DokterSehat.Com– Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan hasil yang cukup mengenaskan dari kasus stroke yang ada di Indonesia. Penyakit yang menyebabkan kematian dan cacat permanen nomor tiga di Indonesia ini mengalami kenaikan prevalensi. Jika pada data Riskesdas 2007 prevalensinya hanya 8,3 persen per seribu penduduk, pada data Riskesdas 2013 naik menjadi 12,1 persen untuk setiap seribu penduduk.

Melihat adanya fakta ini, Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Untung Suseno saat menghadiri Asia Pasific Stroke Conference 2018 pun menyarankan masyarakat Indonesia untuk mulai mengubah gaya hidupnya demi menghindari kedatangan stroke.

“Ubah pola makan, khususnya dalam hal mengurangi makanan yang kaya lemak. Sering-seringlah mengonsumsi sayuran dan buah. Rajin-rajinlah berolahraga jika memiliki akibat terkena stroke, hipertensi, dan diabetes. Selain itu, pastikan untuk rajin melangsungkan pengecekan kesehatan secara berkala ke dokter,” pesan Untung.

Untung juga mengungkap informasi tentang terapi baru bagi penderita stroke. Terapi ini memiliki nama trombolisis dan diklaim mampu mengatasi stroke dengan efektif dan menyelamatkan penderitanya. Sebagai informasi, waktu proses penyelamatan penderita stroke yang di dalam dunia medis disebut sebagai golden period hanyalah 4,5 jam setelah terkena serangan stroke dan dimasukkan ke rumah sakit. Dengan menggunakan terapi ini. Diharapkan penderita stroke dapat sembuh hanya dalam waktu 2-3 hari saja.

“Biasanya stroke identik dengan akibat seperti lumpuh dan menyusahkan keluarga. Kini ada terapi trombolisis di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dan dapat membantu menyelamatkan penderita stroke, Terapi ini sudah dimasukkan oleh BPJS juga,” jelas Untung.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria

– Memperingati HUT PMI ke 73 –

aksi-sehat-ceria-donor-darah-jakarta-kompetisi-blogging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here