DokterSehat.Com– Karena ingin menelan makanan dengan lebih mudah dan tidak ingin tersedak, banyak orang yang langsung minum setelah makan. Bahkan, ada orang yang minum di tengah-tengah waktu makan. Padahal, menurut pakar kesehatan, tindakan ini dapat membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, tanpa kita sadari, kebiasaan langsung minum setelah makan ternyata dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih keras 3 kali lipat. Hal ini tentu akan membuat energi kita terkuras. Padahal, kondisi ini membuat kita lebih mudah mengantuk setelah makan yang jika kita layani dengan tidur tentu akan memicu kenaikan berat badan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memberikan jarak sekitar 30 menit setelah makan dan barulah kita mengonsumsi air. Sebagai informasi, tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencerna makanan yang baru saja kita telan. Saat melangsungkan proses ini, sistem pencernaan juga menjaga keseimbangan antara cairan dan bahan makanan padat demi menyerap nutrisinya dengan baik.

Jika kita langsung minum air, maka keseimbangan ini akan terganggu dan akhirnya membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Bahkan, dalam banyak kasus, hal ini membuat kita akan menjadi mudah lapar meski sudah makan cukup banyak. Padahal, jika kita makan lagi, akibat untuk terkena kenaikan berat badan atau perut begah akan meningkat.

Langsung minum air juga akan mempengaruhi enzim pencernaan yang tentu akan membuat proses penyerapan nutrisi tidak benar-benar maksimal. Jika hal ini sering terjadi, akibat untuk mengalami masalah malnutrisi juga meningkat.

Jika kita mengonsumsi air dingin, maka hal ini juga akan memberikan efek buruk bagi kualitas makanan yang kita konsumsi di dalam perut. Tak hanya memicu kenaikan berat badan, hal ini dikhawatirkan juga mempengaruhi kadar kolesterol tubuh atau akibat terkena diabetes.

Sebelum makan, minumlah sedikit air agar kita tetap mudah menelan makanan dan tidak mudah tersedak. Setelah makan, jangan terburu-buru untuk minum dan tunggulah beberapa saat sebelum melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here