kebiasaan-sebelum-tidur-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kita tentu sudah sering melihat saran dari pakar kesehatan yang meminta kita untuk tidak tidur setelah makan. Tak hanya membuat berat badan naik, hal ini juga dapat memicu gangguan pada pencernaan.

Sebenarnya, tak hanya kebiasaan tidur setelah makan, posisi tidur kita ternyata juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai informasi, saluran pencernaan yang terdiri dari kerongkongan, lambung, usus, dan berbagai organ lainnya akan berfungsi dengan baik saat kita berada dalam posisi duduk. Memang, posisi berdiri juga dapat membuat sistem pencernaan berfungsi, namun fungsinya tidak akan semaksimal jika kita duduk.

Tanpa kita sadari, saat kita tidur, pencernaan masih berfungsi meskipun tidak seaktif saat kita baru saja makan. Jika kita mengalami gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung tinggi, maka kebiasaan tidur dengan posisi yang tidak tepat dapat menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini. Sebagai informasi, asam lambung tinggi akan membuat asam lambung memasuki kerongkongan atau bahkan mulut sehingga memicu sensasi tidak nyaman dan terbakar pada perut, dada, dan ulu hati.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa posisi tidur yang tidak disarankan adalah dengan tidur telentan tanpa bantal atau tidur dengan menghadap ke posisi kanan karena dianggap dapat menjadi penyebab datangnya masalah asam lambung.

Jika kita baru saja mengonsumsi makanan dengan porsi besar, memiliki rasa pedas, berlemak, dan bersantan beberapa saat lalu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengganjal kepala dengan bantal dengan ketinggian sekitar 15-20 cm. Jika perlu, kita juga dapat menyandarkan kepala ke bagian sandaran kepala kasur yang dapat membantu menghindari datangnya kenaikan asam lambung.

Posisi tidur menyamping ke kiri juga sangat direkomendasikan. Menurut penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Clinical Gastroenterology, disebutkan bahwa posisi tidur ini adalah yang paling baik bagi pencernaan. Hal ini membuat posisi asam lambung tidak akan mudah memasuki bagian kerongkongan.

Jika kita ingin tidur menyamping ke kiri, ada baiknya kita juga mengganjal punggung dengan guling atau bantal sehingga kita pun tidak akan mudah berganti-ganti posisi tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here