Bicara soal melangsingkan badan sudah tentu akan bicara soal diet. Soal apa dan bagaimana sajian makanan yang Anda siapkan di piring Anda. Dan rupanya, sajian juga bukan hanya tentang pilihan bahan makanan yang Anda siapkan, tetapi juga bumbu yang melengkapinya. Sejumlah bumbu dapat bekerja sebagai herbal pelangsing dan herbal diet yang membantu proses Anda menurunkan berat badan.

Siapa yang menyangka bumbu-bumbu yang selama ini berdiam di lemari dapur Anda juga dapat menjadi senjata jitu untuk melangsingkan badan. Terbukti secara ilmiah, bahwa bumbu-bumbu tersebut mampu mengurangi selera makan dan memaksimalkan pembakaran lemak.

Ini sebabnya kali ini kita akan mencoba menguak beberapa pilihan bumbu khas dapur yang dapat bekerja sebagai herbal pelangsing dan herbal diet untuk mendukung rencana Anda melangsingkan badan.

Herbal Pelangsing dari Dapur Anda

Hidangan tak akan lengkap jika tanpa aneka bumbu yang memperkaya rasa. Bumbu akan membuat hidangan di meja makan hadir dengan rasa lebih lezat dan aroma lebih menggugah selera.

Tetapi, manfaat dari bumbu-bumbu ini dapat lebih dari sekedar menambah kenikmatan. Karena banyak dari bumbu-bumbu ini juga memiliki manfaat sebagai herbal diet. Yaitu membantu memaksimalkan manfaat diet yang Anda lakukan. Apa saja sebenarnya herbal pelangsing tersebut?

  • Cabai dan Paprika

    Semua jenis makanan cabai-cabaian termasuk cabai merah, paprika, cabai jalapeno atau cabe dieng hingga cabai rawit sebenarnya memang memiliki manfaat untuk melangsingkan badan.

    Ini karena cabai-cabaian mengandung senyawa bernama capsaicin, yang memberi efek pedas dan panas. Rasa panas yang dihasilkan oleh senyawa capsaicin inilah yang justru membantu membakar lemak dan dapat bekerja sekaligus untuk herbal diet.

    Ketika kita mengonsumsi makanan pedas, biasanya kita tidak akan merasakan sensasi panas hingga berkeringat. Proses ini membantu meningkatkan pembakaran lemak. Makanan pedas juga meningkatkan kadar air dalam feses, memudahkan BAB dan mendorong endapan lemak turut tergiring keluar melalui feses.

    Menurut, European Journal of Nutrition tahun 2013, capsaicin sebagai komponen senyawa herbal diet memiliki manfaat meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori tubuh.

    Sedang menurut International Journal of Obesity tahun 2015, capsaicin membantu meningkatkan rasa penuh pada perut pasca makan. Ini membuat Anda akan mulai merasa ingin makan lebih lama dari biasanya.

    Yang menarik sementara kebanyakan dari kita menduga makana pedas akan meningkatkan selera makan, justru menurut riset di Belanda yang dijurnalkan pada European Journal of Nutrition tahun 2009, capsaicin membantu menurunkan produksi ghrelin, yakni hormon yang menyebabkan kita mudah merasa lapar.

  • Jahe

    Jahe adalah herbal yang lebih banyak dikenal sebagai herbal yang bekerja menghangatkan tubuh. tetapi sebenarnya jahe juga dapat bekerja sebagai herbal pelangsing. Ada manfaat jahe dalam membantu meningkatkan pembakaran kalori dan membantu melangsingkan badan.

    herbal pelangsing - herbal diet - melangsingkan badan

    Dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition tahun 2014, dibenarkan bahwa mengonsumsi jahe dengan rutin akan memberi manfaat dalam proses melangsingkan badan dan pembakaran lemak.

    Menurut Biochemical, Physiological and Molecular Aspects of Human Nutrition, jahe memiliki kemampuan efek thermogenic. Ini akan meningkatkan suhu tubuh yang pada akhirnya meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme.

    Sedang menurut Phytotherapy Research tahun 2018, mengonsumsi jahe akan menurunkan selera makan dengan menurunkan level ghrelin dalam tubuh. Selain baik untuk pembakaran kalori, jahe akan menurunkan selera makan.

    Sedang dalam metode pengobatan ayurveda, jahe juga dikenal sebagai herbal pelangsing yang membantu mengurangi lingkar pinggang dan mengecilkan perut buncit. Untuk manfaat ini, jahe dimanfaatkan sebagai olesan pada area perut dan diminum dengan rutin.

  • Bawang Putih

    Bawang putih selama ini dikenal dengan kemampuan anti biotik dan anti inflamasi yang sangat kuat efeknya. Namun dibalik itu, bawang putih juga dipahami membantu menurunkan level kolesterol darah dan menormalkan masalah arteri, termasuk tekanan darah tinggi dan kardiovaskular.

    Dan yang belakangan juga banyak diungkap dalam sejumlah riset adalah manfaatnya sebagai herbal diet. Bahwa bawang putih juga dapat membantu proses melangsingkan badan.

    Menurut riset yang dilaporkan dalam Journal of the Royal College of Physicians London tahun 1994, bawang putih memang mengandung sejumlah komponen senyawa kimia yang bekerja menarik trigliserida dalam darah untuk masuk ke dalam sistem pembuangan. Ini secara tidak langsung akan menurunkan level lemak dalam tubuh.

    Sedang secara khusus diungkap dalam Nutrition Research and Practice tahun 2012, bawang putih sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan sebagai herbal diet. Herbal pelangsing ini membantu memperbaiki fungsi hati dan menurunkan kadar lemak sekitar hati dan lemak di lingkar pinggang.

  • Kunyit

    Kunyit diketahui mengandung kadar curcumin dan turmeric dalam kadar tinggi. kedua komponen fitokimia ini rupanya memiliki manfaat lebih bagi tubuh, termasuk sebagai anti inflamasi dan anti kanker.

    Tetapi kedua komponen senyawa alami dari herbal diet ini juga baik untuk membantu melangsingkan badan. Ini menjadikannya sebagai pilihan sehat dalam mencari herbal pelangsing.

    Sebagaimana dijelaskan dalam European Reviews for Medical and Pharmacological Science tahun 2015, bahwa senyawa fitokimia dalam kunyit memiliki manfaat menurunkan berat badan , mengurangi lingkar pinggang dan meningkatkan pembakaran lemak.

    Dan berdasar pengungkapan dalam Annuals Reviews of Nutrition tahun 2010, kunyit memiliki manfaat menghambat pembentukan sel adiposa dan menghindari pembelahan diri dari sel adiposa. Sel adiposa sendiri adalah sel tubuh dengan komponen lemak sebagai penguasaan.

    Ini karena kunyit, curcumin dan turmeric di dalamnya baik untuk memperbaiki fungsi hati dan meningkatkan sekresi lemak. Juga membantu proses pembuangan lemak serta metabolisme sebelum lemak terbentuk sebagai cadangan energi.

    Kunyit juga dikenal sebagai salah satu sumber bioprogestin, sebagaimana dijelaskan dalam Proceeding of Society for Experimentally Biology and Medicine tahun 1998.

    Diketahui progestin adalah formula progesteron yang diperoleh tubuh dari luar. Peningkatan kadar progesteron dalam tubuh akan meregulasi keseimbangan hormon estrogen dan androgen pada wanita. Progestin juga membantu menyeimbangkan kondisi hormonal pada pria.

    Dan keseimbangan hormonal atau homeostatis adalah bagian penting dari proses pembakaran lemak dan kesamaan tubuh dalam memperlakukan lemak. Mereka dengan masalah keseimbangan hormonal akan cenderung menyimpan lemak sebagai cadangan dan menyebabkan efek obesitas.

  • Lada Hitam

    Kita mengenal lada hitam sebagai salah satu pelezat makanan yang banyak disukai. Rasa pedas dan hangat yang dihasilkan oleh lada hitam sangat disukai dan menggugah selera. Tetapi ternyata juta juga dapat mengunduh manfaat dari menambahkan kelezatan lada hitam dalam hidangan.

    Karena lada hitam juga dapat bekerja sebagai herbal pelangsing. Bumbu satu ini adalah herbal diet yang akan membantu melangsingkan badan dengan efektif. Ini berkat kandungan piperine di dalam herbal diet ini yang bekerja meningkatkan metabolisme dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

    Kemampuan piperine dalam lada hitam dalam menghindari dan mengatasi masalah obesitas dijelaskan dalam Indian Journal of Pharmacology tahun 2011.

    Dalam jurnal lain seperti pada Journal of the Agricultural and Food Chemistry tahun 2012, lada hitam dan komponen piperine di dalamnya dapat bekerja sebagai penghambat terbentuknya sel lemak dan pengendapan lemak dalam darah.

    Kabar baiknya lagi, pemberian lada hitam pada kunyit juga akan membantu meningkatkan manfaat dan kemampuan penyerapan tubuh terhadap kunyit. Keduanya juga akan bersinergi meningkatkan metabolisme, pengurangan kadar lemak dan menjadi anti inflamasi yang efektif.

  • Kayu Manis

    Kayu manis adalah penambah aroma yang sangat digemari di dunia masakan. Lazim dimanfaatkan untuk beragam jenis cake dan kue, minuman, bubur, kolak dan lain sebagainya. Bahkan juga sering ditambahkan sebagai bumbu rempah aneka hidangan.

    Aroma khasnya yang harum banyak disukai orang dan memberikan cita rasa yang menggugah selera. Dan tentu saja di balik manfaatnya di dunia masakan. Kayu manis ini berasal dari sisi dalam lapisan luar kayu Cinnamomum.

    Tentu saja ada sejumlah manfaat kesehatan yang dapat kita dapatkan dari kayu manis ini. Dan beberapa manfaat tersebut membuat kayu manis dapat bekerja sebagai herbal pelangsing dan herbal diet.

    Salah satu manfaat utama dari kayu manis untuk herbal diet adalah menormalkan kadar gula darah. Menurut Journal of the American College of Nutrition tahun 2001, kayu manis memiliki senyawa yang dapat meniru karakter insulin dan membantu bekerja menurunkan kadar gula darah.

    Kadar gula darah yang tinggi akan meningkatkan resiko pembentukan lemak pada area perut. Sehingga menjaga stabilitas kadar normal gula darah akan sangat membantu mengurangi pembentukan lemak cadangan pada area pinggang.

    Sedang dalam ulasan lain ditemukan fakta bahwa kayu manis juga baik untuk diet pelangsing dengan membantu menurunkan level sejumlah jenis enzim yang bekerja pada sistem sekresi karbohidrat. Ini menurunkan potensi karbohidrat untuk diubah tubuh menjadi gula. Hal tersebut dijelaskan dalam Plant Foods for Human Nutrition tahun 2011.

  • Jintan

    Jintan adalah bumbu daput yang terbuat dari biji kering dari benih Cuminum cyminum. Termasuk masih berkerabat dengan tanaman bumbu lain seperti ketumbar dan daun seledri.

    herbal pelangsing - herbal diet - melangsingkan badan

    Kita lebih banyak mengenal bumbu dapur ini sebagai penambah rasa gurih pada makanan dengan aroma harumnya yang khas. Dan ternyata lagi-lagi bumbu dapur ini juga berkhasiat dalam proses melangsingkan badan.

    Dalam Annual of Nutrition and Metabolism tahun 2015, mengonsumsi suplemen jintan dalam tempo 8 pekan dengan takaran 3 kali sehari akan membantu menurunkan berat badan hingga 1 kg.

    Untuk mendapatkan manfaat jintan Anda sebagai herbal pelangsing, Anda dapat konsumsi air rebusan jintan dengan takaran 2 sendok makan dengan 2 gelas air. Rendam dulu biji jintan semalaman untuk kemudian direbus hingga tersisa 1 gelas. Peras dan tambahkan perasan jeruk nipis untuk kemudian Anda konsumsi setiap pagi di saat perut kosong setidaknya selama 3 pekan.

    Cara lain adalah dengan menambahkan bubuk jintan pada yoghurt atau madu dan dikonsumsi rutin setiap hari. Atau bila ini dirasa terlalu sulit, cukup dengan menambahkan bumbu jintan ke dalam sajian harian Anda juga sudah efektif bekerja sebagai herbal diet untuk Anda.

    Khusus untuk pemanfaatan herbal diet ini bersama yoghurt, sebuah riset kecil yang dilaporkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 2014 membuktikan bahwa mengonsumsi 1 cup yoghurt yang ditambahkan 3 gram jintan dua kali sehari akan efektif menurunkan berat badan dan kadar lemak tubuh lebih efektif.

  • Ketumbar

    Biji ketumbar sudah lama dikenal sebagai bumbu di dunia masakan Nusantara, juga dikenal di sajian masakan masyarakat Timur Tengah dan India. Aroma harum dan rasanya yang menggurihkan memang disukai untuk memperkaya rasa hidangan.

    Dan menurut sumber International Journal of Agriculture and Biology tahun 2014 mengungkapkan bahwa biji ketumbar juga dapat memberi manfaat sebagai herbal melangsingkan badan.

    Biji ketumbar memiliki pengaruh terhadap kinerja metabolisme. Ini sangat baik untuk menstimulasi sistem metabolisme dan pembakaran kalori. Dan inilah yang akan bekerja sebagai herbal pelangsing.

    Dalam ulasan lain dijelaskan bahw biji ketumbar memiliki manfaat menurunkan pelepasan enzim triptin yang dalam karenanya dapat menurunkan produksi hormon ghrelin.

    Mengonsumsi makanan dengan bumbu ketumbar memang menggugah selera, tetapi Anda akan mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Dan membuat Anda lebih tahan untuk menunda makan lebih lama di waktu makan berikutnya.

  • Asam Jawa

    Asam jawa adalah salah satu dari banyak jenis bumbu dapur yang memberi cita rasa asam pada sajian makanan di Nusantara. Anda akan lazim menemukan penggunaan asam jawa pada banyak jenis hidangan mulai dari menu berkuah hingga minuman.

    Dan ternyata rasa asam yang dihasilkan oleh asam jawa ini juga menjadikannya bermanfaat sebagai herbal diet. Ini karena dalam asam jawa atau tamarin ini ditemukan komponen HCA atau Hydroxy Citric Acid.

    Menurut Pharmacognosy Reviews tahun 2011, senyawa HCA dalam asam jawa iniĀ  yang akan membantu memperlambat bahkan menghambat proses pembentukan cadangan lemak.

    Asam jawa juga bekerja sebagai laksatif yang akan membantu melancarkan BAB. Dalam banyak pembuktikan dapat dilihat bahwa BAB yang lancar adalah salah satu cara untuk membantu mempercepat pelepasan kelebihan lemak dalam pencernaan.

    Dan sejumlah senyawa fitokimia dalam asam jawa juga terbukti efektif mengurangi selera makan. Hal tersebut telah dijelaskan dalam Asian pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2014.

    Dalam penjelasan lebih lanjut pada Nutrients tahun 2016, dalam herbal pelangsing ini tersimpan kemampuan untuk menghambat pembentukan enzim tripsin. Enzim ini pada dasarnya bekerja pada proses metabolisme protein. Tetapi, ketika kadarnya rendah, tubuh cenderung mengalami penurunan selera makan.

    Riset terhadap tikus membuktikan pemanfaatan asam jawa sebagai herbal diet untuk menurunkan selera makan. Riset ini diadakan di Clinic Sao Paulo, Center for Health Sciences Brazil.

  • Ginseng

    Ginseng dikenal sebagai salah satu herbal yang diakui dunia akan kemampuannya dalam meningkatkan vitalitas, stamina dan meningkatkan ketahanan tubuh. bahkan ginseng dikenali pula dengan kemampuan anti peradangan dan antibiotiknya. Itu sebabnya ginseng sangat diakui dalam dunia kesehatan tradisional di Tiongkok, Korea hingga Jepang.

    Sebenarnya, kemampuan ginseng terutama berasal dari kandungan ginsenosida dan komponen anti oksidan lain di dalamnya. Senyawa ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, membantu menstimulasi kinerja jantung dan liver serta meningkatkan metabolisme. Dan ini yang berperan meningkatkan pembakaran kalori.

    Menurut Journal of Ginseng Research tahun 2014, mengonsumsi jenis ginseng korea dengan rutin, baik dalam bentuk ekstraksi ataupun dalam bentuk air rebusan akan sangat membantu menurunkan berat badan.

    Selain untuk melangsingkan badan, terbukti pula ginseng akan membantu memperbaiki komposisi mikroba dalam pencernaan. Dijelaskan dalam Nutritional and Metabolism tahun 2016, bahwa komposisi mikroba sehat dalam pencernaan menentukan resiko obesitas seseorang.

    Ginseng juga terbukti membantu menjaga kadar gula darah. Hal tersebut di jelaskan dalam Journal of Medicinal Food tahun 2014. Stabilitas kadar gula darah akan membantu menghindari terbentuknya lapisan sel adiposa atau sel lemak pada tubuh.

  • Oregano

    Oregano pada dasarnya adalah jenis herbal bumbu yang masih satu kerabat dengan tanaman beraroma harum lain seperti kemangi, rosemary, basil, sage, mint hingga kenikir.

    Yang khas dari oregano adalah manfaat carvacrol, senyawa antioksidan di dalamnya. Senyawa ini selain bekerja menstimulasi kerja hati juga baik untuk membantu melangsingkan badan.

    Studi terhadap tikus sebagaimana diungkap dalam The Journal of Nutritional Biochemistry tahun 2012, menunjukan manfaat ekstraksi senya carvacrol untuk membantu menurunkan kadar lemak darah dan mengurangi jumlah lemak cadangan di sekitar hati.

    Selain itu, ada peran lain dari herbal diet ini untuk membantu melangsingkan badan. Ini berkat kandungan bio progestin dalam oregano sebagaimana dijelaskan dalam Proceeding of Society for Experimentally Biology and Medicine tahun 1998.

    Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya mengenai fungsi bioprogestin, maka progestin dalam oregano akan sangat bermanfaat meregulasi kadar lemak dalam darah dan menghambat pembentukan lemak perut. Ini juga telah dijelaskan dalam Biomed Research International tahun 2014.

  • Kapulaga

    Kita banyak mengenal kapulaga sebagai salah satu bumbu rempah khas untuk aneka hidangan bersantan, aneka kue, cake dan roti juga pada hidangan khas timur tengah.

    herbal pelangsing - herbal diet - melangsingkan badan

    Di dunia internasional sendiri rempah ini memiliki popularitas tersendiri. Kapulaga atau cardamom dikenal sebagai rempah yang mahal, menduduki posisi ketiga termahal setelah saffron dan vanila.

    Aroma harum khas dari kapulaga diketahui berasal dari sejumlah komponen senyawa fitokimia seperti citroneol, pinene, limonene dan phellandrene. Setidak ditemukan sekitar 20 jenis senyawa fitokimia yang penting berperan bagi kesehatan kita.

    Dan salah satu manfaat dari kapulaga adalah sebagai herbal pelangsing. Dikatakan menurut Lipids in Health and Disease tahun 2017, bahwa mengonsumsi kapulaga dapat menurunkan kadar lemak pada tikus yang telah mendapatkan asupan karbohidrat sederhana dalam jumlah besar.

    Sejumlah fakta menunjukan adanya manfaat kapulaga dalam membantu membentuk lemak cadangan pada area sekitar perut dan membantu mengendalikan proses pembentukan gula dari zat pati.

    Sedang menurut fakta lain diungkap bahwa kapulaga juga baik untuk diabetes, menormalkan kadar gula darah dan menetralisir tekanan darah. Fakta ini mengarahkan bahwa mengonsumsi herbal diet ini akan menjaga kadar gula dalam darah dan mengatasi kelebihan lemak di sekitar perut dan lengan.

Itulah tadi beberapa jenis herbal diet dan herbal pelangsing yang akan sangat membantu Anda dalam program penurunan berat badan. Herbal-herbal yang demikian mudah Anda temukan di dapur Anda sendiri ini rupanya terbukti ilmiah membantu Anda menurunkan kadar lemak tubuh dan melangsingkan badan. Ternyata untuk menjadi kurus tak harus mahal kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here