avril-doktersehat
Photo Source: Flickr/Rays Renegade

DokterSehat.Com– Salah satu penyanyi wanita paling sukses dari Kanada, Avril Lavigne, seperti menghilang dari dunia hiburan dalam beberapa tahun terakhir. Yang tidak disangka adalah, Avril ternyata sedang berjuang melawan penyakit berbahaya bernama Lyme. Seperti apakah penyakit ini?

Kondisi Avril terungkap setelah sang penyanyi menulis surat di situs resminya. Meski mengaku sedang bersiap untuk meluncurkan album baru, Avril juga mengungkapkan perjuangannya melawan penyakit Lyme yang sudah dideritanya dalam lima tahun belakangan.

Sebagai informasi, penyakit Lyme disebabkan oleh gigitan serangga. Sebenarnya, bukan serangga yang menjadi penyebab datangnya penyakit ini, melainkan bakteri borrelia yang dapat ditemukan pada kutu yang sayangnya dapat saja menggigit manusia.

Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika perkumpulan (CDC) menyebut penyakit ini menyerang 300 ribu orang setiap tahunnya. Bahkan, penyakit Lyme dialami oleh 82 persen pasien yang mengalami masalah yang terkait dengan bakteri dalam kurun waktu 2004-2016.

Menurut pakar kesehatan, mereka yang tinggal dekat dengan hutan atau hidup dengan hewan peliharaan yang jarang dibersihkan cenderung lebih rentan untuk terkena penyakit Lyme. Jika sampai tergigit kutu yang sudah mengandung bakteri borrelia, maka bakteri ini akan segera memicu gejala seperti nyeri otot, demam tinggi, sakit kepala, hingga rasa lelah dengan berlebihan. Selain itu, gejala lain dari penyakit ini adalah ruam-ruam pada kulit dengan bentuk mirip dengan peluru.

Yang menjadi masalah adalah, jika dibiarkan, Lyme dapat memicu komplikasi serius seperti peradangan otak, masalah jantung seperti denyut jantung yang tidak teratur, hingga gangguan mental.

– Memperingati HUT PMI ke 73 –

aksi-sehat-ceria-donor-darah-jakarta-kompetisi-blogging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here