doktersehat yoghurt
photo credit: pexels

DokterSehat.Com – Vagina dikatakan sehat dan berkualitas untuk seks dan reproduksi tidak hanya dilihat dari penampakan luar. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh vagina agar dapat dikategorikan sebagai sehat. Kriteria vagina yang sehat dan berkualitas terdiri dari pH, kebersihan, dan kualitas dari rahim dan ovarium.

Kalau Anda memiliki vagina yang sehat dan berkualitas, kemungkinan terjadi pembuahan akan besar. Sebaliknya kalau kualitas dari vagina menurut kemampuan wanita untuk mengandung atau sekadar berhubungan seks akan turun drastis. Oleh karena itu, jagalan kesehatan vagina mulai dari sanitasi hingga gizinya.

Nah, untuk masalah gizi dari vagina, tujuh makanan terbaik ini dapat diandalkan.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar yang memiliki warna oranye dan rasa manis mengandung betakaroten dan vitamin A yang tinggi. Dua zat ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita sehingga kemungkinan terjadi pembuahan akan sangat besar. Selain itu, mengonsumsi ubi jalar juga dapat menguatkan janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Ubi jalar dapat diolah menjadi berbagai makanan atau direbus langsung untuk camilan atau pengganti karbohidrat.

  1. Yoghurt

Minuman yang mengandung probiotik atau bakteri baik seperti yoghurt dan olahannya bermanfaat untuk menjaga pH dari tubuh khususnya vagina. Kalau keasaman dari vagina dapat dipertahankan, tanaman normal yang ada di sana akan terjaga dan peluang terjadi infeksi yang disebabkan bakteri dari luar tidak akan terjadi.

Selanjutnya, yoghurt yang baik untuk perut ini mendung kalsium yang tinggi. Zat ini akan membantu wanita mengurangi rasa sakit saat PMS.

  1. Telur

Telur atau bahan makanan lain seperti flaxseed yang mendung omega 3 ini baik untuk wanita karena dapat menghindari kering pada vagina karena tanda menopause. Selain itu, wanita juga akan mendapatkan manfaat berupa ringannya kram yang terjadi sebelum dan saat menstruasi.

  1. Apel

Apel yang dimakan sebagai pencuci mulut mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, apel juga memiliki enzim yang mirip sekali dengan estrogen bernama phytoestrogen. Zat ini bermanfaat untuk pembentukan cairan lubrikasi, gairah seka wanita, dan kemampuan untuk mendapatkan orgasme.

Lebih lanjut, mengonsumsi apel secara rutin juga baik untuk rahim. Peluang wanita mengalami mioma akan rendah.

  1. Kedelai

Kedelai sama dengan apel karena mengandung phytoestrogen yang sangat bermanfaat sebagai agen kesehatan vagina. Rutin mengonsumsi kedelai dengan bentuk apa pun, dapat membuat wanita mengalami peningkatan estrogen. Kalau kondisi ini terus dipertahankan kondisi vagina kering yang sering mengganggu akan menurunkan.

Kedelai yang dapat diolah menjadi tahu atau tempe ini juga bermanfaat untuk peredaran darah. Wanita akan jarang alami gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu lemak sehat yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Wanita dapat mengolahnya menjadi jus atau dimakan sebagai salad. Rutin mengonsumsi alpukat akan meningkatkan kemampuan seksual wanita sehingga mereka akan jarang sekali tidak puas saat berhubungan badan.

Alpukat juga baik untuk diet dan meningkatkan kesehatan dinding dan otot vagina.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau baik untuk memurnikan darah. Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat meningkatkan kesehatan vagina secara menyeluruh. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin E yang baik untuk kulit vagina. Rutinlah memasak sayuran hijau atau memakannya sebagai jus dan salad.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat Anda gunakan sebagai rujukan. Mari jaga vagina mulai sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here