Doktersehat-paru-paru-perokok

DokterSehat – Bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok, salah satu nasihat yang sering Anda dengar adalah banyak mengonsumsi soda atau susu untuk membersihkan paru-paru. Apakah hal ini benar adanya?

Menurut pakar kesehatan, tidak ada obat-obatan ataupun makanan tertentu yang dapat membersihkan paru-paru perokok—karena begitu suatu zat terhirup masuk ke dalam paru-paru maka zat tersebut akan masuk ke dalam darah dan beredar keseluruh tubuh.

Cara termudah untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah banyak menghirup udara segar dan berhenti merokok untuk menghindari lebih banyak lagi masuknya zat racun dalam rokok ke dalam tubuh.

baca juga: Bahaya Hujan Abu Gunung Merapi Bagi Paru-Paru

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Teruslah motivasi diri Anda untuk berhenti merokok sebelum semuanya terlambat. Merokok dapat menyebabkan gangguan fungsi paru sehingga fungsi paru untuk proses bernapas tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Kanker paru-paru, bronkitis, infeksi paru, merupakan beberapa penyakit pada paru yang sangat berisiko bila merokok. Hal ini terutama pada mereka yang merokok dalam jangka panjang. Meski begitu tidak semua perokok merasakan sejumlah penyakit itu.

Guna memastikan apakah adanya gangguan paru-paru ataukah ada gangguan penyebab lain, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk melangsungkan pemeriksaan foto rontgen, spirometri, dan lain lain untuk mengetahui pasti keadaan paru-paru Anda.

Berikut ini adalah cara ‘membersihkan’ paru-paru perokok, di antaranya:

  1. Omega-3

Pemberian makanan yang kaya akan omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik (Chronic obstructive Pulmonary Diseases/COPD) dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

  1. Kedelai

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak napas kronis.

  1. Banyak minum air putih

Air dapat membantu detoksifikasi paru-paru. Perlu diketahui, lendir di paru-paru dibuat sebagian besar dari air. Penggantian air di dalam tubuh menghasilkan selaput lendir yang sehat. kontinu hidrasi juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan membuat fungsi organ lebih baik. Minumlah minimal 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

  1. Berhenti dalam merokok 12 jam

Bagi Anda pecandu rokok, menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit. Namun ternyata, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam.

Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh akan hilang secara perlahan, kandungan berbahaya tersebut akan hilang sama sekali dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tidak tenang dan emosi yang tidak stabil, rasa lapar, rasa lelah yang berlebihan dan sulit tidur.

Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada. Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru, dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan napas pendek akan menghilang. Paru-paru perokok pun mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

  1. Antioksidan

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti brokoli, apel, serta sayur dan buah baik bagi kesehatan paru-paru. Antioksidan dipercaya dapat membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru perokok.

baca juga: Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan 5 Makanan Ini

  1. Tingkatkan kapasitas

Angka harapan hidup Anda secara langsung bergantung pada kapasitas paru-paru, jika paru-paru tidak bekerja maksimal untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuh, maka semua proses metabolisme akan rusak.

Salah satu cara ‘membersihkan’ paru-paru perokok adalah dengan memainkan instrumen seperti saksofon, terompet, peluit, bahkan recorder. Praktek selama 10-15 menit sehari akan memperbaiki paru-paru perokok.

  1. Jeruk nipis

Air jeruk nipis ternyata mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 %. Jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here