Last Updated on

Banyak pakar onkologi konvensional bersikap kontra dengan pilihan pengobatan kanker alternatif. Mereka memandang cara menyembuhkan kanker alternatif ini bukan pilihan yang lebih baik, bahkan juga dianggap sebagai pilihan yang lebih tidak aman.

Fakta di lapangan memang membuktikan bahwa tidak selamanya terapi alternatif yang disediakan beberapa pakar kanker alternatif tidak 100% menjamin pasien akan sembuh dari kanker.  Tidak sedikit dari pengobatan alternatif kanker ini gagal mengatasi kanker.

Tetapi tentu saja kita perlu bicara objektif mengenai terapi kanker. Bahwa terapi konvensional juga tidak memberikan jaminan 100% keberhasilan. Bahkan sejumlah terapi konvensional justru menyisakan efek samping yang cukup berat bagi pasien.

Tentu di sini kita tidak dalam konteks untuk menyatakan bahwa terapi alternatif adalah pilihan yang lebih baik. Pilihan tetap berada di tangan pasien dengan segala pertimbangan yang matang.

Untuk membantu Anda melihat lebih dalam mengenai pengobatan alternatif. Kita akan mencoba membantu Anda melihat bagaimana sebenarnya pengobatan kanker alternatif.

Apa sebenarnya yang dapat dikategorikan sebagai pengobatan kanker alternatif? Dan apa yang membedakannya dari cara penyembuhan kanker konvensional? Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan cara menyembuhkan kanker alternatif ini gagal? Serta bagaimana seharusnya terapi dijalankan untuk meminimalisir potensi kegagalan?

Apa yang Dimaksud dengan Pengobatan Alternatif Kanker?

Ketika seorang pasien terdiagnosa mengidap kanker, pada umumnya pasien akan mendapatkan saran untuk menjalankan serangkaian pengobatan konvensional yang selama ini juga kita kenal sebagai terapi penyembuhan kanker.

Beberapa sudah tentu cukup familier bagi kita seperti kemoterapi dan radioterapi. Terapi dapat dijalankan tanpa melalui proses operasi dan pengangkatan jaringan, tetapi juga dapat dilakukan sebagai tindakan pasca operasi dan pengangkatan jaringan.

Sebenarnya, terlepas dari terapi konvensional dan potensinya sebagai cara menyembuhkan kanker, terdapat sejumlah terapi-terapi lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Terapi yang tidak “mainstream” ini yang kemudian kita kenal dengan istilah pengobatan kanker alternatif.

Selain dikatakan tidak “mainstream”, terapi penyembuhan kanker alternatif ini biasanya juga dikembangkan dalam skala yang belum luas dan kadang hanya dijalankan dalan lingkup kecil atau malah masih dalam area studi klinis. Meski tidak sedikit yang juga mulai diakui secara dunia sebagai pengobatan alternatif kanker.

Ini yang membedakannya dari terapi penyembuhan kanker konvensional. Cara konvensional sudah tentu sudah diakui secara internasional sebagai cara menyembuhkan kanker. Tidak hanya diakui tetapi juga sudah dipatenkan dan sudah diterima oleh organisasi-organisasi kesehatan.

Ilustrasi pengobatan alternatif kanker

Sumber: Shutterstock

Beberapa pilihan terapi pengobatan alternatif kanker yang banyak menjadi buah bibir dalam dunia onkologi antara lain adalah terapi oksigen, terapi imun, akupuntur terapi, terapi hipertermia, terapi herbal, terapi elektromagnetik dan lain sebagainya.

Menurut Cancer Research United Kingdom, pengobatan kanker alternatif sendiri dapat digunakan sebagai pelengkap dari terapi konvensional dan dimanfaatkan sebagai terapi tunggal.

Beberapa jenis termasuk kategori khusus yang relatif jarang dimanfaatkan sebagai terapi kanker kecuali dalam skala terbatas. Ini biasanya kategori pengobatan alternatif kanker yang masih dalam lingkup uji klinis dan terapi tidak konvensional yang sering kali diperdebatkan oleh kebanyakan pakar.

Namun sejumlah lain justru termasuk terapi alternatif medis. Artinya secara klinis sudah diakui dan diterima meski tidak diterapkan secara umum. Beberapa termasuk dalam terapi yang terintegrasi pada sejumlah pusat terapi kanker di dunia.

Sejumlah lain dikategorikan sebagai pengobatan tradisional yang mengedepankan metode terapi herbal dan metode-metode yang bersumber dari adiluhur pengobatan tradisional.

Kenapa Upaya Penyembuhan Kanker Alternatif Ini Gagal?

Tidak ada jaminan sepenuhnya bahwa terapi penyembuhan kanker akan menyembuhkan pasien dari kanker. Setiap  cara dan terapi yang dipilih pasien memiliki sisi hitam dan putih masing-masing, dengan potensi penyembuhan dan efek samping masing-masing.

Hal tersebut berlaku baik untuk cara menyembuhkan kanker secara konvensional maupun secara alternatif. Baik secara tradisional maupun secara modern. Itu sebabnya, bagaimanapun setiap pasien memiliki resiko untuk gagal baik dengan cara konvensional maupun alternatif.

Terlepas dari kemungkinan seorang pasien dapat gagal dari terapi penyembuhan kanker konvensional. Sejumlah fakta dilapangan memang menunjukan bagaimana pengobatan alternatif kanker juga dapat menyisakan resiko kegagalan.

Namun, secara umum ada alasan yang memungkinkan pasien untuk gagal mengatasi kanker dengan pengobatan alternatif kanker tersebut. Dan beberapa alasan yang memungkinkan terapi alternatif ini gagal antara lain adalah .

Tidak Memilih Terapi yang Tepat


Salah satu kesulitan ketika kita memutuskan untuk menjajal pengobatan kanker alternatif adalah bahwa kita harus lebih banyak belajar dari sebelumnya. Ide terapi konvensional memang memudahkan pasien, karena seluruh informasi dengan mudah Anda kumpulkan. Dan ini berbeda dibandingkan dengan pengobatan alternatif.

Tidak mudah menemukan informasi seksama dan terpercaya yang layak Anda jadikan acuan. Belum lagi tidak semua pihak akan mendukung langkah Anda, bahkan mungkin dokter onkologi Anda.

Sementara setiap jenis protokol atau metode yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan kanker alternatif memiliki sejumlah keterbatasan yang perlu Anda pahami sebelum Anda memulainya untuk tubuh Anda.

Seperti sejumlah terapi pengobatan alternatif kanker hanya dapat dijalankan dengan ketentuan dan klasifikasi kondisi pasien tertentu dan khusus saja. Atau hanya terbukti secara klinis efektif untuk tipe kanker tertentu dan belum dipahami efeknya untuk jenis kanker lain.

Selain itu, sejumlah pilihan pengobatan alternatif kanker hanya dapat bermanfaat sebatas sebagai komplimen atau sebagai pelengkap dari terapi konvensional atau terapi lain yang lebih dominan.

Dan sejumlah pengobatan kanker lain dapat bekerja sebagai terapi mandiri untuk penyembuhan kanker. Pasien perlu memahami perbedaan dari kedua terapi ini dan bagaimana menerapkannya pada tubuh pasien.

Beberapa keterbatasan dari setiap protokol pengobatan memang perlu dipahami sebelumnya untuk memastikan apakah protokol tersebut memang tepat untuk dipilih oleh pasien. Hanya saja, dengan keterbatasan data, memungkinkan pasien telah salah memilih jenis pengobatan kanker alternatif yang tepat.

Tidak Menjalankan Terapi dengan Tepat


Sebenarnya untuk menjalankan satu metode terapi alternatif diperlukan pemahaman bahwa satu terapi pada dasarnya harus dijalankan dengan perencanaan dan sistem yang tepat. Ini meliputi terapi utama, terapi pelengkap, perubahan pola makan dan diet hingga perubahan gaya hidup secara general.

Sejumlah terapi terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan dan perannya tidak dapat dipisahkan. Karena itu, kita tidak berada pada posisi dapat memilih komponen mana yang Anda ikuti dan mana yang tidak suka Anda ikuti.

Untuk pasien dapat sukses dengan terapi pengobatan kanker alternatif, diperlukan sebuah sistem yang saling mendukung. Pasien harus menjalankan serangkaian protokol dan diet yang mengedepankan detoksifikasi, pelemahan kanker serta diet yang rendah toksin dan tinggi anti oksidan.

Beberapa kanker juga berkaitan dengan kesehatan liver atau hati dan defisiensi sejumlah nutrisi. Dan karenanya sejumlah cara menyembuhkan kanker juga memberi fokus khusus pada perbaikan nutrisi dan revitalisasi hati.

Kegagalan dari pengobatan alternatif kanker dapat terjadi ketika Anda tidak menjalankan seluruh tahapan dan komponen dari terapi dengan sempurna. Karena setiap bagian berperan penting untuk keberhasilan penyembuhan kanker.

Terlambat Memulai Terapi


Pada dasarnya apapun pilihan terapi yang Anda gunakan sebagai cara menyembuhkan kanker, hanya akan memberi hasil yang optimal ketika kanker pada tubuh belum mencapai stadium yang serius. Semakin awal Anda memulai terapi, semakin efektif hasil yang dapat Anda harapkan. Ini berlaku baik untuk terapi penyembuhan kanker konvensional maupun alternatif.

Hanya saja, beberapa orang justru memulai terapi pengobatan kanker alternatif setelah sebelumnya gagal dengan terapi konvensional. Atau ketika stadium kanker sudah berada di tingkat yang sangat serius.

Pada kondisi demikian, sebenarnya memang perlu disadari sebelumnya potensi kesembuhan akan lebih kecil dari ketika kanker masih pada stadium awal. Bahkan hal serupa juga berlaku bila pasien menggunakan pengobatan konvensional seperti kemoterapi dan radiasi.

Beberapa pandangan yang cenderung pro pada pengobatan alternatif juga melihat adanya kemungkinan bahwa terapi konvensional akan menyebabkan kerusakan sel sehat lebih dominan dari terapi alternatif.

Sehingga ketika pasien yang sebelumnya telah gagal dengan pengobatan konvensional cenderung datang dan memulai pengobatan alternatif kanker dengan kondisi yang lebih berat. hambatan bagi pasien untuk dapat sembuh total akan lebih sulit.

Pandangan ini tidak sepenuhnya disetujui oleh kebanyakan pakar onkologi dunia. Karena anggapan sejumlah protokol pengobatan alternatif juga dipandang belum sepenuhnya teruji klinis untuk dijalankan sebagai terapi kanker.

Tidak Cukup Disiplin dengan Metode yang Dijalankan


Pengobatan kanker alternatif sudah tentu bukan sulap yang akan dengan sekejap mengenyahkan kanker dalam waktu singkat. Faktanya terapi alternatif akan menjadi cara menyembuhkan kanker yang panjang dan memerlukan ketekunan yang mungkin cukup melelahkan.

Anda harus disiplin dengan pola makan yang ketat dalam jangka berbulan-bulan. Belum lagi dengan sejumlah perubahan gaya hidup yang sedikit membuat ruang gerak Anda terbatas. Masih banyak lagi aturan ketat yang harus dijalankan selama terapi berjalan.

Rasa lelah dan jenuh yang muncul sering menjadi alasan utama kenapa seseorang gagal dengan penyembuhan kanker alternatif yang dijalankannya. Selain itu, pasien juga rentan mengalami kegagalan akibat tidak cukup disiplin untuk secara tekun menjalankan terapi selama beberapa bulan tanpa jarak.

Ini karena pada umumnya pengobatan kanker alternatif tidak bekerja serta merta mematikan sel kanker sebagaimana pada terapi konvensional. Tetapi mulai dengan membangun lingkungan yang sehat dulu, lalu membentuk serangan yang melemahkan sel kanker baru mendorong sel kanker mati dengan sendirinya.

Proses bertahap ini sebenarnya yang menjadikan pengobatan kanker alternatif ini cenderung memiliki efek samping lebih rendah. Tetapi juga akan memakan waktu lebih panjang untuk dapat sembuh dengan total.

Tidak Bertahan dengan Satu Metode Sampai Mencapai Hasil yang Baik


Masalah satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Bahwa pasien cenderung sulit untuk disiplin pada satu metode sampai menghasilkan progress yang sesuai harapan.

Beberapa pasien dengan cepat menilai bahwa terapi yang dipilih tidak cocok dengan tubuhnya. Mereka dengan cepat dan segera meninggalkan pengobatan yang telah dijalankan dan memulai terapi alternatif lain.

Menjadi kutu loncat dalam menjalankan terapi juga jelas bukan ide yang baik. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, untuk sebuah metode penyembuhan kanker berjalan dengan maksimal diperlukan jangka waktu yang tidak pendek.

Yang perlu Anda lakukan adalah memberi waktu bagi cara menyembuhkan kanker alternatif ini menunjukan kemampuannya. Pantau progress yang dihasilkan dengan baik untuk memastikan perkembangannya memang sesuai harapan.

Terburu-buru memutuskan bahwa terapi yang Anda pilih buruk dan dengan cepat berpindah ke metode lain tidak akan membantu Anda mengatasi kanker. dapat jadi ini justru meningkatkan resiko perkembangan kanker yang lebih masif.

Harap Anda pahami bahwa sel kanker adalah jenis sel yang memiliki daya adaptasi yang sangat baik. Bukan tidak mungkin sel kanker justru membentuk sistem pertahanan baru ketika Anda meninggalkan satu metode pengobatan terlalu awal dan akhirnya kanker semakin sulit diatasi.

Menjalankan Cara Menyembuhkan Kanker Alternatif yang Optimal

Lalu bagaimana seharusnya cara tepat untuk menjalankan terapi pengobatan kanker alternatif dengan tepat? Bagaimana memastikan metode penyembuhan kanker alternatif yang Anda jalankan akan menghasilkan progress yang optimal?

Setiap metode cara menyembuhkan kanker akan bekerja dengan tahapan dan komponen masing-masing. Tetapi secara umum ada sejumlah kesamaan dan benang merah yang dapat ditarik dari tiap metode. Dari sana dapat disimpulkan, setidaknya untuk berhasil dengan terapi yang Anda jalankan, Anda perlu mulai dengan beberapa langkah umum sebagai berikut.

  • Mulai dengan Pola Hidup Bebas Toksin

    Pada dasarnya kanker terbentuk dari proses kerusakan sel yang berasal dari efek toksin, karsinogenik, mutagenik dengan kondisi tubuh yang tidak ternutrisi dengan baik.

    Karenanya untuk penyembuhan kanker, hal paling utama yang perlu Anda pastikan adalah merubah gaya hidup Anda untuk menjauh dari segala sumber toksin, unsur karsinogen dan unsur mutagenik.

    Mulai dengan pola makan yang lebih organik, hindari asupan makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan olahan yang memiliki kadar karsinogen tinggi seperti makanan yang dipanggang atau digoreng dalam panas tinggi. Hindari pemanis dan pewarna buatan yang dikhawatirkan memberi efek mutagenik.

    Selain itu minimalisir gambaran unsur-unsur karsinogen pada tubuh dengan seoptimal mungkin. Seperti dengan memperhatikan material dari perawatan kulit Anda dan memilih lingkungan yang bebas polusi.

  • Pola Konsumsi yang Lebih Sehat

    Pola konsumsi yang sehat adalah bagian penting yang mendukung dan menyempurnakan setiap metode pengobatan kanker. Karena terbukti kanker dapat tumbuh subur pada tubuh yang tidak ternutrisi dengan baik.

    Jadi atur pola makan Anda, bukan hanya bebas unsur toksin dan karsinogenik, tetapi juga kaya nutrisi dan mengandung unsur anti oksidan yang tinggi. Ini akan sangat membantu meningkatkan kondisi tubuh dan membantu membentuk perlawanan alami mengatasi kanker.

    Beberapa asupan makanan memiliki kemampuan anti kanker yang kuat. Beberapa jenis makanan ini harus masuk dalam menu harian Anda. Pastikan pula tubuh Anda tersuplai vitamin dan mineral dengan sangat tinggi, karena sebagian komponen vitamin dan mineral ini sangat baik dalam meningkatkan pertahanan tubuh melawan kanker.

  • Perhatikan Kebersihan Organ Hati

    Menurut Comprehensive Cancer Centers, hati yang sehat adalah satu kunci penting pencegahan kanker. Tetapi sebenarnya lebih dari itu, hati yang sehat juga akan membantu mempercepat penyembuhan kanker.

    Hati adalah organ penting yang bekerja sebagai filterisasi dan detoksifikasi alami tubuh. Ketika hati dapat bekerja optimal, sebenarnya kadar toksin dan karsinogenik dalam tubuh juga otomatis akan menurun drastis.

    Karenanya untuk memastikan pengobatan kanker alternatif yang Anda jalankan berhasil, pastikan pula bahwa Anda sudah memberi lebih banyak perhatian pada kesehatan hati.

    Mulai dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, protein dan lemak dari ikan-ikanan dan mengatur ulang asupan gula dan karbohidrat.

    Coba fokus untuk mengonsumsi buah berwarna kuat seperti berry, buah dengan kandungan sitrus seperti jeruk. Juga mulai jalankan olahraga dengan teratur untuk mengatur sirkulasi darah Anda kembali sehat.

  • Tambahkan Aktivitas Pagi di Luar Ruangan

    Vitamin D adalah bagian penting dari pencegahan kanker dan penyembuhan kanker. Sebagaimana dijelaskan oleh Biochemistry Journal tahun 2012. Dan ketika bicara soal cara menyembuhkan kanker, kita sudah jelas tidak boleh melewatkan soal vitamin 1 ini.

    Pasien harus memastikan mendapat cukup asupan vitamin D. Anda memang dapat memperoleh asupan vitamin D dari suplemen, tetapi asupan dari sumber alami akan jauh lebih efektif. Karenanya meski Anda sudah mengonsumsi suplemen vitamin D, tetap Anda akan disarankan melaksanakan aktivitas luar ruangan di pagi hari.

    gambaran sinar matahari pagi akan sangat baik mendorong tubuh membentuk vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Selain, aktivitas fisik luar ruangan akan membantu tubuh Anda terasa lebih bugar. Olahraga pagi juga baik untuk memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh Anda dan membantu memulihkan kekuatan otot-otot tubuh selama masa terapi.

  • Kendalikan Stress

    Mengidap kanker bagaimanapun memberi efek tekanan emosional yang berat bagi pasien. Belum lagi masa perawatan yang sering kali menyiksa, membatasi dan kadang menyakitkan. Ini rentan sekali menyebabkan pasien stress.

    Padahal, stress adalah salah satu unsur karsinogen yang dapat memicu munculnya sel kanker. Bahkan stress dapat memicu peningkatan resiko metastasis kanker atau persebaran kanker pada organ lain. Hal ini dijelaskan dalam Future Oncology tahun 2010.

    Ilustrasi cara menyembuhkan kanker

    Sumber: premier health

    Karenanya untuk memastikan apapun metode pengobatan alternatif kanker yang Anda jalankan berhasil, maka perlu Anda pastikan Anda dapat mengendalikan stress yang dialami. Coba untuk menjalankan beberapa metode relaksasi seperti yoga untuk membantu Anda menenangkan diri.

    Beberapa pakar onkologi juga menambahkan bahwa upaya untuk meningkatkan aktivitas ibadah dan pendekatan pada Tuhan juga akan memberi efek positf bagi pasien dalam mengendalikan emosi dan stress.

Catatan Penting tentang Upaya Penyembuhan Kanker Alternatif

Tidak mudah memutuskan untuk memilih pengobatan alternatif kanker bagi pasien. Sejumlah pakar onkologi sendiri masih dalam perdebatan ketika bicara soal pengobatan alternatif macam ini.

Meski sejumlah metode, herbal dan protokol menunjukan potensi yang menjanjikan, masih banyak pakar onkologi melihat potensi ini belum cukup kuat untuk menjadikannya sebagai pilihan terbaik dibandingkan terapi konvensional. Masih diperlukan studi lebih mendalam untuk memastikan tingkat keberhasilan dan resiko dari tiap metode.

Beberapa pilihan dianggap hanya efektif untuk menghindari dan memperlambat pertumbuhan kanker, tetapi tidak mengatasi kanker. Beberapa pilihan dipandang bekerja dengan terlalu lambat untuk dibandingkan dengan agresifitas dari kanker. Sehingga tidak cukup cepat untuk membunuh sel kanker.

Sedang sisa dari pilihan penyembuhan kanker alternatif yang ada hanya dianggap  efektif untuk menurunkan intensitas keluhan dari pertumbuhan kanker serta efek terapi. Tetapi bukan untuk mengatasi kanker.

Pilihan berada di tangan Anda sebenarnya, karena pada dasarnya setiap metode pengobatan kanker alternatif maupun metode penyembuhan kanker konvensional memiliki potensi dan resiko masing-masing.

Pahami setiap cara menyembuhkan kanker juga memiliki tingkat kegagalan yang perlu diperhatikan. Tidak ada satupun metode dengan tingkat keberhasilan 100%. Pahami juga setiap pengobatan alternatif kanker dapat pula bereaksi dengan berbeda untuk setiap kondisi. Ini membantu Anda memilih dengan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here