pria-perokok-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Merokok adalah sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Walaupun dapat dihentikan, tapi prosesnya cukup lama dan butuh usaha. Sebab, di dalam rokok sendiri terdapat senyawa yang sifatnya candu. Sehingga sangat sulit bagi seorang perokok aktif untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Jangankan untuk berhenti, bahkan untuk menguranginya saja terbilang sangat menyiksa diri.

Menurut data terkini, lebih dari 60 persen pria dewasa memiliki kebiasaan merokok. Hal itu juga diperkuat dengan menjamurnya produk-produk rokok terbaru yang terus bermunculan. Jadi, besar kemungkinan pasangan Anda adalah seorang perokok, bukan?

Jika benar demikian, tentu saja Anda tidak dapat melarangnya merokok. Apalagi, jika Anda meninggalkannya hanya karena urusan rokok. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di atas, berhenti merokok itu dapat dihentikan, asal butuh kesabaran yang ekstra.

Nah, ada baiknya sebelum Anda menikahi orang perokok, perhatikan dulu hal berikut ini agar dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Siapkan Fisik

Ketika calon suami Anda adalah seorang perokok aktif, maka mau tidak mau Anda akan menjadi perokok pasif yang setiap hari terkena kepulan asap setiap hari. Tentunya dengan mengetahui akibat dan risikonya, Anda harus memersiapkan fisik sebaik mungkin. Usahakan untuk perbanyak mengonsumsi air putih dan berolahraga agar terhindar dari efek negatif asap rokok tersebut.

2. Menjaga Pola Makan

Selanjutnya, Anda harus menjaga pola makan agar terhindar dari bahaya asap rokok yang mengepul setiap hari. Ada berbagai macam makanan yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, misalnya sayuran, ikan, daging, telur, buah, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar tubuh kebal terhadap ancaman dari senyawa kimia pada asap rokok.

3. Perbanyak Olahraga

Seperti diketahui, asap rokok dapat memberikan kerugian yang banyak bagi tubuh. Misalnya bagi kulit dan sistem pernapasan. Untuk itu, Anda harus rutin berolahraga jika selalu terkena asap rokok. Sebab, olahraga berfungsi untuk memperbaiki sirkulasi udara dan darah pada tubuh sehingga napas menjadi lancar kembali. Disarankan pula untuk berolahraga di pagi hari, sebab oksigen di pagi hari sangat melegakan pernapasan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here