doktersehat perubahan payudara

DokterSehat.Com– Bagi seorang wanita, payudara merupakan aset penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Pasalnya, payudara sangat rentan terhadap penyakit berbahaya, yakni kanker payudara. seringkali, kanker payudara dikaitkan dengan sebuah gejala seperti rasa nyeri pada payudara. Oleh sebab itu, banyak orang yang merasa takut ketika rasa nyeri pada payudara muncul.

Akan tetapi, nyeri pada payudara sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh penyakit kanker payudara. sebab, ada beberapa faktor lain mengapa payudara bisa terasa nyeri. Untuk lebih jelasnya, perhatikan berikut ini!

1. Kehamilan

Rasa nyeri yang kerap dirasakan pada payudara bisa saja terjadi karena kehamilan. Hal ini dikarenakan kehamilan terutama pada trimester pertama membawa banyak perubahan pada hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon tersebutlah yang menyebabkan Anda mengalami perubahan suasana hati, lelah, mual, dan juga rasa sakit di payudara. Selain itu, rasa sakit tersebut juga dikarenakan jaringan pada payudara mengalami perkembangan dan mengisi saluran ASI sehingga puting menjadi lebih sensitif.

2. Mengonsumsi Obat Tertentu

Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang gemar mengonsumsi obat, baik berupa vitamin, pil Kb, maupun jenis obat lainnya. Masing-masing jenis obat tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda dan bisa memengaruhi hormon dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara.

3. Adanya Kista

Kista tidak hanya bisa tumbuh di dalam rahim saja, melainkan juga di dalam payudara. Kista payudara disebabkan oleh adanya kelenjar payudara yang tersumbat atau terhambat karena adanya akumulasi cairan di belakang obstruksi. Umumnya, penyakit ini tidak berbahaya namun bisa sangat menyakitkan. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab mengapa payudara Anda terasa sakit.

4. Menggunakan Ukuran Bra yang Salah

Sebagian besar wanita pasti akan menggunakan bra. Bra berfungsi utuk melindungi bentuk payudara akan tidak kendor. Dalam penggunaan bra, ukurannya harus sesuai dengan ukuran payudara. Jika memilih bra yang ukurannya tidak sesuai, maka akan menimbulkan dampak buruk bagi payudara, salah satunya adalah menyebabkan rasa sakit pada payudara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here