Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan, tak terkecuali bagi wanita hamil. Hal ini karena buah ini memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

manfaat pisang untuk ibu hamil
Gambar buah pisang untuk ibu hamil via meteoweb.eu

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Berikut 14 beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Kaya Akan Asam Folat

Manfaat utama buah pisang untuk ibu hamil adalah karena adanya nutrisi asam folat yang terkandung di dalamnya. Dimana kandungan asam folat ini yang sangat bermanfaat untuk perkembangan ginjal dan sistem syaraf janin dalam kandungan sehingga dapat meminimalkan akibat terjadinya cacat lahir. Selain itu, kandungan asam folat pada buah pisang juga sangat mudah diserap janin dengan melalui rahim.

2. Mengatasi Diare

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung pektin dan serat larut. Serat ini dapat membantu menyerap kelebihan air di dalam tubuh dan mengurangi masalah pada pencernaan seperti diare. Selain itu, kalium yang juga terkandung di dalamnya dapat membantu dalam mengatasi kram usus yang terkadang menjadi penyebab diare pada ibu hamil.

3. Mengatasi Sembelit

Selain dapat mengatasi diare, buah pisang juga dapat bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang umumnya terjadi pada ibu hamil secara alami. Hal ini karena adanya kandungan serat dalam buah pisang, yaitu sekitar 6 gram yang berperan penting dalam mengatasi sembelit.

4. menghindari kurang darah

kurang darah yang dialami oleh wanita hamil merupakan hal yang umum terjadi. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan asupan zat besi yang cukup, misalnya saja dengan mengonsumsi buah pisang. Setiap 225 gram pisang setidaknya mengandung rata-rata 3 persen zat besi. Dimana zat besi ini sangat berperan penting dalam menghasilkan hemoglobin untuk menghindari kurang darah.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah pisang ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sebesar 33 persen pada setiap buahnya. Dimana vitamin ini sangat berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh sang ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Selain itu, vitamin ini juga dapat menghindari terjadinya penuaan dini.

6. Mengoptimalkan Proses Produksi ASI

Bagi ibu hamil yang sudah mendekati masa kelahiran, kegunaan buah pisang dapat membantu mengoptimalkan proses produksi ASI pada tubuh Anda. Hal ini karena adanya berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang, yang dipercaya dapat membantu mengoptimalkan proses produksi asi, baik itu dalam segi jumlah, waktu produksi, dan juga kualitas.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Perubahan hormon secara signifikan yang terjadi di masa kehamilan sering kali membuat para ibu hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Padahal, di masa kehamilan ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih banyak dari pada saat kondisi normal atau tidak hamil.

Untuk mengatasi hal tersebut, buah pisang dapat digunakan sebagai alternatif makanan untuk merangsang dan meningkatkan nafsu makan karena memiliki rasa yang manis. Selain itu, karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, buah ini juga sangat tepat untuk dijadikan sebagai cemilan yang menyehatkan.

8. menghindari Bayi Lahir Prematur

Salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang tidak kalah penting yaitu dapat menghindari terjadinya bayi lahir secara prematur. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti yang Anda ketahui bahwa kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir secara cacat, termasuk lahir prematur.

Artikel terkait: Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Selain 8 manfaat pisang untuk ibu hamil yang telah disebutkan tersebut, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah pisang yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah pisang untuk wanita hamil:

9. Sebagai Sumber Protein

10. Sebagai Sumber Kalsium

11. Sebagai Sumber Energi

12. Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

13. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

14. Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan


JENIS BUAH PISANG YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

Pada dasarnya, semua jenis pisang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal dianjurkan kepada ibu hamil untuk mengonsumsi buah pisang jenis pisang ambon. Hal ini karena jenis pisang ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan kandungan asam folat yang lebih tinggi daripada jenis pisang lainnya yang ada di Indonesia.


menghindari TERJADINYA ALERGI PISANG PADA IBU HAMIL

Selain sangat bermanfaat bagi ibu hamil, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah pisang selama masa kehamilan. Dimana buah ini mengandung zat kitinase, yang merupakan alergen utama yang terkait dengan sindrom getah buah.

Selain itu, gejala alergi juga biasanya dapat ditimbulkan akibat keberadaan bahan kimia seperti pestisida yang menempel pada permukaan buah pisang yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi buah pisang, pilihkan produk pisang organik yang bebas dari zat kimia berbahaya.

Baca juga: Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat pisang untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Es Cendol atau kembali ke halaman utama kegunaan Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here