sirup_manis_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/blumenbiene

DokterSehat.Com– Sirup adalah salah satu bahan minuman yang hampir selalu dapat ditemukan di dalam rumah adalah sirup. Sirup akan dibuat saat suhu udara sangat panas atau saat ada tamu yang bertandang. Minuman ini memiliki rasa yang manis, bahkan disebut-sebut lebih manis dari susu kental manis. Sebenarnya, seberapa banyak kandungan gula yang ada di dalam sirup.

Survei Konsumsi Makanan Individu Kementerian Kesehatan RI yang dilakukan pada tahun 2014 silam menunjukkan bahwa terdapat 5 produk yang sering kita konsumsi sehari-hari yang memiliki nilai gula paling tinggi. Dalam survey yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of the Indonesian Nutrition Association ini, dihasilkan fakta bahwa jelly atau gelatin sebagai produk dengan kandungan gula tertinggi yang kita konsumsi setiap hari, yakni mencapai 19 gram per kapita.

Sementara itu, di posisi kedua terdapat sirup yang dikonsumsi kandungan gulanya sampai 18,5 gram per kapita per hari. Di posisi berikutnya ada madu, selai, dan cokelat. Secara mengejutkan, tidak ada susu kental manis di dalam daftar ini. Padahal, banyak orang yang masih mengonsumsi susu kental manis setiap hari.

Selain gula alami yang dapat kita temui dalam buah-buahan, kita juga mengenal gula tambahan yang dapat berupa gula pasir atau sukrosa atau jenis-jenis lainnya. Yang menjadi masalah adalah, jika kita mengonsumsi gula terlalu banyak dalam sehari, maka akibat untuk mengalami kenaikan berat badan, obesitas, hingga diabetes tentu meningkat.

WHO sudah menyarankan kita untuk membatasi asupan konsumsi gula maksimal 25 gram dalam sehari. Gula ini bukanlah hanya gula pasir yang kita tambahkan pada minuman, melainkan juga yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi seperti kue atau roti.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria

– Memperingati HUT PMI ke 73 –

aksi-sehat-ceria-donor-darah-jakarta-kompetisi-blogging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here