Akupuntur atau akupunktur merupakan salah satu metode pengobatan tradisional dari Tiongkok yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Terapi akupuntur dilakukan dengan cara menusukkan jarum-jarum ke titik-tikik tertentu pada bagian tubuh dengan tujuan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Lalu apa saja manfaat akupuntur untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat akupuntur
via thenutritionreporter.com

Cara Kerja Akupuntur

Akupuntur dilakukan atas dasar kepercayaan Tiongkok yang menyebutkan bahwa adanya energi dalam tubuh manusia, yang disebut dengan Qi atau Chi. Energi ini beredar dalam tubuh manusia dari atas hingga bawah dan mengalir melalui jalur yang disebut garis meridian.

Meridian ini menghubungkan tiap organ tubuh Anda. Oleh karena itu, ketika aliran energi ini terganggu oleh cedera atau penyakit, ia akan menimbulkan rasa sakit. Melalui teknik penusukan di titik-titik tubuh tertentu, akupuntur bermanfaat untuk kembali melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.


Titik Akupuntur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tubuh manusia akan sehat apabila arus energi yang melalui meridian dapat mengalir secara lancar tanpa gangguan apapun. Pada bagian tertentu pada meridian terdapat pusat kontrol yang mengatur arus energi untuk suatu bagian tubuh atau organ tertentu. Titik tersebutlah yang dikenal sebagai titik akupuntur.


Manfaat Akupuntur

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan melalui terapi akupuntur:

1. Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

Gangguan sulit tidur, disebut juga tidak bisa tidur merupakan masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat stres atau genetik. Pada kasus ini, terdapat penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur seperti tidak bisa tidur ini.

2. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang hanya terasa di satu sisi kepala saja. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami rasa sakit yang dibarengi dengan rasa berkunang-kunang, hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda. Akupunktur dapat menjadi pengobatan alternatif yang tepat untuk mengatasi migrain yang Anda alami.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa terapi akupuntur dapat meningkatkan kesuburan pria. kegunaan akupuntur ini dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan menurunkan akibat kelainan struktural yang menyebabkan pria tidak subur. Disamping hal tersebut, perawatan yang dilakukan pengan pengobatan tradisional ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti menurunkan gairah seksual pria.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terapi akupunktur ternyata sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal yang perlu Anda lakukan teknik akupuntur pada titik atau bagian tubuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi untuk membuat jantung menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan saat jantung sedang berkontraksi ataupun relaksasi.

5. Membantu Mengatasi Obesitas

Penelitian telah membuktikan bahwa akupuntur dapat membantu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Titik akupuntur yang ditusuk jarum dapat membantu menekan nafsu makan dan mempengaruhi metabolisme. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal pastikan untuk dibarengi dengan memperketat menu diet dan olahraga teratur.

Baca juga:

6. menghindari Penuaan Dini

Terapi akupuntur juga disebut dapat membantu Anda dalam menghindari penuaan dengan cara membantu memperbaiki elastisitas wajah. Terapi ini dikenal dengan istilah akupunktur kosmetik. Meskipun begitu, efektivitas akupuntur di bidang kecantikan masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

7. Meredakan Nyeri Kronis

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh Memorial Sloan-Kettering Department of Epidemiology and Biostatistics menyatakan bahwa akupuntur dapat meredakan rasa sakit kronis otot punggung dan leher, sakit kepala kronis, dan osteoarthritis (pengapuran sendi).

8. Menunda Penurunan Fungsi Kognitif

Beberapa penelitian awal telah menunjukkan data baru mengenai manfaat akupuntur pada penderita Parkinson. Studi menunjukkan bahwa pengobatan ini dapat meringankan gejala penurunan fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia, terutama yang dipengaruhi oleh penyakit Parkinson.

9. Meningkatkan Pemulihan Pasca Perawatan Kanker

Menurut National Cancer Institute, beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat akupuntur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker. Sebuah uji coba acak juga menemukan bahwa pengobatan akupuntur dapat meningkatkan jumlah trombosit, kekebalan, dan menghindari penurunan sel-sel sehat yang terjadi setelah kemoterapi, jika dibandingkan dengan yang tidak melangsungkan terapi akupuntur.

10. Meningkatkan Pemulihan Pasca Stroke

Akupuntur dapat dilakukan sebagai pengobatan tambahan setelah stroke. Dimana terapi ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman akibat stroke. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, lakukan terapi akupuntur yang ditambah dengan fisioterapi.

Artikel terkait pengobatan tradisional: Manfaat Terapi Bekam


Efek Samping Akupuntur

Pada dasarnya terapi akupuntur yang dilakukan oleh dokter spesialis akupuntur atau pakar tusuk jarum bersertifikat tidak akan menimbulkan akibat negatif. Hanya saja terdapat beberapa kemungkinan efek samping yang dapat terjadi pada tubuh Anda. Misalnya saja seperti:

  • Perubahan Selera Makan
  • Infeksi
  • Cedera Organ Internal
  • Rasa Sakit Ataupun Perdarahan Kecil

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat akupunktur untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Sarang Walet atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan

10 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Judul Artikel

10 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

pelukisan

Manfaat akupuntur untuk kesehatan yaitu mengatasi tidak bisa tidur dan migrain, meningkatkan kesuburan pria, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengatasi obesitas, menghindari penuaan dini, meredakan nyeri kronis, menunda penurunan fungsi kognitif, serta mempercepat pemulihan pasca perawatan kanker dan stroke

Penulis

kegunaan Sehat

Penerbit

kegunaan Sehat

Logo Penerbit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here