Sarang walet telah lama dikenal sebagai simbol makanan mewah karena memiliki harga yang relatif tinggi. Biasanya sarang walet akan disajikan dalam bentuk makanan sup. Terlepas dari hal tersebut, sarang burung walet ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh. Lalu apa saja manfaat sarang walet untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat sarang walet
via premiumnest.com.au

KOMPOSISI SARANG BURUNG WALET

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet itu sendiri yang telah mengeras. Selain sebagai tempat bertelur, kegunaan liur burung walet juga untuk merekatkan sarangnya di tempat burung tersebut tinggal. dapat di langit-langit gua maupun atap bangunan yang sengaja dibuat untuk sarang burung walet.

Liur burung walet sebagian besar terdiri dari protein. Namun juga terkandung nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, kalium, dan juga magnesium. Oleh karena itulah banyak orang yang menyangka sarang burung walet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.


MANFAAT SARANG WALET

Berikut 16 manfaat sarang walet bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat sarang walet yang pertama yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium dalam sarang burung walet. Dimana fungsi dari masing-masing mineral tersebut berperan penting bagi tubuh untuk membentuk sistem kekebalan alami.

2. Meningkatkan Kerja Memori dan Saraf

Sarang burung walet diperkaya akan berbagai mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh, di antaranya yaitu mangan, tembaga, serta seng yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kerja memori dan saraf. Selain itu juga terdapat kandungan kromium yang sangat baik untuk membantu penyerapan nutrisi di usus.

3. menghindari Resistensi Insulin

Terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa dengan mengonsumsi sarang walet secara rutin dapat menghindari terjadinya resistensi insulin pada orang-orang yang memiliki pola makan tinggi lemak. Hal ini karena dalam sarang walet terdapat suatu kandungan yang dapat menghindari metabolisme tubuh memburuk sekaligus menghindari otak melepaskan sinyal untuk memperbanyak produksi insulin sebagai respon asupan lemak yang berlebih.

4. Mendukung Proses Pembentukan Tulang

Manfaat sarang burung walet yang selanjutnya yaitu mendukung proses pembentukan tulang. Hal ini karena sarang walet memiliki beragam kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral tersebut di antaranya yaitu kalsium, kalium, zat besi, dan natrium.

5. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Secara tradisional, manfaat sarang walet juga dapat digunakan untuk menyehatkan sistem reproduksi. Hal ini karena kegunaan sarang walet yang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi secara lebih optimal.

Klaim tersebut telah dikonfirmasi oleh hasil penelitian dari uji laboratorium yang dirilis Chinese University of Hong Kong pada tahun 2003. Meskipun begitu, diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mendukung kebenaran atau bahkan membantah hasil studi tersebut.

6. Mempercepat Regenerasi Sel

Selama ratusan tahun, China telah lama mengonsumsi sarang burung walet dan mempercayai bahwa sarang burung walet terdiri dari beberapa protein dan mineral lainnya yang dapat membantu regenerasi dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, terdapat suatu penelitian yang telah menemukan bahwa sarang walet mengandung faktor perumbuhan epidermal. Sehingga para pakar pengobatan herbal di China sering meresepkan sarang burung walet kepada orang-orang yang mengalami masalah terkait sel-sel dalam tubuh.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sebuah studi yang dilakukan oleh Chinese University di Hong Kong menyatakan bahwa sarang burung walet sangat bermanfaat ketika dikonsumsi oleh segala kalangan usia. Tidak hanya itu saja, beberapa hasil temuan juga menunjukkan bahwa sarang walet juga memberikan akibat positif bagi metabolisme tubuh.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Tubuh yang lelah setelah melangsungkan seharian aktivitas atau dikarenakan sakit biasanya menyebabkan nafsu makan menurun. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi sarang burung walet yang diolah dan dicampurkan dengan susu atau sup untuk mengembalikan nafsu makan Anda.

9. Mengurangi akibat Terkena Kanker

Kandungan yang terdapat dalam sarang walet juga dapat bertindak sebagai agen antioksidan alami. Dimana antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat sarang walet untuk ibu hamil yaitu dapat menjaga kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya, terutama disaat trimester pertama. Tidak hanya selama dikandung, dengan mengonsumsi sarang walet secara teratur juga dapat membuat sang bayi lahir dengan kondisi yang lebih sehat.

Baca juga manfaat lainnya:

Selain 10 manfaat sarang walet untuk kesehatan yang telah disebutkan, sarang walet juga masih memiliki beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari sarang burung walet:

11. Mempercepat Pemulihan Setelah Sakit

12. Membantu Proses Pemulihan Tulang Rawan

13. Sebagai Sumber Asam Amino

14. Mengoptimalkan Penyerapan Nutrisi di Usus

15. Melawan Peradangan

16. Menjaga Kesehatan Kulit


JENIS SARANG BURUNG WALET

Sarang Walet Putih

Jenis ini merupakan sarang yang keseluruhannya tersusun dari air liur burung walet. Biasanya terdapat sedikit campuran bulu-bulu halus dari burung walet di dalamnya. Sarang burung walet jenis ini berwarna putih sehingga biasanya disebut juga dengan nama edible nest swiftlet atau walet sarang putih.

Harga sarang walet putih berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 17 juta per kilogramnya.

Sarang Walet Hitam

Sesuai namanya, jenis ini berwarna hitam karena tersusun dari campuran air liur yang bercampur dengan bulu-bulunya. Dengan campuran bulunya yang lebih banyak dan merata, memberikan kesan bahwa sarang walet tersebut memiliki warna hitam. Jenis ini disebut dengan nama black nest swiftlet atau walet sarang hitam.

Harga sarang walet hitam berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per kilogramnya.


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat sarang walet untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Sapi Murni atau kembali ke halaman utama kegunaan Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan

16 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com

Judul Artikel

16 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan – KhasiatSehat.com

pelukisan

Manfaat sarang walet untuk kesehatan yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kerja memori, menghindari resistensi insulin, pembentukan tulang, kesehatan reproduksi, regenerasi sel, metabolisme tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan lain sebagainya

Penulis

kegunaan Sehat

Penerbit

kegunaan Sehat

Logo Penerbit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here