DokterSehat.Com– Merasa kenyang lebih lama, tentu menjadi keinginan banyak orang, apalagi bagi yang sedang menjalankan diet, ya.

Banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari memilih jenis makanan yang tepat hingga mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan.

Biasanya, untuk urusan pilihan makanan, jenis yang dipilih agar tubuh tetap kenyang adalah buah dan sayur, ya.

Hal ini memang benar adanya, buah dan sayur memiliki kandungan serat serta gula alami yang tinggi. Keduanya dapat memberikan asupan energi dan mempertahankan rasa kenyang dengan baik dalam tubuh.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa selain buah dan sayur, ada cukup banyak jenis makanan alami yang dapat kita konsumsi untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dalam tubuh.

Penasaran apa saja jenis bahan makanan alami, selain buah dan sayur, yang mampu memberikan rasa kenyang dalam tubuh? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Sup kaldu

doktersehat-tips-sup-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Chris

Sup kuah kaldu merupakan salah satu menu makanan alami yang super mengenyangkan. Hal ini disebabkan sup kuah memiliki volume cairan yang besar dan memiliki kandungan kalori yang cukup.

Baik sup dari kaldu hewani, dari daging atau tulang, maupun botani, dari bawang dan rempah, dapat jadi pilihan yang cukup mengenyangkan.

Tambahkan sedikit sayuran yang cukup mengenyangkan, misalnya parutan jagung, suwiran jamur atau asparagus.

Selain sebagai makanan pembuka yang mampu menahan nafsu makan, sup kaldu ini dapat jadi pilihan menu makanan utama maupun pendamping saat sedang diet.

Suatu studi dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa memilih menu sup dengan kuah saat makan dapat mengurangi asupan kalori hingga 100 kkal dalam satu kali makan.

2. Salmon

doktersehat-salmonMemilih lauk ikan ternyata dapat memberikan rasa kenyang yang lebih dalam dalam tubuh. Pilihan ikan yang tinggi lemak, misalnya salmon atau tuna, merupakan menu berprotein hewani yang tepat untuk membuat tubuh merasa lebih kenyang.

Kandungan lemak yang ada pada salmon adalah jenis lemak baik yang membuat tubuh dapat merasa kenyang lebih lama.

Hal ini tentu saja disebabkan lemak merupakan jenis zat gizi yang lambat cerna. Tidak perlu khawatir akan bahaya lemak dari ikan salmon, karena kandungan lemaknya tidak meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sajikan salmon dengan metode masak yang bebas lemak dan pilih menu pendamping yang tinggi serat, misanya brokoli atau asparagus.

3. Telur

Makanan yang satu ini tentu sudah sangat sering kita konsumsi, ya. Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa telur termasuk dalam salah satu jenis makanan yang super mengenyangkan. Mengapa dapat begitu?

Suatu studi dari Biomedical Research Center menyebutkan bahwa konsumsi telur mampu mengontrol hormon nafsu makan dalam otak sehingga mengonsumsi makanan secukupnya saja. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menekan nafsu makan yang berlebihan.

Selain itu, telur memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang cukup tinggi dalam tubuh.

Agar rasa kenyang yang dirasakan tubuh lebih maksimal, hindari menyajikan telur dengan metode yang banyak miyak, santan, atau bumbu kemasan, karena cenderung meningkatakan rasa lapar dalam tubuh.

4. Kacang kedelai

doktersehat bahaya kedelai
photo credit: Pexels

Berbagai jenis kacang-kacangan dapat jadi pilihan makanan yang super mengenyenyangkan karena banyak mengandung serat.

Salah satu jenis kacang yang banyak mengandung serat adalah kacang kedelai atau olahannya, misalnya tahu atau tempe.

Anda dapat menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan dalam menu makan utama, camilan, toping salad, roti, atau campuran dalam jus sayur dan buah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here