Anda pasti sudah mengenal rebung, tunas muda dari  bambu yang sangat digemari untuk diolah sebagai hidangan sayur. Sayur rebung dikenal istimewa dengan rasanya yang menggugah selera. Tetapi selain enak di nikmati, rupanya terdapat pula beragam manfaat rebung yang sayang untuk dilewatkan.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengulas lebih dalam apa saja sebenarnya manfaat rebung ini. Apa kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam sayur rebung dan bagaimana pengaruhnya terhadap khasiat rebung untuk kesehatan.

Apa Sebenarnya Sayur Rebung?

Sayur rebung sebenarnya adalah kecambah dari bambu. Anda bisa menemukannya dengan mudah muncul di antara rumpun bambu. Bentuknya kecil runcing dan pendek. Biasanya tampak berdiri di dekat satu batang bambu yang sudah besar dan kokoh.

Rebung adalah sayuran yang sangat lazim dikonsumsi di berbagai negara Asia. Dari Cina, India sampai negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Untuk bisa mengonsumsi tunas bambu ini Anda perlu memastikan telah memilih rebung yang masih cukup muda. Karena kadar seratnya yang tinggi, rebung yang terlalu tua akan sulit untuk dicerna.

manfaat rebung - khasiat rebung - sayur rebung

Sumber: Onlyfoods.net

Bersihkan rebung dari kulit terluarnya untuk mendapatkan daging tunas yang berwarna putih. Bagian inilah yang diolah menjadi sayur rebung. Sebelum dimasak menjadi sayuran, pastikan untuk merebus sayur rebung ini setidaknya 30 menit.

Proses perebusan akan membantu menghilangkan komponen anti nutrisi dalam rebung yang dapat menyebabkan resiko kesehatan bagi tubuh. Selain perebusan juga membantu mengangkat getah dalam rebung yang memiliki rasa pahit dan asam.  Perebusan juga membantu menghilangkan aroma pesing dari rebung.

Di beberapa negara, sudah tersedia sayur rebung siap olah yang dikemas dalam kaleng. Sayur rebung ini sudah direbus terlebih dahulu dan dikemas dalam kaleng untuk menjaga keawetannya. Tetapi di Indonesia, rebung cenderung diolah segar atau dijual dalam kemasan plastik setelah direbus oleh pedagang.

Apa Manfaat Rebung?

Rebung dikenal sebagai sayuran yang sangat menggugah selera. Konon karena memang dalam rebung tersimpan senyawa yang menstimulasi selera makan. Tetapi tidak hanya itu manfaat dari sayuran yang juga rendah kalori dan rendah gula ini. rebung dikenal kaya akan nutrisi.

Nutrisi yang Terkandung dalam Rebung

Menurut sumber organicfacts.net, sayur rebung adalah sayuran yang kaya akan nutrisi. Mengandung komponen lengkap mineral, vitamin dan sejumlah asam amino yang penting bagi tubuh.

Dalam jurnal Comprehensive Reviews in Food Science and Foos Safety tahun 2011, dijelaskan bahwa dalam rebung tersimpan sederet kandungan nutrisi penting dan beberapa elemen lain yang menjadikannya sangat cocok menjadi pilihan sayuran sehat untuk Anda.

  • Sayur rebung rendah gula

    Selain dikatakan rendah kalori, sayuran ini juga memiliki kadar gula yang rendah. Kadar gula dalam 100 gram sayur rebung hanya sekitar 2,5 gram. Bahkan Anda bisa rasakan pada dasarnya rebung tidak memiliki rasa manis ketika dimakan. Kadar gula rebung termasuk rendah bila dibandingkan jenis sayuran lain.

  • Sayur rebung rendah lemak

    Sudah rendah gula dan rendah kalori, ternyata rebung juga rendah lemak. Sepertinya memang makanan terbaik untuk Anda yang sedang dalam program diet. Kadar lemak dalam 100 gram rebung hanya sekitar 0, 5 gram dan itupun sebagian adalah lemak tak jenuh yang sehat. Sedang kadar lipid dalam rebung justru tinggi.

  • Sayur rebung sumber serat

    Sebagaimana dijelaskan kadar lipid dalam rebung relatif sangat tinggi. Ini karena kandungan serat dalam rebung memang sangat tinggi. dikatakan untuk jenis rebung yang masih sangat muda, setidaknya terkandung 8 gram serat dalam 100 gramnya.

    Hanya saja kebanyakan adalah serat tak larut sehingga pastikan memilih rebung yang masih muda sehingga tetap mudah dicerna. Ini karena kadar selulosa dalam rebung juga tinggi. tetapi selulosa ini juga membantu menstimulasi selera makan.

  • Sayur rebung sumber protein

    Untuk setiap 100 gram rebung ditemukan setidaknya 2,5 gram protein. Dan protein dalam rebung sendiri terbagi dalam 17 asam amino esensial dan 2 asam amino non esensial. Rebung termasuk salah satu sayuran dengan komponen asam amino yang lengkap, hanya saja kadarnya memang tidak terlalu optimal.

  • Sayur rebung kaya vitamin dan mineral

    Dalam rebung ditemukan komponen vitamin dan mineral yang cukup kaya. Di antara komponen mineral tersebut antara lain kalsium, magnesium, fosfor,zink, tembaga, kalium, natrium, mangan dan selenium.

    Sedang komponen vitamin yang terkandung dalam sayur rebung ini adalah antara lain vitamin C, vitamin B6, vitamin B1 dan B2, asam folat atau vitamin B9 dan sejumlah vitamin lain seperti vitamin E dan vitamin K.

Kenali Khasiat Rebung untuk Kesehatan

Sebagaimana telah diuraikan apa saja nutrisi yang tersimpan dalam rebung, tentu saja rebung juga akan menjadi asupan kaya manfaat yang membantu Anda mendapatkan cukup nutrisi untuk menunjang kesehatan. Dan adapun sejumlah manfaat rebung tersebut antara lain.

Pilihan makanan untuk diet


Anda yang sedang menjalankan diet, baik itu karena sekedar diet untuk menurunkan berat badan atau diet untuk masalah kolesterol dan diabetes. Tentu saja tidak dapat dipungkiri rebung adalah salah satu pilihan pass untuk masuk dalam menu Anda.

Kadar kalori, kadar gula dan kadar lemak dalam rebung demikian rendah sehingga tidak akan beresiko menaikan berat badan dan kadar gula dalam darah.

Malah kadar seratnya akan membantu mengurangi penyerapan lemak dan gula di dalam pencernaan. Dan membantu melancarkan pembuangan.

Baik untuk kesehatan pencernaan


Serat adalah bagian penting untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan. Dan rebung mengandung dua komponen serat, serat larut dan serat tak larut. Ini akan membantu memperbaiki pergerakan dalam usus dan membantu melancarkan pencernaan.

Serat larut dalam rebung membantu menarik air lebih banyak ke dalam pencernaan dan membantu proses penyerapan nutrisi berjalan lebih baik. Kadar serat larut akan membantu pencernaan merasa kenyang lebih lama.

Serat ini akan diserap menjadi lipid dan memudahkan tubuh menyerap lemak dari makanan untuk diubah menjadi energi. Sedang serat tidak larut adalah komponen penting yang membantu yang membantu menarik kelebihan lemak dan gula keluar menuju usus besar.

Karena serat tak larut bekerja untuk melancarkan proses pembuangan. Menjadi penambah massa dari feses dan menarik air menuju feses sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Menjaga keseimbangan kolesterol


Dalam rebung tidak terdapat kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi. tetapi dalam rebung terdapat kandungan lipid. Lipid akan merasuk dalam kolesterol dalam darah. Dan membuatnya lebih mudah untuk diserap tubuh dan diolah menjadi energi.

Ini yang menjadi lantaran khasiat rebung untuk menjaga stabilitas kolesterol dalam darah. Sebagaimana dijelaskan pula dalam laporan Journal of Nutrition tahun 2009.

Menurunkan tekanan darah


Kadar potasium atau kalium dalam sayur rebung ini relatif tinggi. menurut sumber International Scholarly Research Notices tahun 2014, kadar kalium dalam rebung mencapai 500 mg lebih untuk tiap 100 gram rebung.

Dijelaskan dalam laman Harvard Health Publishing, bahwa mereka yang mengasup kalium dengan cukup akan memiliki keseimbangan elektrolit yang sehat. Dan ini menentukan komposisi air dalam darah termasuk membantu membantu mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Dan kadar kalium dalam sayur rebung bisa memenuhi kebutuhan tubuh setidaknya 12%. Bukan kadar yang berlebihan tetapi sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalium dalam kadar yang moderat.

Proteksi kesehatan jantung


Sudah tentu, mengandung kalori yang rendah, kadar gula yang rendah, memiliki kadar lipid yang tinggi dan membantu mengendalikan tekanan darah. Tak dapat disangkal sudah tentu mengonsumsi rebung juga akan membantu kesehatan jantung.

Setidaknya rebung adalah asupan makanan yang aman untuk fungsi arteri dan sirkulasi darah, membantu melindungi pembuluh darah dari pembentukan plak kolesterol yang berbahaya bagi jantung.

Tetapi ternyata khasiat rebung lebih dari sekedar itu. Manfaat rebung terhadap kesehatan jantung juga tercermin dari kandungan fitosterol dan sejumlah komponen biokimia lain dalam rebung.

Dalam Journal of Traditional Chinesse Medicine tahun 2004, diungkap bahwa komponen fitokimia dalam rebung akan sangat membantu merawat fungsi jantung. Komponen mineral dan fitokimia dalam tunas bambu ini juga bekerja mencukupi kebutuhan cairan dalam jantung sehingga menjaga ritme jantung bekerja stabil.

Memiliki efek anti inflamasi


Kandungan anti inflamasi adalah satu lagi manfaat rebung yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Mengonsumsi rebung akan membantu menurunkan kecenderungan untuk mengalami peradangan.

Kemampuan sayuran ini sebagai anti inflamasi dijelaskan dalam sejumlah riset. Termasuk pada Journal of Ethnopharmacology tahun 2003. Selain sebagai anti radang, terdapat pula khasiat rebung sebagai anti ulcer. Ulcer adalah iritasi yang berat dan membentuk tukak.

Menurut Journal of Food and Pharmaceutical Science tahun 2017, kandungan asam fenolik dalam rebung adalah komponen terkuat yang berkontribusi pada manfaat rebung sebagai anti inflamasi.

Inilah sebabnya sayur rebung akan baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami peradangan atau infeksi. Juga baik untuk Anda yang memiliki masalah tertentu seperti asam urat, sklerosis dan reumatik dimana terbentuk inflamasi pada tubuh tanpa berkaitan dengan infeksi.

Rebung juga dikenal dalam pengobatan Cina sebagai asupan sehat untuk mereka yang mengalami tukak lambung dan masalah peradangan pada usus. Biasanya untuk membantu penyerapan pada usus yang terluka, rebung akan dicincang halus sehingga tidak terlalu keras untuk dikonsumsi.

Memperbaiki imunitas


Kandungan zink, mangan dan sejumlah mineral serta vitamin lain dalam rebung menjadikan manfaat rebung untuk kesehatan sistem imunitas. Beberapa komponen di dalamnya juga bekerja meningkatkan kerja enzim dalam molekul sel sehingga meningkatkan efektifitas daya tahan sel.

Dalam sayur rebung ini juga tersimpan kandungan karotenoid yang sangat penting untuk kerja imunitas sebagaimana dijelaskan dalam Frontiers in Zoology tahun 2014.

Selain komponen karotenoid, dalam rebung juga terdapat lutein. Komponen fitokimia ini juga berpengaruh meningkatkan manfaat rebung untuk menstimulasi dan mengaktivasi sel B dan sel T dalam sistem imunitas.

Baik untuk mata


Karotenoid dan lutein dalam rebung menjadi alasan kuat manfaat rebung untuk kesehatan mata. Bahkan dalam rebung juga ditemukan komponen zeaxanthine yang lagi-lagi juga berperan untuk kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthine adalah komponen penting untuk mencegah terbentuknya katarak. Dengan melindungi mata dari efek oksidasi, termasuk oksidasi dari unsur kimia, efek sinar matahari dan sejumlah unsur radikal bebas lain.

Sebagaimana diketahui bahwa katarak terjadi akibat teroksidasinya elemen protein dalam lensa mata akibat paparan sinar matahari dan unsur kimiawi lain.

Kedua komponen ini dan karotenoid juga membantu mencegah kerusakan mata akibat efek degeneratif atau disebut dengan mocular degeneration. Biasanya ini terkait dengan kerusakan lensa dan bola mata akibat efek menurunnya kemampuan regenerasi sel mata dan sirkulasi darah menuju mata. Seperti pada kasus rabun jauh dan rabun dekat.

Kemampuan ketiga komponen ini dalam membantu kesehatan mata juga dijelaskan dalam sejumlah laporan jurnal. Termasuk pada Investigative Ophthalmology and Visual Science tahun 2006.

Sebagai anti kanker


Kandungan fitosterol dalam tunas bambu ini rupanya juga memiliki peran cukup kuat dalam manfaat rebung untuk mencegah kanker. Selain kandungan fitosterol, dalam rebung juga tersimpan kandungan klorofil dan serat. Keduanya juga baik untuk anti kanker.

Kandungan serat dalam rebung membantu mencegah terjadinya kanker kolon dan kanker usus. Sedang menurut Nutrition and Cancer Journal 2015,  klorofil di dalamnya bekerja melindungi DNA dalam tubuh sehingga mencegah mutasi genetik.

Tidak hanya berhenti disana, komponen lutein, karotenoid dan zeaxanthine juga terbukti membantu mencegah terbentuknya sel kanker, dan menghambat perkembangan sel abnormal dengan masif. Hal ini dijelaskan dalam Experimental and Clinical Science Journal tahun 2016.

Anti racun


Dalam pengobatan ayurveda tradisional, dikenal adanya khasiat rebung untuk mengatasi sejumlah toksin yang mematikan. Termasuk diantaranya toksin dari bisa serangga dan bisa ular.

Dan rupanya, pengobatan ayurveda ini telah diakui secara empiris dengan sebuah reviews bertajuk Database on Medicinal Plants Used in Ayurveda  volume 6 tahun 2011. Diakui bahwa terapi dengan mengompress bagian yang tergigit serangga atau ular berbisa menggunakan rebung akan membantu menarik bisa dari tubuh dan mencegah persebaran lebih luas.

Membantu kontraksi rahim


Dalam tradisi pengobatan tiongkok, rebung juga kerap dimanfaatkan untuk membantu memudahkan persalinan. Karena rebung akan bekerja meningkatkan kontraksi pada otot rahim sehingga diharapkan akan mempercepat proses keluarnya bayi.

Hal ini dibenarkan dalam jurnal Planta Medica tahun 2011. Terdapat manfaat rebung yang bekerja menstimulasi otot pada rahim untuk lebih aktif. Meski sejumlah pakar masih memperdebatkan senyawa apa dalam rebung yang memiliki sifat uterotonik.

Tetapi dugaan terkuat adalah efek sejumlah komponen fitosterol yang mempengaruhi kinerja hormon pada wanita hamil. Sebagaimana diungkap dalam Journal of Food and Pharmaceutical Science tahun 2017.

Memperbaiki kesehatan seksual


Dalam Journal of Food and Pharmaceutical Science tahun 2017, dijelaskan sejumlah komponen fitosterol dalam tunas bambu ini memiliki efek steroid yang menstimulasi sejumlah produksi hormon dalam tubuh, termasuk hormon seksual, termasuk estrogen dan testosteron (androgen).

Karenanya dapat dilihat bahwa mengonsumsi sayur rebung akan membantu memperbaiki kesehatan seksual dan libido. Juga membantu memperbaiki performa seksual seseorang. hal ini sebenarnya sudah lama dikenal dalam pengobata ayurveda, bahwa terdapat khasiat rebung sebagai afrodisiak alami.

Catatan Saat Mengonsumsi Sayur Rebung

Tidak dapat dipungkiri, terdapat sederet manfaat rebung yang baik untuk tubuh kita. Tetapi meski dikatakan khasiat rebung cukup tinggi, tak lantas mengonsumsi rebung 100% aman.

Dalam rebung tersimpan kandungan toksin yang perlu Anda waspadai. Termasuk di antaranya adalah taxiphyllin, sejenis biosianida. Juga terdapat komponen ammonia meski dalam kadar yang kecil.

manfaat rebung - khasiat rebung - sayur rebung

Sumber: Archanaskitchen.com

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam Journal of Food Science and Technology tahun 2014 diungkap perebusan adalah cara terbaik dan termudah mengatasi anti nutrisi atau komponen biotoksin dalam rebung.

Anda memang dapat menghilangkan komponen toksin dari rebung ini dengan merebusnya. Tetapi tetap pastikan Anda telah memilih rebung yang cukup muda. Karena semakin tua rebung, semakin tinggi kadar toksin didalamnya.

Anda bisa tandai tingginya kadar toksin dari rasa pahit dan asam yang muncul dari rebung. Semakin sulit rasa asam dan pahit hilang, artinya semakin tinggi kadar toksin dalam rebung.

Selain itu, perhatikan pula efek uterotonik pada rebung. Meski ini berperan dalam khasiat rebung dalam melancarkan persalinan, ternyata efek uterotonik juga dapat menyebabkan efek keguguran pada kehamilan. Batasi asupan rebung di saat awal kehamilan untuk mencegahnya.

Itulah sejumlah informasi seputar kandungan nutrisi dalam sayur rebung dan bagaimana manfaat rebung untuk kesehatan tubuh Anda. ada sederet khasiat rebung untuk kesehatan. Pastikan mengonsumsinya dengan bijak dan dengan cara pengolahan yang tepat untuk mendapatkan manfaat rebung dengan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here