akibat-kurang-olahraga-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas melatih tubuh yang dilakukan dengan teknik serta gerakan-gerakan tertentu. Tujuan dari olahraga sendiri adalah membuat seluruh organ di dalam tubuh bekerja secara normal, sehingga seseorang yang rutin berolahraga senantiasa sehat jiwa dan raga. Maka tak heran, jika orang yang sering berolahraga akan tampak sangat sehat dan bugar.

Begitu pula sebaliknya, seseorang yang jarang olahraga akan terlihat lebih loyo serta tidak bugar. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang mengisyaratkan bahwa tubuh sedang membutuhkan olahraga. Apa saja tanda tersebut? Berikut diantaranya:

1. Mudah Lelah

Jika Anda merasa bahwa tubuh sangat mudah lelah, itu artinya Anda membutuhkan olahraga. Meskipun sudah banyak istirahat, ataupun melakukan aktivitas ringan saja tubuh pasti akan merasa sangat lelah. Hal itu dikarenakan kantung energi pada tubuh Anda sangat terbatas. Untuk membuatnya menjadi lebih kuat, diperlukan aktivitas fisik setiap hari, yakni berolahraga.

2. Sering Stres

Tahukah Anda bahwa olahraga dapat mengatasi stres? Ya, olahraga adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Maka dari itu, semakin jarang berolahraga, seseorang akan semakin susah mengendalikan stres yang sedang dialaminya. Tidak perlu waktu banyak, cukup 15 sampai 30 menit berolahraga setiap hari akan membuat stres menjadi lebih dapat dikelola dengan baik.

3. Sering Merasa Nyeri dan Pegal

Ketika tubuh tidak pernah dilatih ataupun diregangkan, maka akan sering mengalami gangguan otot, seperti nyeri dan pegal. Hal ini akan sering terasa ketika bangun tidur, khususnya pada bagian kaki, lengan, punggung, bahkan leher. Ya, hal itu dikarenakan aliran darah yang tidak lancar sehingga membuat otot dan pembuluh darah tersumbat. Maka dari itu, olahraga bisa membuat otot menjadi rileks serta melancarkan peredaran darah.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur merupakan tanda bahwa tubuh membutuhkan olahraga. Seperti hasil penelitian yang dipublikasikan pada  Journal of Clinical Sleep Medicine, mengatakan bahwa seseorang yang mengalami gangguan tidur dikarenakan aliran darah serta sirkulasi udara di dalam tubuh terganggu. Lantas, agar kembali normal, seseorang membutuhkan aktivitas fisik yang rutin, yakni olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here