Siwalan, juga dikenal dengan sebutan lontar atau tal merupakan sejenis tanaman palma yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dimana bagian yang sering digunakan adalah bagian buahnya untuk dikonsumsi. Siapa sangka bahwa buah siwalan ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat buah siwalan untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat buah siwalan
Gambar buah siwalan atau buah lontar via lilainteractions.in

Umumnya, rasa buah siwalan yang seperti kolang kaling ini dapat dikonsumsi secara langsung, namun Anda juga dapat mengonsumsinya dalam berbagai bentuk olahan seperti minuman es dawet siwalan, kue, ataupun menjadi selai siwalan. Rasa enak yang dihasilkan ketika mengonsumsi buah ini didapat karena gulanya berasal dari sari nira asli.

KANDUNGAN GIZI BUAH SIWALAN

Secara lebih rinci, setiap 100 gram buah siwalan atau buah lontar memiliki kandungan gizi sebagai berikut (Davish and Jhonson, 1987):

  • Total gula 10,93 g
  • Gula reduksi 0,96 g
  • Protein 0, 35 g
  • Nitrogen 0, 056 g
  • Fosfor 0,14 g
  • Zat besi 0,4 g
  • Vitamin C 13,25 g
  • Vitamin B1 (IU) 3,9
  • Vitamin B kompleks
  • Kalsium

Dengan adanya berbagai kandungan nutrisi buah siwalan atau lontar tersebut, maka tidak heran jika buah ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Siwalan

Berikut 12 manfaat buah siwalan bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah siwalan yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan tubuh Anda. Hal ini karena adanya berbagai kandungan mineral yang terdapat dalam buah siwalan, yang menjadikan buah ini dapat berfungsi sebagai salah satu jenis buah buahan yang dapat membantu mengatasi beragam masalah pencernaan.

Selain itu, di dalam buah siwalan juga terkandung vitamin B1. Dimana vitamin ini dapat membuat asam hidroklorat yang memiliki peran cukup penting dalam kelancaran sistem pencernaan. Kombinasi dari vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 pada buah siwalan juga dapat mengurangi akibat terkena gangguan pencernaan.

2. Memenuhi Cairan dalam Tubuh

Tidak hanya dapat melancarkan pencernaan, kandungan sari nira pada buah siwalan juga dapat menjadi sumber isoton bagi Anda yang sedang mengalami kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan tubuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa air berisoton lebih efektif dalam mengisi kembali cairan tubuh dibandingkan air minum biasa.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah siwalan mengandung zat fosfor yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal tubuh manusia. Zat fosfor akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh, dan sebagai hasilnya racun dan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh akan ikut terbawa keluar melalui urin saat Anda buang air.

4. Mengatasi Masalah Kulit

Siapa sangka buah siwalan atau buah lontar ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti dermatitis dan penyakit kulit lainnya. Misalnya saja untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan karena cuaca panas, Anda dapat menempelkan buah lontar pada daerah kulit yang bermasalah lalu tutupi dengan kain yang telah direbus terlebih dahulu.

5. Sebagai Sumber Energi

Glukosa merupakan salah satu senyawa yang terkandung di dalam buah siwalan. Dimana senyawa ini dapat bermanfaat sebagai sumber energi alami yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Setiap 100 gram buah lontar setidaknya mengandung 10,93 gula total dengan 0,97 gula reduksi (glukosa dan sukrosa).

6. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang terkandung di dalam buah siwalan sangat berperan penting dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk kanker.

7. menghindari Penuaan Dini

Selain dapat menghindari kanker, manfaat buah lontar juga dapat digunakan untuk menghindari penuaan dini. Berkaitan dengan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, radikal bebas juga dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi buah siwalan secara rutin agar terhindar dari penuaan dini.

8. Mengatasi Stres

Rasa segar ketika mengonsumsi buah siwalan dapat memberikan efek tenang dan rileks. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga memiliki peran dalam mengatasi stres yang Anda rasakan. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan di Montreal, yang menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien ramat inap di sebuah rumah sakit.

Baca juga: Manfaat Buah Manggis

Selain 8 manfaat buah siwalan untuk kesehatan yang telah disebutkan, buah ini juga masih memiliki beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah siwalan atau buah lontar:

9. Baik Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes

10. Melindungi Kesehatan Mulut

11. Sebagai Obat Cacingan

12. Sebagai Antibiotik Alami

Baca juga: Manfaat Kurma

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat buah siwalan untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu manfaat pisang untuk ibu hamil atau kembali ke halaman utama kegunaan Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here