Kantung mata bengkak dan menghitam bikin Anda terlihat lebih tua dan kurang menarik. Walaupun biasanya penyebab kantung mata ini tidaklah serius, tapi Anda tentu ingin tahu cara alami menghilangkan kantung mata. Mengapa alami? Karena caranya mudah dilakukan dan minim efek samping. Anda pun dapat membuat masker kantung mata sendiri dari bahan-bahan alami.

Dalam artikel ini Anda dapat menemukan info penting seputar penyebab kantung mata dan cara alami menghilangkan kantung mata. Dapatkan juga tips membuat masker kantung mata dari bahan-bahan yang gampang diperoleh.

Apa Itu Kantung Mata Bengkak?

Kantung mata bengkak adalah keluhan yang cukup umum dialami orang-orang, terutama yang sudah mulai tua. Karena proses penuaan, jaringan-jaringan di sekitar mata (termasuk beberapa otot yang menyokong kelopak mata) menjadi lemah.

Lemak yang membantu menyokong mata lalu dapat berpindah ke kelopak mata bawah, menyebabkan kantung mata bengkak. Mungkin juga ada cairan yang menumpuk di ruang bawah mata, sehingga menambah bengkaknya.

Kantung di bawah mata biasanya hanyalah masalah penampilan dan jarang sekali yang merupakan tanda-tanda masalah kesehatan serius. Sering kali yang perlu Anda lakukan hanyalah memanfaatkan bahan-bahan di rumah, seperti kompres dingin, untuk meredakan bengkaknya. Kadang ada yang memilih menjalani operasi untuk menghilangkan kantung mata yang sangat mengganggu.

Periksa ke Dokter Jika…

Meski membuat penampilan tampak kurang menarik, tapi kantung mata biasanya tidak berbahaya dan tidak butuh penanganan khusus. Namun periksalah ke dokter jika bengkaknya parah, terus-terusan, terasa sakit, gatal, atau kemerahan. Dokter mungkin akan mencari tahu penyebab kantung mata bengkak itu dengan memeriksa apakah Anda memiliki gangguan tiroid, infeksi, atau alergi.

Apa Penyebab Kantung Mata?

Penyebab kantung mata membengkak adalah penumpukan cairan. Hal ini terjadi jika ada terlalu banyak cairan yang disimpan di jaringan kulit di bawah mata. Jika kantung mata menghitam, itu berarti pembuluh-pembuluh darah di dalamnya menjadi lebih terlihat di area itu. Lalu apa yang menyebabkan kedua hal itu sehingga kantung mata membengkak dan menghitam?

Kurang Tidur

Inilah penyebab kantung mata yang paling umum. Kurang tidur membuat tubuh Anda tidak dapat mengeluarkan cairan dari dalam. Malahan, cairan menumpuk di jaringan di bawah mata, menyebabkan kantung mata muncul.

Bukan hanya itu, kurang tidur juga membuat kantung mata menghitam. Saat tubuh tidak cukup tidur, pembuluh-pembuluh darah di bawah mata melebar, menciptakan penampilan “mata panda”.

Usia Tua

Kantung mata yang bengkak dan gelap adalah bagian alami dari proses penuaan. Seiring usia bertambah, lemak di bawah permukaan kulit mulai melorot. Begitu juga lemak di bagian bawah mata.

Selain itu, seraya usia menua, otot-otot yang menahan lemak di area wajah juga mulai melemah. Inilah penyebab kulit di wajah melorot dan membuat kantung mata makin kentara.

Usia juga faktor pemicu kantung mata hitam. Penuaan membuat sejumlah lemak dan kolagen di bawah mata menghilang serta kulit menipis, lalu menghasilkan kantung hitam di sana.

Terlalu Banyak Garam

Kalau Anda makan makanan yang banyak garamnya sebelum tidur, Anda mungkin akan bangung dengan kantung mata membesar. Ini karena garam membuat tubuh menyimpan cairan.

Jika Anda makan terlalu banyak garam itu akan membuat tubuh kehilangan cairan tubuh. Karena itu tubuh otomatis menahan cairan di dalamnya untuk menghindari kehilangan cairan tubuh lebih lanjut. Dan penumpukan cairan di dalam kulit bawah mata adalah penyebab kantung mata Anda membengkak.

Lupa Membersihkan Riasan

Kadang Anda terlalu lelah atau malas untuk membersihkan riasan make up sebelum tidur. Tapi hal itu berdampak buruk bagi kulit. Anda dapat mengalami iritasi di kulit sekitar mata, dan proses penuaan kulit akan lebih cepat. Akibatnya, Anda lebih rentan memiliki keriput dan mata panda.

Namun, ketika membersihkan riasan, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak menggosok keras area kulit di bawah mata.

Merokok

Asap rokok membunuh sel-sel sehat dalam tubuh dan merusak produksi kolagen. Ini mempercepat proses penuaan serta kemunculan keriput dan garis-garis halus. Merokok juga memperparah kantung mata Anda.

Akibat sering terpapar asap rokok, kulit seorang perokok menjadi sangat kering, dan tubuh harus menahan cairan di kulit untuk mencegahnya bertambah kering. Pada akhirnya ini akan memunculkan kantung mata.

Alergi

Kalau Anda memiliki alergi, kemungkinan Anda sudah tahu bahwa salah satu gejalanya adalah bengkak di sekitar mata. Ketika mengalami reaksi alergi, tubuh melepaskan bahan-bahan kimia (histamin) yang menyebabkan area mata membengkak.

Alergen (pemicu alergi) juga mempercepat penumpukan cairan di bawah mata, sehingga menambah parah bengkak di bawah mata. Alergi juga menjadi penyebab kantung mata menghitam. Histamin yang dilepaskan tubuh menimbulkan peradangan pada pembuluh-pembuluh darah sehingga mereka membesar dan lebih terlihat.

Faktor Genetik

Sebagian dari penyebab kantung mata adalah faktor keturunan. Jika orang tua atau kakek-nenek Anda punya kantung mata yang besar dan menghitam, kemungkinan Anda juga mengalaminya.

Kalau Anda sudah memiliki kantung mata meski masih remaja, cobalah lakukan perawatan kulit secara rutin. Anda juga dapat menggunakan serum mata yang cocok untuk membantu mengurangi masalah kantung mata.

Ingatlah, jika kantung mata Anda semakin memburuk, meskipun sudah berusaha mengatasi penyebab-penyebab seperti di atas, itu dapat jadi tanda adanya masalah kesehatan. Ada baiknya Anda pergi periksa ke dokter untuk memastikannya.

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Terdapat beragam cara alami menghilangkan kantung mata. Tidak perlu sampai melangsungkan perawatan yang mahal dan rumit, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh. Berikut akan dijelaskan beberapa cara alami menghilangkan kantung mata Anda.

kantung mata bengkak - penyebab kantung mata - cara alami menghilangkan kantung mata - masker kantung mata

Timun

Timun dingin adalah obat bagus untuk mengempiskan kantung mata bengkak. Kandungan enzim dan astringent dalam timun membantu mengatasi peradangan dan mengencangkan kulit. Timun juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

  • Potong timun menjadi irisan-irisan tebal.
  • Dinginkan irisan-irisan timun di kulkas selama 10 menit.
  • Tempelkan irisan timun itu di atas masing-masing mata selama sekitar 10 menit atau sampai timunnya jadi hangat.

Lakukan cara alami menghilangkan kantung mata ini beberapa kali dalam sehari. Buang dan jangan pakai lagi irisan timun yang sudah digunakan.

Kantung Teh

Entah kantung teh hijau atau teh hitam, keduanya dapat membantu meredakan bengkak dan iritasi di sekitar mata. Teh mengandung zat anti-iritasi yang membantu mengurangi pembengkakan di bawah mata. Juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan.

  • Dinginkan 2 kantung teh yang sudah dipakai di dalam kulkas selama 30 menit.
  • Berbaringlah dan tempelkan 2 kantung teh ke masing-masing mata.
  • Diamkan dan terus berbaring selama 10 – 15 menit

Lakukanlah cara ini dua kali sehari selama beberapa hari, atau sampai Anda merasa puas dengan hasilnya. Selain teh hijau dan teh hitam, Anda dapat menggunakan teh-teh herbal seperti teh lavender, chamomile, mint, verbena, dan rooibos.

Kentang

Sama seperti timun, kentang juga bagus untuk mengatasi kantung mata bengkak. Kandungan zat pati di dalamnya berfungsi sebagai anti-peradangan yang membantu mengurangi bengkak. Kentang juga berguna untuk memudarkan lingkaran hitam bawah mata.

  • Kupas, cuci, dan keringkan kentang yang berukuran sedang.
  • Parut kentang dan bungkus hasil parutannya di dalam kain tipis bersih.
  • Tempelkan kain ini di atas masing-masing mata selama beberapa menit.

Ulangi cara alami menghilangkan kantung mata ini beberapa kali sampai hasilnya terlihat. Alternatifnya, Anda juga dapat merendam irisan kentang di air dingin dan taruh dalam kulkas selama 15 – 30 menit. Kemudian tempelkan irisan kentang itu ke atas mata selama 15 – 20 menit.

Tips Membuat Masker Kantung Mata Sendiri


Merasa membuat masker kantung mata itu susah dan rumit? Tenang saja, tips-tips berikut ini sangat mudah diikuti dan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh. Yang terpenting, bahan-bahan alami itu memiliki kandungan bermanfaat untuk mengatasi kantung mata yang bengkak dan menghitam.

Masker Kantung Mata—Lidah Buaya & Wortel

Wortel dipenuhi dengan vitamin A (retinol), yang ampuh mengatasi kerutan-kerutan di kulit. Vitamin A melembutkan kulit di sekitar mata, menghilangkan lingkaran hitam, dan membuat Anda tampak lebih muda.

Putih telur mengandung protein yang membantu mengencangkan kulit dan menghilangkan bengkak di bawah mata. Sedangkan lidah buaya memiliki anti-peradangan dan bersifat menanagkan sehingga meredakan iritasi serta kemerahan.

  • Campurkan 1 butir telur (ambil putihnya saja), 1 sdm parutan wortel, dan 1 sdt gel lidah buaya di dalam mangkuk dan aduk sampai berbusa
  • Gunakan kuas untuk mengoleskan masker ini di sekitar dan di bawah mata
  • Diamkan masker 15 – 30 menit lalu bilas dengan air dingin

Masker Kantung Mata—Kopi

Sama seperti kopi membuat Anda segar di pagi hari, masker kopi juga menyegarkan mata lelah dan menghilangkan bengkak di bawah mata. Kafein di dalamnya meningkatkan aliran darah, menghindari penumpukan cairan di sekitar mata, dan menghilangkan kantung mata.

Madu dan minyak vitamin E bekerja sama dengan sangat baik untuk mengencangkan serta melembutkan kulit dan mengempiskan pembengkakan.

  • Seduh secangkir kopi (dari 1sdm bubuk kopi) dan biarkan sampai dingin
  • Tambahkan 1sdm madu dan 1 sdt minyak vitamin E ke dalamnya
  • Rendam 5 – 10 lembar kapas wajah ke dalam kopi dan peras pelan-pelan
  • Masukkan masing-masing kapas itu ke dalam plastik bening terpisah dan bekukan di kulkas
  • Tempelkan 2 lembar kapas itu di atas mata selama 10 – 15 menit. Kapas-kapas yang belum dipakai dapat untuk kali berikutnya.

Masker Kantung Mata—Kentang & Mint

Kentang mengandung bahan pencerah kulit alami yang membantu mencerahkan mata panda. Mint memiliki efek mendinginkan dan menenangkan yang berguna menghilangkan kantung mata. Mirip seperti membuat masker kantung mata dari kopi, Anda dapat mendapat manfaat sepenuhnya dari masker kentang & mint dengan cara membekukannya.

  • Blender 1 buah kentang (sudah dikupas) dan 5 – 6 lembar daun mint.
  • Tambahkan sedikit air untuk mengencerkan jusnya.
  • Rendam 10 – 15 lembar kapas wajah ke dalam jus itu lalu peras pelan-pelan
  • Masukkan masing-masing kapas itu ke dalam plastik bening terpisah dan bekukan di kulkas
  • Tempelkan 2 lembar kapas itu di atas mata selama 10 – 15 menit. Kapas-kapas yang belum dipakai dapat untuk kali berikutnya.

Pilihlah tips yang paling gampang bagi Anda. Setelah mencoba menggunakan masker kantung mata, Anda dapat langsung melihat perbedaannya. Namun tetap saja, solusi terbaik untuk kantung mata hitam dan bengkak adalah cukup tidur dan istirahat.

Kesimpulan tentang Kantung Mata Bengkak

Penyebab kantung mata bengkak adalah penumpukan cairan di area itu. Ada sejumlah hal yang dapat memicu penumpukan cairan di bawah mata, antara lain kurang tidur, alergi, merokok, usia tua, dan faktor keturunan.

kantung mata bengkak - penyebab kantung mata - cara alami menghilangkan kantung mata - masker kantung mata

Anda dapat menggunakan cara alami menghilangkan kantung mata dengan memanfaatkan bahan-bahan yang gampang diperoleh. Bahan tersebut misalnya kentang, timun, dan kantung teh bekas pakai. Anda juga dapat membuat masker kantung mata sendiri dari bahan-bahan alami.

Demikianlah ulasan info penting seputar kantung mata bengkak. Nantikan juga informasi menarik lain mengenai masalah kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan herbal hanya di Deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here