penyebab bronkitis akut bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara yang dihirup atau melalui kontak kulit. Ketika virus masuk, sistem kekebalan tubuh Anda akan berusaha melawannya sehingga menimbulkan pembengkakan dan produksi mukus yang lebih banyak. Tubuh Anda perlu waktu untuk membunuh virus-virus itu dan menyembuhkan kerusakan pada bronkus Anda.

Selain virus, penyebab bronkitis yang lainnya adalah bakteri atau jamur. Paparan terhadap sesuatu yang mengiritasi, seperti asap, debu, atau polusi udara, juga bisa menyebabkan bronkitis akut. Anda lebih berisiko apabila bronkus Anda sudah terluka. Dan jika Anda memiliki penyakit GERD, atau heartburn, Anda lebih rentan mengalami bronkitis akut ketika asam lambung naik ke bronkus.

Pengobatan Bronkitis Akut

Kecuali jika gejala bronkitis akut yang Anda alami sudah cukup parah, biasanya pengobatan yang diperlukan sederhana saja. Sering kali, dokter akan lebih mengutamakan perawatan sendiri di rumah, dibantu dengan beberapa obat resep.

Tips Mengobati Bronkitis Akut di Rumah


  • Mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Biasanya yang diresepkan adalah obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen dan naproxen.
  • Minum banyak cairan, misalnya air putih atau teh, untuk menipiskan lapisan mukus. Ini akan mempermudah untuk mengeluarkan cairan mukus melalui batuk atau lewat hidung.
  • Minum teh atau air panas dicampur jahe. Jahe adalah anti-inflamasi alami yang dapat meringankan iritasi dan peradangan (inflamasi) di tabung bronkus.
  • Minum madu murni untuk meredakan gejala batuk bronkitis. Madu juga melegakan tenggorokan serta memiliki kemampuan anti-virus dan anti-bakteri.

Pengobatan Bronkitis Akut dengan Antibiotik


Ingatlah bahwa biasanya obat antibiotik tidak diperlukan dalam pengobatan bronkitis akut. Karena kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh virus, dan antibiotik tidak bisa membunuh virus.

Akan tetapi, jika penyakit bronkitis akut Anda cukup berisiko untuk menimbulkan pneumonia, mungkin dokter akan meresepkan antibiotik. Antibiotik dapat mencegah bronkitis berkembang menjadi pneumonia.

Penyakit Bronkitis Kronis

Penyakit bronkitis kronis terjadi karena ada peradangan di saluran udara pada paru-paru Anda. Saluran udara itu berupa tabung-tabung bernama bronkus yang mengalirkan udara dari dan ke paru-paru. Jika tabung bronkus mengalami iritasi, maka akan terbentuk mukus kental di situ. Mukus itu menyumbat saluran udara dan menghambat aliran udara ke paru-paru Anda.

penyakit bronkitis - bronkitis kronis - bronkitis akut - bronkitis pada anak - batuk bronkitis

Sesuai namanya, bronkitis kronis berlangsung dalam waktu yang lama, bahkan hingga lebih dari 3 bulan. Bronkitis kronis sering kali terjadi bersamaan dengan penyakit emfisema, dan keduanya disebut sebagai penyakit pulmonari obstruktif kronis (PPOK).

Gejala Bronkitis Kronis

Banyak orang tidak menyadari gejala bronkitis kronis sampai akhirnya penyakit ini menjadi cukup parah. Kadang mereka pikir keluhan seperti sesak napas atau sering kehabisan napas hanyalah tanda-tanda penuaan yang normal. Akan tetapi keluhan semacam itu bisa menjadi tanda-tanda dari penyakit paru-paru. Jadi berhati-hatilah saat merasakan ciri-ciri bronkitis kronis seperti di bawah ini:

  • Batuk kronis (berkepanjangan), bahkan bisa sampai berbulan-bulan
  • Kehabisan napas saat melakukan aktivitas biasa
  • Merasa lelah
  • Mengeluarkan banyak mukus (juga disebut dahak atau lendir)
  • Bengek

Ingatlah, jangan tunda-tunda untuk periksa ke dokter jika Anda merasakan ciri-ciri bronkitis kronis seperti di atas. Pengobatan bronkitis kronis akan lebih berhasil apabila Anda berhasil mendeteksinya sejak awal kemungkinannya.

Penyebab Bronkitis Kronis

Penyebab utama bronkitis kronis adalah asap rokok. Ketika asap rokok dihirup ke dalam paru-paru, itu akan mengiritasi saluran udara, dan akan memicu produksi mukus di sana. Selain asap rokok, ada hal-hal lain yang dapat menyebabkan bronkitis kronis apabila sering terhirup dalam waktu lama. Contohnya adalah polusi udara dari pabrik atau asap knalpot.

Pengobatan Bronkitis Kronis

Batuk bronkitis kronis dan gejala-gejala lainnya dapat diatasi dengan baik melalui perawatan medis dan perawatan sendiri di rumah. Tidak seperti bronkitis akut, cara mengobati bronkitis kronis sering kali melibatkan rencana perawatan yang tidak sederhana.

Perawatan Medis untuk Bronkitis Kronis


  • Bronchodilator: Obat untuk membuka saluran udara di paru-paru sehingga memudahkan Anda untuk bernapas. Cara menggunakan obat ini biasanya dengan dihirup melalui inhaler, yaitu alat yang memompa obat ini ke dalam paru-paru Anda. Dokter akan memberitahu caranya menggunakan inhaler.
  • Theophylline: Obat oral untuk melemaskan otot-otot di saluran udara supaya bisa lebih terbuka. Dengan begitu Anda bisa bernapas lebih lega. Dokter akan meresepkan obat ini jika Anda mengalami gejala sesak napas.
  • Steroid: Jika gejala-gejala bronkitis tidak membaik setelah menggunakan kedua obat di atas, dokter mungkin akan meresepkan steroid. Obat ini dapat berupa pil untuk diminum atau bisa juga dimasukkan melalui
  • Rehabilitasi Pernapasan: Program perawatan untuk memperbaiki kemampuan bernapas dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Program ini biasanya terdiri dari olahraga, konseling nutrisi, dan tips-tips bernapas. Dokter mungkin akan menganjurkan Anda menjalani program perawatan ini di rumah sakit.

Tips Mengobati Bronkitis Kronis di Rumah


  • Berhenti merokok. Memakai masker ke manapun Anda pergi ke luar rumah. Tips ini khususnya berlaku jika Anda tinggal di area dimana banyak terdapat polusi udara, misalnya tinggal di dekat pabrik.
  • Mengupayakan aktivitas fisik atau olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu. Aktivitas fisik dapat memperkuat otot-otot Anda, termasuk otot pernapasan, sehingga lebih mudah untuk bernapas. Konsultasikanlah dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok bagi Anda.

Penyakit Bronkitis pada Anak

Penyakit bronkitis pada anak membuatnya menjadi sulit untuk bernapas. Sama seperti pada orang dewasa, bronkitis pada anak juga ada dua jenis: bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis pada anak yang sifatnya akut hanya terjadi dalam waktu singkat, biasanya beberapa minggu saja. Sedangkan bronkitis yang kronis berlangsung selama berbulan-bulan.

Gejala Bronkitis pada Anak

Ciri-ciri utama dari penyakit bronkitis pada anak adalah batuk berdahak. Sebenarnya, gejala batuk bronkitis yang sifatnya akut biasanya akan sembuh sendiri dalam 2 – 3 minggu. Karena itu banyak orang tua yang menganggapnya sebagai batuk biasa. Namun gejala batuk bronkitis pada anak sering kali lebih parah dan lebih lama. Agar lebih jelas, perhatikanlah ciri-ciri bronkitis pada anak berikut ini:

  • Batuk berdahak
  • Sakit kepala ringan
  • Demam ringan
  • Sakit tenggorokan
  • Rasa sesak di dada
  • Merasa lelah
  • Badan terasa sakit
  • Bengek
  • Sesak napas

Segeralah periksakan anak ke dokter jika melihat adanya gejala seperti di atas. Waspadalah terutama jika anak Anda pernah mengalami asma, mengalami demam tinggi, batuk selama lebih dari 1 minggu, dan sangat sulit untuk bernapas.

Penyebab Bronkitis pada Anak

Penyebab bronkitis pada anak biasanya adalah virus yang juga menyebabkan pilek biasa. Di samping itu juga dapat disebabkan oleh bakteri atau hal-hal lain seperti debu, alergen (pemicu alergi), uap polusi, atau asap rokok. Penyakit ini dapat berkembang setelah anak mengalami pilek atau infeksi virus di hidung, mulut, atau tenggorokan. Bronkitis juga dapat dengan mudah menular melalui kontak langsung dengan orang lain yang sakit.

Pengobatan Bronkitis pada Anak

Sebagian besar kasus bronkitis pada anak hanya bersifat akut, atau berlangsung dalam waktu singkat. Bronkitis akut sering kali sembuh sendiri dalam waktu 2 – 3 minggu, jadi tidak terlalu membutuhkan perawatan intensif dari dokter. Dan karena bronkitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus, maka tidak dibutuhkan obat antibiotik. Orang tua perlu lebih mengupayakan perawatan rumahan untuk meringankan batuk bronkitis dan gejala-gejala lain yang dialami anak.

Tips Mengobati Bronkitis pada Anak di Rumah


  • Pastikan anak Anda minum banyak air. Berikan juga makanan yang berkuah untuk menambah asupan cairannya.
  • Karena bronkitis bisa membuat anak susah bernapas saat tidur, taruhlah bantal tambahan di bawah kepalanya untuk mempermudahnya bernapas saat tidur.
  • Untuk anak di atas 1 tahun, berikan 1 sendok teh madu murni untuk meringankan gejala batuk bronkitis.
  • Bantu anak untuk mengeluarkan dahak dan lendir dari mulut atau dari hidungnya.
  • Mandikan anak dengan air hangat untuk membantu melegakan pernapasannya.
  • Pastikan tidak ada asap rokok atau polusi udara lainnya di dalam rumah. Pastikan juga rumah Anda tidak berdebu dan bebas dari serbuk sari tanaman.
  • Berikan anak Anda obat sesuai resep dan petunjuk dokter.

Kesimpulan tentang Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis ada dua macam, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, bronkitis akut ditandai dengan gejala-gejala yang dialami dalam waktu singkat, biasanya 1 – 3 minggu, lalu dapat sembuh sendiri. Sedangkan bronkitis kronis ditandai dengan gejala-gejala yang berlangsung lebih lama, hingga berbulan-bulan.

penyakit bronkitis - bronkitis kronis - bronkitis akut - bronkitis pada anak - batuk bronkitis

Penyebab bronkitis juga bisa berbeda-beda. Penyebab utama dari bronkitis akut adalah infeksi virus. Beberapa penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, jamur, dan zat-zat yang mengiritasi seperti asap, debu, atau polusi udara. Penyebab utama dari bronkitis kronis adalah asap rokok. Beberapa penyebab lainnya yaitu polusi udara dari pabrik atau asap buangan kendaraan.

Untuk mengobati bronkitis, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat perawatan terbaik. Bronkitis akut perawatannya lebih sederhana dibandingkan perawatan untuk bronkitis kronis. Dan pengobatan bronkitis pada anak pada prinsipnya sama saja dengan pengobatan untuk orang dewasa.

Demikianlah informasi-informasi penting seputar penyakit bronkitis. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain tentang info kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan herbal hanya di Deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here