alergi-gatal-ruam-doktersehat

DokterSehat.Com– Seorang wanita dari Inggris bernama Maxine Jones terpaksa hanya mandi dua kali dalam setahun karena terkena penyakit langka bernama urticarial aquagenic. Akibat penyakit ini, perawat yang berasal dari Ecclesfield, South Yorkshire ini mengalami kondisi kulit yang sangat sensitif dengan air.

Dilansir dari Daily Mail, wanita berusia 52 tahun yang berprofesi sebagai perawat ini mengaku sangat khawatir saat hujan tiba sehingga memilih untuk tidak keluar rumah. Maxine juga sampai menggunakan sarung tangan saat menyikat gigi atau membuat teh.

“Jika sampai menyentuh air, aku akan mengalami rasa sakit yang sangat mengerikan. Rasanya seperti sampai menghancurkan tulang dan kemudian memicu gatal-gatal yang luar biasa,” ungkap Maxine.

Maxine mulai merasakan gejala penyakit ini pada delapan tahun yang lalu. Meski sudah berkali-kali memeriksakan diri, dokter sempat kebingungan dengan kondisinya. Setelah satu tahun mencari pengobatan, barulah diketahui apa penyebab dari masalah kesehatan yang menimpanya.

Akibat kondisi ini Maxine hanya akan mandi dua kali dalam setahun. Setiap kali mandi, ia harus mendapatkan steroid takaran tinggi demi mengatasi gatal-gatal dan ruam parah karena menyentuh air. Hampir semua bagian tubuhnya kecuali mata, mulut, dan hidung dapat mengalami gejala alergi yang sangat parah.

Maxine telah menjalani berbagai macam perawatan, termasuk menjalani kemoterapi. Sayangnya, berbagai upayanya ini masih belum membuahkan hasil. Kini, ia pun mulai belajar untuk menerima kondisi mengerikan ini.

Sebagai informasi, urticarial aquagenic hanya diderita 1 dari 230 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini sayangnya belum ditemukan obatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here