Buah-lawan-hipertensi-doktersehat1
Photo Credit: Pexels.com/

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa bahan beberapa jenis sayuran tertentu, memiliki manfaat yang luar biasa untuk menurunkan hipertensi, sebut saja timun atau seledri. Keduanya merupakan salah satu sayuran yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa buah-buahan juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah?

Ya, beberapa jenis buah dapat kita pilih sebagi buah harian dan juga kita manfaatkan untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah. Beberapa jenis buah tersebut adalah:

1. Semangka

doktersehat-manfaat-minyak-biji-semangka
Photo Credit: Pexels.com/rawpixel.com

Semangka merupakan buah yang mampu mengontrol tekanan darah, hal ini disebabkan kandungan mineral pada semangka, yaitu kalium dan magnesium, yang terbukti mampu memberikan manfaat yang baik dalam mengontrol tekanan darah.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Oxford University Press, menunjukkan bahwa konsumsi semangka pada orang dengan obesitas dan hipertensi, telah terbukti mampu mengurangi tekanan darah, baik sistol maupun diastole pada subjek.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C, serta cairan yang tinggi pada semangka juga memiliki manfaat yang baik untuk sistem hidrasi tubuh. Hal ini membuat kadar elektrolit dalam tubuh menjadi semakin baik.

Anda dapat memanfaatkan semangka dengan maksimal, jika mengolah atau mengonsumsinya dalam bentuk segar, bukan dengan tambahan gula, krimer, atau p

emanis buatan lain yang justru meningkatkan asupan natrium dalam tubuh.

2. Buah pisang

Buah pisang merupakan jenis buah yang banyak mengandung kalium. Kalium merupakan salah stau jenis mineral penting yang dapat menyerap kadar natrium dalam darah.

Hal ini membuat konsumsi pisang secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Agar manfaat maksimal untuk buah pisang dapat dirasakan dengan maksimal, hindari menyajikan pisang dengan cara digoreng atau ditambahkan berbagai bahan pangan kemasan yang tinggi natrium, misalnya krimer kental manis.

Anda dapat membuat olahan pisang yang baik untuk penderita hipertensi, misalnya smoothies pisang segar atau pisang bakar dengan toping alami, misalnya bubuk kayu manis.

3. Buah kiwi

doktersehat-gizi-kiwi
Photo Credit: Flickr.com/Kyle McDonald

Suatu studi menunjukkan bahwa konsumsi 3 buah kiwi, ukuran sedang dalam sehari, terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Hal ini dikarenan kiwi memiliki kandungan zat senyawa aktif, kandungan mineral kalium dan folat, serta cairan yang tinggi. Kombinasi kandungan yang ada pada kiwi tersebut ampuh menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

4. Anggur

doktersehat-manfaat-daun-anggur
Photo Credit: Pexels.com/Luiz M. Santos

Anggur merupakan jenis buah yang tinggi akan kandungan antioksidan. Semua jenis buah anggur kaya akan kandungan polifenol, atau antioksidan kuat. Selain itu, kandungan serat pada buah anggur cukup tinggi.

Antioksidan dan serat merupakan kombinasi kandungan buah yang tepat untuk melawan sindrom metabolik, dimana salah satu tanbda sindrom metabolik adalah tekanan darah yang tidak terkontrol.

Anda dapat mengonsumsi 60-80 gram buah anggur secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal buah anggur dalam mengontrol tekanan darah.

5. Berbagai jenis buah beri

doktersehat-stroberi-untuk-maskerBuah stroberi, blackberi, atau bluberi, merupakan jenis buah beri yang tinggi akan kandungan antioksidan jenis antosianin. Kandungan antosianin yang juga merupakan pigmen pemberi warna pada sebagian besar buah beri ini, tebukti efektif menurunkan tekanan darah.

Pastikan Anda mengonsumsi buah jenis beri dalam porsi yang cukup, satu porsi buah beri setara dengan 60-90 gram, untuk dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal.

Nah, itu dia 5 jenis buah yang dapat Anda konsumsi secara rutin untuk mengontrol tekanan darah. Kelima jenis buah tersebut tentu cukup mudah untuk diperoleh, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here