akibat-kurang-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari. Tak hanya karena faktor kerja shift malam, banyak orang yang kurang tidur gara-gara terlalu asyik bermain gadget, hobi begadang demi menonton acara televisi kesayangan, atau bahkan mengobrol bersama dengan teman-teman. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan kurang tidur ini ternyata dapat berimbas pada datangnya diabetes tipe 2.

Diabetes.co.uk pada Senin, 10 September 2018 lalu menulis tentang sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang yang menghasilkan fakta bahwa kurang tidur akan berpengaruh besar bagi kesehatan hati. Jika kondisi kurang tidur ini terus terjadi dalam waktu yang lama, maka kadar gula darah akan melonjak dengan signifikan dan akhirnya menyebabkan diabtes tipe 2.

Dalam penelitian yang dilakukan di Toho University Graduate School of Medicine ini, disebutkan bahwa kurang tidur mampu memicu intoleransi glukosa. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi tikus percobaan yang dikondisikan agar mengalami kurang tidur namun sering mengonsumsi makanan tinggi kalori dan gula. Hasilnya adalah, kadar gula darah kelompok tikus yang mengalami kurang tidur cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidur cukup.

Meski hanya kurang tidur selama satu malam saja, terjadi perubahan proses produksi enzim yang berperan dalam sistem metabolisme hati. Hal ini berarti, selain menyebabkan diabetes, kebiasaan kurang tidur dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.

Menurut penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam American Journal of Phsyiology-Endocrinology and Metabolisme ini menyarankan kita untuk tidur dengan waktu yang cukup setiap malam. Untuk mendapatkannya, ada baiknya kita memastikan kebersihan dan kenyamanan tempat tidur. Selain itu, pastikan kondisi kamar tidur cukup redup, tidak bising, dan memiliki suhu udara yang nyaman.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria

– Memperingati HUT PMI ke 73 –

aksi-sehat-ceria-donor-darah-jakarta-kompetisi-blogging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here