doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Anda tentu sepakat jika ikan salmon adalah jenis ikan yang super sehat, ya. Ikan salmon memang memiliki kandungan berbagai kandungan zat gizi, utamanya kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum jika mengolah ikan salmon termasuk sulit, karena dagingnya cenderung mudah hancur.

Belum lagi, mengolah ikan salmon dengan asal dapat merusak kandungan gizinya.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui bagaimana cara atau metode masak yang sehat dalam mengolah ikan salmon.

Dilansir dari WebMD, berikut 5 metode masak paling sehat untuk mengolah ikan salmon:

1. Langsung dikonsumsi mentah

sushi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr Valentin Kord Gundersen

Mengonsumsi salmon mentah, ternyata merupakan salah satu metode makan salmon yang paling sehat, lho.

Salmon yang masih mentah memiliki kandungan omega 3 yang paling tinggi. Selain itu, rasa dan tekstur daging salmon terasa lebih segar dan nikmat saat dikunyah.

Umumnya, salmon mentah sudah cukup banyak diolah untuk menu makanan khas Jepang. Agar Anda dapat mendapatakan manfaat kandungan gizi maksimal yang ada pada salmon mentah, usahakan memilih daging ikan salmon yang masih segar dan potong dengan cara yang tepat.

Hal ini akan membuat rasa daging ikan salmon sedikit manis dan tidak amis.

2. Membakar ikan salmon

doktersehat-salmonTekstur daging ikan salmon yang mudah hancur sangat cocok untuk dibakar. Selain lebih cepat matang, daging ikan salmon menjadi lebih juicy.

Penggunaan minyak yang rendah pada metode ini juga membuat kandungan gizi, utamanya omega 3, pada salmon lebih terjaga.

Anda tidak perlu membakar daging ikan salmon terlalu lama, cukup 12-15 menit, tambahkan bumbu alami, minyak zaitun dan perasan jeruk nipis untuk olesan. Lalu Anda siap menyajikan daging ikan salmon bakar yang super lezat dan sehat ini!

3. Mengasap daging ikan salmon

Daging ikan salmon yang mudah hancur juga sangat cocok untuk metode masak asap. Sebelum memilih mengasap daging salmon, rendam daging salmon dalam air rendaman bumbu, setelah itu baru olah dengan metode masak asap.

Metode masak asap cukup ampuh untuk menjaga kandugan gizi yang ada pada ikan salmon, namun umumnya metode masak ini tidak dapat dengan mudah diolah sendiri, sehingga olahan salmon asap dapat lebih mudah diperoleh dengan cara membeli salmon yang telah khusus di asap atau membeli dalam kemasan.

4. Merebus daging ikan salmon

Selain metode masak di atas, merebus ikan salmon menjadi pilihan yang juga cukup sehat.

Akan tetapi, perhatikan bahwa air bekas rebusan daging ikan salmon juga harus Anda olah atau konsumsi sebagai kaldu, karena vitamin larut air yang ada pada ikan salmon ada pada air rebusannya.

Cara yang paling aman adalah dengan membuat sajian sup ikan salmon, Anda dapat menambahkan berbagai sayuran yang cocok, misalnya tomat, daun seledri dan daun bawang dalam jumlah banyak.

Sajian yang satu ini tentu super nikmat untuk menu makan malam, ya?

5. Salmon kalengan

doktersehat-makanan-kaleng-berpengawetSalmon dalam kaleng bukan berarti menjadi tidak sehat, ya. Kandungan gizi yang ada dalam salmon kaleng, terbukti lebih terjaga karena proses penyimpanan dan penjagaan kualitas gizi yang dapat dipertahankan dengan baik.

Untuk cara mengonsumsi yang sehat, Anda dapat menambahka daging salmon kalengan untuk isian roti lapis dan sayuran atau dikonsumsi dengan biskuit dan sayuran.

Agar manfaatnya lebih maksimal, jangan lupa utamakan memilih salmon dalam kaleng yang kandungan natriumnya rendah, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here