doktesehat minum air putih yang banyak
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Olahraga merupakan sebuah aktivitas kebugaran yang akan menguras banyak energi dan cairan di dalam tubuh kita. Oleh karenanya, tak heran ketika setiap kali berolahraga, kita akan merasa lelah dan mengucurkan begitu banyak keringat.

Setelah berolahraga, biasanya kita akan merasakan lapar dan haus. Kalau lapar masih dapat ditahan, tapi menahan haus mungkin lebih sulit. Maka dari itu, biasanya kita akan memburu minuman-minuman segar untuk melepas dahaga. Umumnya, minuman yang kita cari adalah minuman dingin, benar demikian?

Hal itu memang sering kali menjadi pilihan yang paling tepat bagi kita. Sebab, minuman dingin dapat melegakan dahaga ketika selesai olahraga. Rasa puas akan muncul dan menciptakan kesegaran bagi tubuh, walau hanya sementara. Mengapa dikatakan sementara?

Kalau kita merasakan dan sedikit jeli, biasanya setelah minum minuman dingin usai olahraga, haus akan lebih cepat datang lagi. Rasa segar itu sifatnya sementara dan tidak berlangsung lama. Hal ini juga menjadi perdebatan panjang sehingga para pakar pun mengadakan penelitian lanjut tentang minuman yang baik dikonsumsi seusai olahraga.

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu bahwa minuman yang paling baik dikonsumsi setelah olahraga adalah air mineral, bukan minuman lain, apalagi yang berwarna dan memiliki rasa. Sebab, air mineral dapat mengembalikan komposisi cairan dalam tubuh secara efektif.

Terlepas dari air dingin atau hangat, sebenarnya tidak menjadi masalah yang terlalu signifikan. Hanya saja, banyak yang menganjurkan lebih baik mengonsumsi air hangat saja. Pasalnya, ketika mengonsumsi air dingin, kita hanya dapat mengonsumsinya sedikit karena terjadi pembengkakan otot serta pembuluh darah.

Namun, ketika mengonsumsi air hangat, tanpa sadar kita dapat meminumnya dalam jumlah banyak. Hal itu juga baik, karena cairan di dalam tubuh akan cepat tergantikan. Lantas, air hangat juga dapat menetralkan organ serta detak jantung yang kencang akibat olahraga. Begitu juga sebaliknya, air dingin justru membuat tubuh harus beradaptasi terlebih dahulu. Sebab, saat olahraga, suhu tubuh akan meningkat sehingga menjadikan beberapa organ panas dalam beberapa waktu.

Jadi, dapat dikatakan bahwa lebih baik mengonsumsi air hangat setelah olahraga. Kendati demikian, tidak dilarang pula mengonsumsi air dingin, namun harus air mineral bukan minuman lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here