Akhir-akhir ini riasan freckle kian populer. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya itu sejenis dengan flek-flek di wajah? Meski punya ciri beda, namun penyebab flek hitam di wajah kurang-lebih sama dengan freckle. Beda dengan freckle yang dianggap artistik, biasanya orang sangat ingin menghilangkan flek hitam di wajah. Apakah Anda juga sedang mencari bahan ampuh penghilang flek hitam di wajah?

Dalam artikel ini Anda akan menemukan info penting seputar penyebab flek di wajah yang perlu diwaspadai dan juga bahan-bahan alami penghilang flek hitam di wajah yang efektif. Dapatkan juga info tentang ciri-ciri flek di wajah yang perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kanker kulit.

Apa Itu Flek Hitam di Wajah?

Flek-flek menghitam menunjukkan adanya hiperpigmentasi di kulit yang umumnya terjadi di usia dewasa (biasanya 30-an). Flek atau bintik-bintik hitam, alias pigmentasi, terjadi apabila ada penumpukan melanin di suatu bagian kulit.

penyebab flek hitam di wajah - penghilang flek hitam di wajah - menghilangkan flek hitam di wajah

Itu dapat di dahi, wajah, atau di bagian pipi. Meski biasanya flek-flek itu tidak berbahaya, namun ada juga yang dapat menjadi tanda-tanda masalah serius pada kulit.

Kemunculan flek di kulit sering berpengaruh pada keseragaman dan kecerahan kulit Anda, yang mungkin menandakan kulit mulai menua.

Flek dapat jadi adalah tanda-tanda awal penuaan dan dapat dialami oleh semua wanita, tidak soal warna atau jenis kulitnya. Kebanyakan wanita menyangka flek sebagai musuh dan berusaha menghilangkan flek hitam di wajah.

Apa Penyebab Flek Hitam di Wajah?

Ada sejumlah hal yang dapat menjadi penyebab flek hitam di wajah. Misalnya faktor genetik, kehamilan, sinar UV, dan masalah kulit. Di antara umur 20 – 50 tahun, perubahan hormon akibat stres, konsumsi pil KB, kehamilan, dan menopause juga dapat menyebabkan flek-flek hitam.

gambaran berlebihan terhadap cahaya matahari saat berjemur di pantai juga merupakan penyebab flek hitam di wajah yang muncul bertahun-tahun setelahnya. Untuk usia di bawah 20, flek di wajah dapat disebabkan oleh luka bekas jerawat dan tanda kemerahan yang ditinggalkan oleh infeksi.

Sinar UV Penyebab Flek

Sebenarnya, sinar UV pada cahaya matahari merupakan salah satu faktor utama pemicu flek di kulit. Umumnya flek dapat dihindari atau dikurangi apabila Anda mengurangi gambaran sinar matahari.

  • Melasma: Ini dicirikan dengan flek-flek keabu-abuan di wajah, dahi, atau di bibir atas. Melasma juga dapat terjadi di daerah kulit yang sering terkena cahaya matahari, seperti di bahu dan lengan.
  • Solar Lentigo (Liver Spot): Ini adalah bintik-bintik timbul berwarna merah atau cokelat yang disebabkan oleh gambaran cahaya matahari dalam waktu lama. kesamaan seseorang untuk mengalami masalah ini dapat diwariskan secara genetik.
  • Efelid: Ini mirip dengan freckle, namun bedanya efelid biasanya berwarna cokelat atau merah terang dan dapat pelan-pelan hilang jika menghindari gambaran sinar matahari.

gambaran cahaya matahari membuat sel-sel kulit menghasilkan lebih banyak melanin untuk mengatasi kerusakan akibat sinar UV. Bila melanin menumpuk, itu menyebabkan warna kulit di area itu jadi lebih gelap. Anda dapat menghindari penyebab flek hitam di wajah ini dengan menghindari atau melindungi diri dari sinar matahari.

Masalah Kulit Penyebab Flek

Ada beberapa masalah kulit yang dapat menjadi penyebab flek hitam di wajah dan bagian-bagian tubuh lainnya. Masalah-masalah kulit ini tidak berkaitan dengan flek yang adalah tanda-tanda penuaan.

  • Melasma: Ini adalah salah satu penyebab paling umum flek-flek di wajah. Biasanya melasma muncul di dahi, pipi, atau di area antara mulut dan hidung. Dan melasma juga dapat muncul di area-area kulit lain, terutama yang sering terkena sinar matahari, seperti di bahu atau lengan bawah.
  • Melanosis Riehl: Ini menimbulkan flek-flek keabu-abuan atau kecokelatan di wajah akibat hiperpigmentasi. Beberapa dokter kulit meyakini bahwa masalah kulit ini disebabkan oleh gambaran sinar matahari ke bagian-bagian tubuh yang juga terpapar produk kosmetik seperti deodoran.
  • Poikiloderma of Civatte: Ini biasanya terjadi di area leher yang terkena cahaya matahari. Penyakit ini menimbulkan flek-flek cokelat kemerahan di kulit leher.
  • Eritromelanosis Folikularis: Ini adalah penyakit pigmentasi eritematosa pada folikel-folikel kulit dan menimbulkan flek cokelat kemerahan di daerah wajah dan leher.
  • Linea Fusca: Ini muncul sebagai garis lurus memanjang di wajah. Masalah kulit ini terjadi karena sel-sel melanosit di kulit merangsang hormon akibat perubahan hormon.
  • Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi: Istilah ini merujuk pada flek-flek yang muncul sebagai bekas luka di kulit. Walaupun fleknya sering kali menghilang, tetapi ada juga bekas luka yang tahan lebih lama.

Untuk mengetahui apakah penyebab flek hitam di wajah Anda adalah masalah/penyakit di kulit, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit. Dokter juga dapat membantu Anda memilih perawatan terbaik untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Faktor-Faktor Lain Penyebab Flek

Ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan munculnya flek-flek di kulit. Biasanya flek akan memudar apabila faktor-faktor ini berhasil diatasi atau sudah selesai dengan sendirinya.

  • Kehamilan: Ibu hamil mengalami perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan pigmentasi di kulit. Bahkan hampir 50% ibu hamil mengalami melasma berupa flek-flek gelap di wajah, dahi, atau di pipi karena pigmentasi di area itu.
  • Penyakit Liver: Penyakit liver (hati) menyerang ketika asupan zat besi tubuh Anda melebihi jumlah yang dibutuhkan. Kondisi ini dapat menimbulkan flek-flek di kulit.
  • Penyakit Addison: Kemunculan bercak-bercak gelap di kulit dapat menjadi tanda-tanda penyakit Addison. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakmampuan kelenjar adrenal untuk menghasilkan cukup hormon kortisol dan aldosteron untuk mengontrol fungsi jaringan dan organ.
  • Hemakromatosis: Penyakit ini disebabkan oleh kelebihan penyerapan zat besi, dan mengganggu fungsi organ-organ utama seperti jantung, liver, dan pankreas. Ini adalah penyakit keturunan yang dapat diturunkan dari generasi ke generasi.
  • Tumor Hipofisis (Pituitari): Ini adalah pertumbuhan abnormal di kelenjar hipofisis (pituitari). Tumor-tumor ini dapat berdampak pada produksi hormon-hormon sehingga memengaruhi banyak fungsi tubuh.

Agar lebih jelas mengenai penyebab flek hitam di wajah Anda, sebaiknya periksa ke dokter kulit. Beliau dapat melangsungkan pemeriksaan fisik untuk melihat ciri dari flek Anda. Dokter juga dapat membantu Anda menghilangkan flek hitam di wajah melalui perawatan yang cocok.

Waspadai Flek di Kulit yang Berbahaya!


Sebagai aturan dasar, jika Anda melihat munculnya bercak atau flek baru di wajah, cobalah perhatikan karakterisitiknya. Tanda-tanda awal kanker kulit melanoma dapat menyerupai flek-flek biasa. Berikut adalah sejumlah ciri flek yang perlu diwaspadai:

  • Bentuknya asimetris; artinya di satu sisi dan sisi lain bentuknya berlainan. Satu sisi biasanya lebih besar dari sisi satunya.
  • Amati pinggirannya; jika bentuknya tidak beraturan, itu perlu dicurigai.
  • Perhatikan warnanya; waspadalah jika ada lebih dari satu warna. Dan semakin gelap warnanya, Anda mesti semakin curiga.
  • Melanoma biasanya punya ukuran diameter seukuran atau lebih besar dari penghapus di ujung pensil. Kadang melanoma juga dapat lebih kecil.
  • Ikuti perkembangannya; periksalah ke dokter jika flek tersebut tiba-tiba berubah, berdarah, dan terasa gatal atau sakit.

penyebab flek hitam di wajah - penghilang flek hitam di wajah - menghilangkan flek hitam di wajah

Bila dokter merasa curiga dengan flek tersebut, beliau mungkin akan mengambil sebagian sampelnya untuk dilakukan tes biopsi. Jika dokter mengatakan bahwa itu hanyalah flek biasa, beliau mungkin akan menyarankan perawatan tertentu untuk penghilang flek hitam di wajah.

surat keterangan: American Cancer Society

Apa Saja Bahan Alami Penghilang Flek Hitam di Wajah?

Memiliki flek-flek di wajah dapat mengurangi percaya diri dan bahkan membuat Anda merasa rendah diri. Beruntung, ada banyak cara menghilangkan flek hitam di wajah yang efektif. Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami penghilang flek hitam di wajah. Apa saja bahan-bahan yang ampuh itu?

Air Perasan Lemon

Solusi cepat dan gampang untuk flek hitam dapat ditemukan di dapur rumah Anda—lemon. Lemon memiliki vitamin C yang dapat mencerahkan flek-flek gelap di wajah. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lemon:

  • Peras air lemon ke bola kapas dan gosokkan kapas langsung ke daerah kulit yang memiliki flek.
  • Biarkan sampai kering lalu bilas wajah dengan air biasa.
  • Terus lakukan ini selama sedikitnya 2 minggu untuk mendapat hasil terbaik.

Jika Anda punya kulit sensitif atau tipis, campurkan dulu air perasan lemon dengan air biasa, air mawar, atau madu murni. Anda juga boleh menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai alternatif lemon.

Catatan: Jangan lakukan cara ini jika ada luka terbuka di kulit. Juga, hindari gambaran sinar matahari langsung setelah menggunakan air perasan lemon, karena itu membuat kulit Anda sensitif terhadap matahari.

Kentang

Ternyata kentang juga dapat merupakan bahan ampuh penghilang flek hitam di wajah. Kentang memiliki kemampuan pemutih alami yang membantu memudarkan flek-flek, bekas luka, juga noda-noda lain di wajah. Zat pati di dalamnya membantu mengurangi pigmentasi, dan enzim-enzimnya menyehatkan kulit Anda.

  • Iris-iris satu buah kentang.
  • Letakkan irisan kentang langsung ke flek-flek di wajah.
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Anda juga dapat memarut kentang dan mencampurkannya dengan 1 sdt madu murni untuk dijadikan masker wajah. Biarkan masker alami ini tetap di wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe vera) punya banyak manfaat bagi kulit. Bagian gelnya memiliki polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru untuk memudarkan flek-flek hitam dan menyembuhkan luka. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lidah buaya:

  • Ambil bagian gel dari daun lidah buaya.
  • Oleskan langsung ke flek-flek gelap di wajah.
  • Pijat-pijat dengan lembut daerah wajah itu dengan ujung-ujung jari selama beberapa menit.
  • Diamkan selama 15 – 20 menit, lalu bilas wajah Anda.
  • Ulangi lakukan ini 1 – 2 kali sehari selama beberapa minggu sampai flek-flek memudar.

penyebab flek hitam di wajah - penghilang flek hitam di wajah - menghilangkan flek hitam di wajah

Jika gel lidah buaya di wajah sulit dibersihkan, coba gunakan handuk bersih yang direndam air hangat untuk membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan minyak vitamin E dan minyak jarak untuk membantu memudarkan flek-flek hitam.

Oatmeal

Oatmeal bubuk dapat mengelupas sel-sel kulit mati sehingga bagus untuk penghilang flek hitam di wajah. Oatmeal mengandung saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami. Oatmeal juga bahkan membantu melembutkan, memperbaiki, dan meremajakan kulit Anda.

  • Giling ½ cangkir rolled oat.
  • Campurkan 3 – 4 sdm air perasan lemon ke gilingan oat.
  • Gosokkan pada kulit wajah lalu bilas dengan air hangat setelah kering.

Jika oat sulit dibersihkan, cobalah gunakan handuk yang sudah direndam air hangat untuk membersihkan sisa-sisa oat di wajah. Lakukanlah perawatan oat ini 1 – 2 kali dalam seminggu.

Noni Juice

Noni juice mengandung berbagai kandungan bermanfaat yang melindungi kulit Anda dari luar maupun dalam. Kandungan-kandungan mineralnya dapat mengaktifkan enzim-enzim antioksidan tubuh Anda sehingga sanggup melawan oksidasi sel-sel kulit. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah merata.

Kandungan antioksidan seperti glutation, alfa-tokoferol, dan asam askorbat bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan. Kandungan flavonoidnya juga mengatasi pengaruh enzim-enzim “jahat” yang membuat kulit Anda tampak kusam.

Noni juice membantu Anda melawan kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari. Hal ini tentunya penting dalam menghindari bertambah parahnya masalah selagi Anda berupaya menghilangkan flek hitam di wajah.

Tidak seperti bahan-bahan penghilang flek hitam di wajah lain di artikel ini, Noni juice dikonsumsi dengan cara diminum. Takaran minum Noni juice yang dianjurkan yaitu 50 ml (sekitar ¼ gelas) sebanyak 2 kali sehari. Umumnya perubahan pada kulit akan terlihat dalam waktu beberapa minggu mengonsumsinya.

Kesimpulan tentang Flek Hitam

Flek hitam muncul akibat hiperpigmentasi di kulit. Ada sejumlah hal yang dapat memicu hiperpigmentasi tersebut, antara lain sinar UV, masalah kulit, perubahan hormon, dan kesamaan genetik.

Apabila faktor utama penyebab flek hitam di wajah adalah sinar UV, Anda dapat mengurangi flek dengan mengurangi gambaran sinar matahari. Sebaiknya selalu gunakan sunscreen (tabir surya) berSPF minimal 30 setiap akan keluar ruangan. Jika penyebabnya adalah masalah kulit atau perubahan hormon, Anda mungkin butuh bantuan dokter untuk mengatasinya.

Saat ini sudah tersedia banyak perawatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Bukan hanya secara medis, tetapi juga secara alami. Ada banyak bahan alami penghilang flek hitam di wajah yang bukan hanya memudarkan flek, tetapi juga membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bersih.

Demikianlah ulasan info-info penting seputar flek hitam di wajah. Nantikan juga ulasan menarik lain seputar masalah kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan herbal hanya di Deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here