jilatan_anjing_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/dapuglet

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja memelihara anjing sebagai teman. Anjing juga dianggap sebagai penghilang stres mengingat mereka dapat diajak bermain atau sekadar dibelai bulunya. Bahkan, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sering membawa jalan-jalan anjing dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan karena tubuh yang semakin sering bergerak.

Dilansir dari Independent, memiliki anjing ternyata dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan mental kita. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Learning and Behaviour, anjing ternyata dapat merasakan kesedihan atau stres yang dialami majikannya. Saat mereka sudah mendeteksi hal ini, anjing akan berusaha untuk menenangkan atau menyenangkan majikannya.

Dalam penelitian ini, sejumlah 34 ekor anjing ditempatkan di ruang terpisah dengan majikannya. Hanya saja, mereka hanya dipisahkan dengan dinding kaca jernih. Para majikan kemudian diminta untuk menyanyikan lagu Twinkle Twinkle Little Star atau menangis.

Secara luar biasa, anjing-anjing ini langsung berusaha untuk membuka pintu tatkala tahu bahwa majikannya menangis. Mereka langsung berusaha untuk menghibur atau menenangkan majikannya. Gerakan untuk mencapai majikannya bahkan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan anjing yang majikannya sedang menyanyikan lagu yang menandakan bahwa mereka sedang bahagia atau tenang.

Menurut para peneliti, kedatangan anjing yang menyentuh majikannya saat sedang bersedih ternyata mampu menurunkan stres dengan efektif. Hal ini berarti, memiliki anjing memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan psikis manusia.

“Anjing dapat mendeteksi perasaan majikannya. Saat tahu majikannya bersedih, mereka akan berusaha untuk menolongnya,” ucap Emily Sanford dari John Hopkins University yang memimpin penelitian ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here