Khawatir saat akan bepergian karena sering mual ketika di perjalanan? Itu berarti Anda memiliki suatu kondisi bernama “mabuk perjalanan”. Jangan takut, ada beragam cara mengatasi mabuk perjalanan dan langkah pencegahan atau cara agar tidak mabuk perjalanan. Bahkan ketika sudah mual pun Anda dapat segera lakukan cara menghilangkan mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan, atau bahasa Inggrisnya “motion sickness”, adalah perasaan yang dialami ketika gerakan yang dirasakan oleh telinga bagian dalam berbeda dengan gerakan yang Anda lihat dengan mata. Ini adalah kondisi umum yang dialami oleh beberapa orang yang bepergian dengan mobil, kereta, pesawat, atau kapal.

Apa Penyebab Mabuk Perjalanan?

Mabuk perjalanan disebabkan oleh percampuran sinyal-sinyal yang dikirimkan ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam (canalis semisirkularis). Jika Anda tidak dapat melihat gerakan yang dirasakan oleh tubuh, atau sebaliknya, jika Anda tidak dapat merasakan gerakan yang dilihat oleh mata, maka kemungkinan otak akan mendapatkan sinyal-sinyal yang bercampuran. Hal tersebut membuat Anda mengalami sejumlah gejala mabuk perjalanan.

Apa Saja Gejala Mabuk Perjalanan?

Mabuk perjalanan biasanya dimulai dengan gejala-gejala seperti perasaan gelisah lalu diikuti dengan keringat dingin dan pusing. Beberapa orang mungkin akan menunjukkan kulit pucat dan produksi air liurnya meningkat, disertai dengan sakit kepala dan perasaan lelah. Gejala mual dan muntah biasanya terjadi setelah gejala-gejala awal tadi.

Gejala-gejala di atas dapat dialami ketika Anda bepergian dengan mobil, pesawat, kereta, perahu, atau kapal. Anda bahkan dapat mengalaminya saat bermain video game, simulator penerbangan, atau melihat melalui mikroskop. Pada kasus-kasus itu, penyebabnya adalah karena mata Anda melihat pergerakan tetapi tubuh Anda tidak merasakannya.

Siapa yang Riskan Mengalami Mabuk Perjalanan?

Yang lebih riskan mengalami mabuk perjalanan ialah wanita hamil, anak-anak usia 5 – 12 tahun, dan orang-orang tua. Tetapi sebenarnya semua orang dapat saja mengalami mabuk perjalanan ketika sedang bepergian. Bagi orang-orang yang bepergian dengan kapal, mereka dapat merasakan mabuk laut yang merupakan salah satu jenis mabuk perjalanan.

Faktor-faktor lain yang membuat seseorang riskan mengalami mabuk perjalanan yaitu rasa takut atau cemasnya saat akan bepergian, caranya dia bepergian, jendela yang buruk di kendaraan, dan ketidakmampuannya untuk melihat keluar melalui jendela untuk membantu menyelaraskan sinyal ke otak yang dikirim oleh mata dan telinga bagian dalam.

Bagaimana Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan?

Kalau Anda selalu khawatir saat akan bepergian dengan mobil, kereta, atau kapal karena sering mual, tenang saja. Bukan hanya ada cara agar tidak mabuk perjalanan, Anda pun dapat melangsungkan cara menghilangkan mabuk perjalanan agar tidak kambuh lagi.

Memang, Anda dapat minum obat-obatan sebagai cara mengatasi mabuk perjalanan. Tetapi jika Anda ingin benar-benar menghilangkan masalah motion sickness ini, cobalah upayakan langkah-langkah berikut.

Kendalikan Situasinya

Kalau bukan Anda yang mengendarai mobil, biasanya Anda lebih riskan mengalami motion sickness. Pengendara kurang rentan mengalami mabuk perjalanan daripada penumpang, kemungkinan karena otaknya menggunakan perintah motoriknya untuk mengendalikan mobil dan dapat memprediksi gerakannya.

menyetir, cara agar tidak mabuk perjalanan

Credit: Shutterstock/Mohamedsamy2009

Dengan menjadi pengendara mobil, itu merupakan cara menghilangkan mabuk perjalanan. Tapi kalau Anda tidak dapat menyetir, sebaiknya duduklah di kursi depan dan lihatlah ke arah langit. Hal itu dapat memberikan rasa kendali yang lebih besar daripada duduk di kursi belakang.

Jika Anda terpaksa duduk di belakang, berupayalah mengobrol untuk mengalihkan perhatian Anda pada perjalanan. Bukalah jendela untuk mendapatkan udara segar dan jangan membaca apapun selama perjalanan.

Kurangi Makan

Perhatikan apa yang Anda makan dan minum sebelum dan selama perjalanan. Sebagai cara agar tidak mabuk perjalanan, hindarilah alkohol berlebih, merokok, dan makanan atau minuman yang tidak cocok dengan Anda atau yang membuat Anda merasa sangat kenyang.

Makanan yang berbau kuat, atau yang bikin kenyang, pedas, atau mengandung banyak lemak dapat memperburuk gejala mual atau motion sickness bagi beberapa orang.

Pilih Posisi Terbaik

Berupayalah memilih tempat duduk yang paling sedikit pergerakannya. Pada pesawat, bagian tengah pesawat di samping sayap adalah area paling tenang. Pada kapal laut, orang-orang yang berada di kabin tingkat bawah dekat bagian tengah kapal umumnya mengalami lebih sedikit pergerakan daripada penumpang di kabin yang lebih tinggi atau di luar.

Selain itu, cara agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan menghindari penumpang-penumpang lain yang juga mengalami motion sickness. Mendengar orang lain bicara tentang mabuk perjalnaan atau melihat orang lain mengalaminya kadang dapat membuat Anda merasa mual juga.

Selaraskan Sinyal Sensorik Anda

Cara mengatasi mabuk perjalanan selama di mobil yaitu dengan berbaring untuk membantu menyelaraskan sistem sensorik Anda. Selama di kereta, duduklah dengan posisi menghadap ke depan sehingga mata menyampaikan sinyal gerakan yang sama seperti yang dikirimkan oleh telinga bagian dalam.

Di samping itu, ketika bepergian dengan mobil atau perahu, akan membantu jika Anda fokus melihat pada langit atau pada suatu titik yang tetap. Semakin baik Anda menyelaraskan sinyal sensorik, maka semakin kecil kemungkinannya untuk mual.

Bicara dengan Diri Sendiri

Anda dapat meyakinkan diri sendiri untuk tidak menjadi mual. Sebuah penelitian menemukan bahwa “verbal placebo”—cukup dengan mengatakan kepada para pelaut bahwa mereka tidak akan mabuk laut—sudah efektif untuk cara menghilangkan mabuk perjalanan. Penelitian itu dibahas dalam jurnal berjudul “Seasickness as A Self-fulfilling Prophecy: Raising Self-Efficacy to Boost Performance at Sea.”

Tanamkan dalam pikiran sendiri sebelum bepergian dengan tegas mengatakan, “Saya tidak akan mual selama perjalanan ini,” atau gunakan cara-cara lain untuk meyakinkan diri sendiri. Anda juga dapat mempelajari teknik pernapasan untuk membantu cara mengatasi mabuk perjalanan ini.

Kurangi Kepekaan Anda

Terapi desentisasi (mengurangi kepekaan) dapat berguna untuk cara agar tidak mabuk perjalanan. Caranya yaitu dengan sengaja melangsungkan sedikit kegiatan-kegiatan yang menimbulkan gejala motion sickness, lalu secara perlahan tingkatkan kegiatan-kegiatan itu.

Jika Anda merasa mual ketika membaca di kendaraan yang bergerak, cobalah membaca selama 5 menit lalu berhenti. Ulangi membaca selama 5 menit beberapa kali, kemudian tingkatkan menjadi 10 menit. Seraya waktu, tubuh akan mulai terbiasa dengan kegiatan ini.

Manfaatkan Jahe

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan jahe merupakan cara agar tidak mabuk perjalanan yang efektif. Cobalah minum teh jahe sekitar setengah jam sebelum bepergian.

cara menghilangkan mabuk perjalanan dengan teh jahe

Credit: Fotolia

Cara membuat teh jahe adalah dengan mengupas 1 rimpang jahe segar, iris-iris tipis, lalu taruh di dalam gelas. Tuangkan air mendidih ke dalam gelas dan tunggu sampai warnanya kuning pucat. Tapi jangan konsumsi jahe jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Terus Bepergian

Mabuk perjalanan sering kali akan menghilang setelah 3 hari. Mengapa? Tubuh Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk menyesuaikan diri, termasuk untuk menyelaraskan antara sistem-sistem sensorik. Sekali lagi, cara menghilangkan mabuk perjalanan adalah dengan meyakinkan diri sendiri bahwa gejala-gejala motion sickness Anda akan menghilang cepat atau lambat.

Jika anak Anda yang mengalami mabuk perjalanan, pastikan untuk beritahukan bahwa kondisi ini biasanya akan menghilang setelah ia berusia 12 tahun. Mengetahui hal ini akan membantu anak untuk tidak merasa terlalu khawatir akan terus-terusan mengalami kondisi ini seumur hidupnya.

Konsumsi Obat Jika Semua Gagal

Kalau gejala motion sickness tetap tidak memabik meski sudah mencoba beragam cara mengatasi mabuk perjalanan, sebaiknya minumlah obat. Tanyakan pada dokter jenis obat apa yang ampuh untuk mengatasi motion sickness. Biasanya obat paling efektif jika dikonsumsi 30 – 60 menit sebelum perjalanan.

Kesimpulan tentang Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan, atau motion sickness, disebabkan oleh ketidakselarasan sensorik antara sinyal yang dikirimkan ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Percampuran sinyal-sinyal itulah yang membuat seseorang merasakan gejala-gejala seperti perasaan gelisah, keringat dingin, pusing, hingga mual dan muntah.

Apabila Anda sering mengalami kondisi ini, ada cukup banyak cara mengatasi mabuk perjalanan yang dapat diupayakan. Dalam artikel ini sudah dibahas setidaknya 9 cara menghilangkan mabuk perjalanan yang sederhana namun efektif. Sering kali kondisi Anda akan membaik setelah mengupayakan cara-cara tersebut.

Demikianlah artikel ini yang membahas cara agar tidak mabuk perjalanan. Semoga informasi ini membuat Anda semakin memahami kondisi kesehatan dari diri sendiri maupun keluarga Anda. Nantikan juga artikel-artikel menarik lain yang mengulas info kesehatan, masalah kesehatan, dan pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber surat keterangan:

MedicineNet.com. Motion Sickness. URL: https://www.medicinenet.com/motion_sickness_sea_sickness_car_sickness/article.htm. Accessed: 2018-09-25. (Archived by WebCite®)

HealthLinkBC. Motion Sickness. Published: 2017-05-04. URL: https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/uf4437. Accessed: 2018-09-25. (Archived by WebCite®)

One Medical. 10 Tips to Beat Motion Sickness. Published: 2016-06-10. URL: https://www.onemedical.com/blog/live-well/motion-sickness-cures/. Accessed: 2018-09-25. (Archived by WebCite®)

D, Eden, Y, Zuk. 1995. Seasickness as A Self-fulfilling Prophecy: Raising Self-Efficacy to Boost Performance at Sea. The Journal of Applied Psychology. 80(5): 628-35

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here