doktersehat gangguan menstruasi

DokterSehat.Com – Menstruasi yang dialami oleh wanita tidak sama satu dengan lainnya. Salah satu pembeda dari menstruasi ini adalah lama dari siklus. Beberapa wanita ada yang mengalami siklus 28 hari, tapi tidak sedikit juga wanita yang mengalami siklus menstruasi 31 hari. Jadi, menstruasi tidak selalu tepat satu bulan sehingga kadang maju dan kadang mundur.

Meski siklus menstruasi berbeda-beda, masalah menstruasi yang dialami oleh semua wanita yang masih subur relatif sama. Secara umum wanita akan mengalami beberapa  masalah menstruasi di bawah ini. Karena setiap bulan masalah akan sering berulang, wanita disarankan untuk dapat mewaspadainya.

  1. Nyeri yang berlebihan

Setiap bulan kalau wanita tidak mengalami kehamilan, lapisan endometrium yang melapisi rahim akan luruh dan keluar dalam bentuk darah. Luruhnya endometrium ini menimbulkan rasa sakit yang berbeda-beda pada wanita. Ada yang rasa sakitnya sangat kuat sehingga beberapa wanita sampai mengalami kelenger.

Agar rasa sakit ini tidak terlalu kuat, beberapa praktisi menganjurkan wanita untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti kopi atau soda. Selain itu, melaksanakan olahraga ringan setiap hari juga dapat menurunkan rasa sakit dengan lebih mudah.

  1. Rasa lemas yang wanita malas beraktivitas

Saat menstruasi darah yang keluar dari tubuh wanita cukup banyak, bahkan beberapa wanita sering mengalami kurang darah. Kekurangan darah saat menstruasi ini menyebabkan wanita mudah sekali mengalami lemas khususnya siang hari. Rasa lemas ini dapat membuat mereka tidak dapat konsentrasi dengan pekerjaan yang dilakukan.

Oh ya, rasa lemas ini sebenarnya mudah sekali diatasi. Wanita dapat mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Makanan yang dikonsumsi disarankan yang banyak mengandung sayuran hijau dan juga protein yang cepat menyembuhkan rasa lemas pada wanita.

  1. Perubahan suasana hati

Wanita akan sering sekali mengalami perubahan hati. Perubahan suasana hati ini akan membuat wanita susah sekali berkonsentrasi dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Selain itu ada pula wanita yang mengalami depresi sehingga lebih sering menangis tanpa sebab yang jelas.

Saat menstruasi lebih baik tidak sendirian. Lebih banyak berkomunikasi dengan orang lain atau berkumpul akan membuat Anda mudah menghilangkan rasa tidak nyaman. Coba untuk sering mendengar musik yang membuat hati jadi tenang. Kalau Anda suka sekali menonton ada baiknya untuk menyaksikan film-film yang bagus atau lawak.

  1. Perdarahan yang hebat

Perdarahan yang hebat sering sekali dialami oleh beberapa wanita. Perdarahan ini dapat terjadi di awal siklus atau di sepanjang siklus. Perdarahan ini dapat saja normal atau pun tidak. Perdarahan yang tidak normal biasanya terjadi karena ada gangguan pada rahim seperti endometriosis atau mungkin mioma.

Perdarahan juga sering diikuti dengan keluarnya gumpalan darah. Kalau kondisi ini hanya muncul sesekali saja mungkin tidak akan masalah. Namun, kalau muncul berkali-kali di setiap siklus menstruasi segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Tidak menstruasi selama satu bulan

Beberapa wanita ada yang mengalami gangguan menstruasi berupa lompatan siklus. Selama satu bulan wanita tidak mengalami menstruasi padahal tidak sedang hamil. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari abnormalitas pada vagina yang menyebabkan menstruasi terganggu.

Selanjutnya gangguan seperti stres juga dapat terjadi dan menyebabkan wanita mengalami fluktuasi hormon seks di dalam tubuhnya. Wanita yang alami stres berat biasanya alami gangguan menstruasi diikuti penurunan kesuburan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan kita semua dapat dengan mudah mengatasi atau menghindari munculnya gangguan menstruasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here