Bunga-melati-manfaat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Thangaraj Kumaravel

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda memakan bunga melati dalam bentuk segar?

Ya, kita tentu sering mendengar bahwa bunga melati putih yang wangi ini dapat dimakan seacara langsung, meskipun sering di kaitkan dengan hal yang berbau mistis dan jauh dari bahasan akan manfaatnya dari segi kesehatan.

Apapun alasan seseorang mengonsumsi bunga melati, kira-kira benarkah bunga melati dapat dimakan dalam bentuk segar, dan adakah manfaatnya bagi kesehatan?

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak di bawah ini!

Kegunaan bunga melati

Bunga melati merupakan salah satu jenis bunga nusantara yang khas di Indonesia.

Bunga melati tidak hanya terkenal sebagai tanaman bunga biasa saja saja, namun juga sering digunakan dalam bentuk segar yang digunakan sebagai bunga hias, bunga tabur, dan pelengkap bunga pada acara pernikahan.

melati-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Jalal Hameed Bhatti

Bau melati dengan wangi yang khas juga membuatnya banyak digunakan sebagai bahan baku di berbagai produk bidang kecantikan.

Sedangkan, dalam dunia kesehatan, bunga melati juga sudah tidak lagi dipandang sebagai bunga hias semata, karena ada beberapa produk unggulan dari bunga melati yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Hal ini ternyata sudah mulai dilirik, karena ternyata bunga melati juga memiliki berbagai kandungan zat yang dapat berguna untuk tubuh. Lantas, apa sih zat bermanfaat yang ada pada bunga melati?

Kandungan zat yang ada pada bunga melati

Studi yang dilakukan oleh Badan Penelitian Pascapanen Pertanian Jakarta, beberapa kandungan zat kimia yang ada pada bunga melati, adalah:

  • Benzil acetat
  • Methyl salisilat, dan
  • Beberapa jenis kandungan turunan alkohol seperti, Z. Jasmone, lynaol, neurol idol, indole, dan benzil alkohol

Kombinasi kandungan tersebut membuat bunga melati menjadi memiliki beberapa keunggulan berupa bau wangi yang cukup kuat, minyak dari bunga, serta ekstrak bunga melati.

Produk unggulan dari bunga melati dan manfaat bunga melati

Berdasarkan kandungan zat kimia yang ada pada bunga melati, beberapa produk unggulan yang telah mulai dikembangkan, bahkan dalam skala industri, dan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, adalah:

1. Teh bunga melati

Anda tentu sudah sering mendengar tentang teh melati, bahkan belakangan ini berbagai jenis teh juga seakan berlomba mengombinasikan bunga melati dalam produknya.

teh-rosella-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Hal ini memang telah dibuktikan oleh Badan Penelitian Pascapanen Jakarta, dimana hasil studinya menyebutkan bahwa teh bunga melati merupakan jenis teh yang memiliki keunggulan berupa wangi dan memiliki kandungan zat kimia yang terserap baik oleh tubuh.

Kombinasi dengan daun teh kering akan membuat teh bunga melati memiliki aroma wangi, rasa nikmat dan manfaat yang berkhasiat karena tinggi akan kandungan antioksidan.

2. Minyak atsiri bunga melati

Selain sebagai teh, melati juga merupakan bahan baku untuk pembuatan minyak atsiri, umumnya minyak ini dimanfaatkan aromanya yang kuat untuk ditambahkan dalam produk kecantikan atau parfum.

Minyak-Vetiver-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Akan tetapi, minyak atsiri dari melati juga mulai dilirik manfaatnya untuk kesehatan, dimana studi yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya menunjukkan bahwa minyak atsiri dari daun melati membantu penyembuhan luka bakar yang optimal pada hewan uji tikus.

Produk unggulan dari bunga melati diatas juga disebut mampu memberikan manfaat untuk kesehatan untuk tubuh, antara lain melancarakan peredaran darah, tekanan darah, kolesterol dan kadar gula darah, mengingat adanya kandungan zat kimia dan antioskidan pada bunga melati.

Lantas, bolehkah bunga melati dimakan dalam bentuk segar?

Dalam proses industri, bunga melati yang akan diolah untuk dikonsumsi, melalui suatu proses yang menghilangkan sisa sisa atau pestisida yang mungkin menempel pada bunga sebelum diolah.

Hal ini yang membuat bunga melati yang telah diproses atau diekstrak, menjadi aman untuk dikonsumsi.

Belum banyak studi yang menunjukkan bahwa bunga melati dapat dikonsumsi secara langsung.

Bunga-melati-manfaat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Thangaraj Kumaravel

Anda harus benar-benar mempertimbangkan kehigienitasan, sisa sisa, gambaran bakteri atau kontaminan, hingga kemungkinkan bahaya yang ada pada getah bunga jika ingin mengonsumsinya secara langsung.

Untuk itu, akan lebih aman jika Anda ingin merasakan manfaat dari bunga melati maka pilihlah dari produk yang telah teruji keamanannya, misalnya dengan mengonsumsi produk teh melati, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here