inilah-akibat-kurang-tidur-bagi-ibu-hamil-dan-janin-doktersehat

DokterSehat.Com – Susah tidur atau kurang tidur biasa dialami oleh para ibu hamil. Padahal wanita hamil tersebut sebelumnya tidak pernah mengalami susah tidur ataupun kurang tidur. Namun, hal tersebut menjadi berbeda pada wanita di kala sedang hamil. Ya, kehamilan memang memberikan perubahan besar pada ibu hamil termasuk dalam hal tidur ini.

Apakah penyebab kurang tidur dan susah tidur pada ibu hamil? Apa akibat kurang tidur bagi ibu hamil dan janin? Bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur bagi ibu hamil? Baca terus untuk mendapatkan semua jawabannya.

Penyebab susah tidur dan kurang tidur pada ibu hamil

Masalah kesulitan tidur berupa susah tidur atau kurang tidur pada ibu hamil sering terjadi. Ibu hamil sering kali merasa tidak nyaman secara fisik dan psikis sehingga membuatnya susah tidur dan kurang tidur. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kesulitan tidur selama kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab susah tidur dan kurang tidur pada ibu hamil:

1. Perubahan hormonal

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang drastis. Perubahan hormonal itu dapat berupa peningkatan atau penurunan hormon yang sudah ada. Dan juga dapat berupa pembentukan hormon kehamilan yang baru.

Perubahan hormonal ini ternyata mempengaruhi siklus tidur dan dapat mengganggu tidur. Sebagai contoh, peningkatan kadar hormon progesteron dapat menyebabkan perubahan pernafasan yang mengganggu tidur dan juga membuat lebih mengantuk di siang hari. Peningkatan hormon progesteron juga dapat membuat ibu hamil terbangun di malam hari.

Baca juga: Lengkap, Berbagai Jenis Hormon Kehamilan dan Fungsinya

2. Nyeri dan ketidaknyamanan

Perubahan fisik pada ibu hamil dapat mengakibatkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan fisik pada bagian tubuh tertentu. Nyeri pada bagian punggung bawah dan ulu hati sering memberikan akibat kurang tidur dan susah tidur. Rasa mual pun juga membuat ibu menjadi susah tidur dan kurang tidur karena harus terbangun sepanjang malam.

3. Rasa gelisah

Kehamilan terkadang menjadi masa-masa yang indah dan mengasyikkan. Namun, tak dapat dipungkiri apabila ibu hamil juga mengalami kecemasan tentang kehamilannya sendiri. Rasa cemas memikirkan masalah anggota keluarga yang baru atau masalah di luar janinnya sering membuat ibu hamil kurang tidur dan susah tidur.

4. Frekuensi buang air kecil yang meningkat

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil yang disebabkan oleh pertumbuhan janin yang menekan kandung kemih. Hal ini mengakibatkan ibu hamil harus sering buang air kecil termasuk pada malam hari. Ibu hamil pun sering terbangun karena sering ingin buang air kecil.

Akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil dan janin

Bagi Anda, ibu hamil yang sedang mengalami kurang tidur atau susah tidur, janganlah menyangka remeh tentang hal ini. Ternyata, akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil dan janin sangat tidak baik. Simaklah dengan seksama tentang akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil dan janin.

1. Akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil :

Kurang tidur sudah pasti berdampak negatif pada kesehatan seseorang apalagi pada ibu hamil. Simaklah beberapa akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil di bawah ini :

a. Preeklampsia

Apabila tekanan darah Anda lebih tinggi dari biasanya dan ditemukan protein di dalam urin, maka ada kemungkinan ini merupakan tanda preeklamsia. Preeklampsia adalah salah satu akibat kurang tidur selama kehamilan. Preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius bagi ibu dan janin seperti cedera organ dan kadang-kadang dapat berakibat fatal.

b. Diabetes gestasional

Akibat kurang tidur dapat menyebabkan perubahan kadar glukosa darah. Hal ini dapat menyebabkan obesitas atau perubahan nafsu makan. Akibat kurang tidur yang lebih jauh pun dapat memicu diabetes gestasional

c. Depresi

Tidak memiliki kualitas maupun kuantitas tidur yang baik tentunya akan mempengaruhi suasana hati, konsentrasi, dan ingatan ibu hamil. Hal ini akan berkembang menjadi sebuah gejala depresi bagi ibu hamil.

2. Akibat kurang tidur dan susah tidur bagi janin :

Ibu hamil yang kurang tidur juga membawa akibat pada janinnya. Berikut ini adalah beberapa akibat kurang tidur dan susah tidur bagi janin :

a. Terhambatnya pertumbuhan bayi

Masalah kurang tidur dan susah tidur yang dialami oleh ibu hamil memang tidak membuat janin juga ikut mengalami masalah kesulitan tidur juga. Akan tetapi, masalah kurang tidur jangka panjang dapat menyebabkan berkurangnya jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan. Hal ini akan menghambat pertumbuhan janin Anda.

b. Meningkatkan kelahiran prematur

Akibat kurang tidur dan susah tidur ternyata dapat meningkatkan akibat persalinan prematur. Hal ini tentunya akan memberikan akibat yang tidak baik tambahan bagi bayi Anda kelak. Kelahiran prematur biasanya memiliki akibat turunan seperti akibat berat bayi lahir rendah, perkembangan organ yang belum normal, dan lainnya.

Cara mengatasi kesulitan tidur bagi ibu hamil

Setelah Anda mengetahui akibat kurang tidur dan susah tidur bagi ibu hamil dan janin, tentunya Anda akan berusaha untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu. Anda perlu mengatasi masalah kesulitan tidur tersebut.

Baca juga: Selain Menyehatkan, 3 Posisi Tidur ini Juga dapat Atasi tidak bisa tidur

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah susah tidur dan kurang tidur selama kehamilan:

  1. Minum banyak air
  2. Mandi air hangat untuk merilekskan tubuh
  3. Hindari kafein dan cokelat
  4. Sediakan cemilan ringan untuk menghindari rasa lapar tengah malam
  5. Berolahraga secara teratur seperti jogging, bersepeda, dan lainnya
  6. Dapatkan udara segar dan jaga suhu kamar tidur Anda nyaman untuk And
  7. Berhubungan intim untuk membuat Anda rileks dan memperbaiki tidur Anda.
  8. Konsumsi asupan yang kaya vitamin B mengurangi susah tidur dan kurang tidur seperti ikan, ayam, sayuran hijau, telur dan biji-bijian seperti oatmeal
  9. Gunakan bantal dan guling yang nyaman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here