Badan lelah adalah masalah umum yang dikaitkan dengan kelelahan secara fisik maupun mental. Kelelahan dapat membuat Anda kehilangan motivasi untuk menyelesaikan tugas atau hal apapun. Dalam dunia yang serba sibuk dan penuh tekanan sekarang tak heran jika semakin banyak orang yang mengeluhkan badan lelah.

Jika Anda salah seorang yang sering mengalami kelelahan, tenang saja, ada cara alami dan gampang untuk mengatasinya. Dalam artikel ini Anda akan menemukan resep herbal yang telah teruji secara medis untuk membantu menghilangkan badan lelah. Diulas juga informasi mengenai penyebab badan lelah dan beberapa tips praktis untuk mengatasinya.

Daun Jeruk Purut, Herbal untuk Badan Lelah


Herbal yang akan diulas untuk mengatasi badan lelah ialah daun jeruk purut. Daun ini memiliki harum yang khas dan sering digunakan sebagai bumbu tambahan atau pengawet alami pada masakan Indonesia.

Bukan hanya untuk penyedap atau pengawet makanan, daun jeruk purut juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Ada kandungan tanin, steroid triterpenoid, dan minyak atsiri di dalam daun eksotis ini. Berikut ini adalah dua manfaat dari kandungan di dalam daun jeruk purut yang berguna untuk mengatasi kelelahan.

daun jeruk purut untuk badan lelah

Credit: Shutterstock/Successo images

Dengan dua manfaat di atas, tubuh Anda dibantu untuk mengatasi kelelahannya, baik secara fisik maupun mental. Kelelahan secara mental biasanya disebabkan oleh tingkat stres yang terlalu tinggi. Sedangkan lelah fisik sering kali akibat terlalu banyak aktivitas fisik yang dikerjakan pada hari itu.

Resep Daun Jeruk Purut untuk Badan Lelah


  • Cara Meramu Resep:

    Rebuslah daun jeruk purut dalam panci besar yang sudah diisi 3 liter air (setara dengan 12 gelas).
    Terus rebus sampai mendidih, kurang lebih selama 10 menit.
    Tuangkan air rebusan itu ke dalam ember, lalu campurkan dengan air bersih secukupnya sampai air rebusannya menjadi hangat.

Resep Alternatif Badan Lelah dengan Noni Juice


Noni juice kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, misalnya Vitamin A, B kompleks, C, E, asam amino, dan masih banyak lagi. Dengan limpahnya kandungan di dalamnya, herbal ini akan membantu tubuh pulih dari stres fisik maupun mental, serta memperbaiki otot-otot yang lelah.

Untuk memulihkan tubuh dari kelelahan, minuman herbal Noni juice dapat dikonsumsi sebanyak 50 ml untuk dua kali sehari. 50 ml kurang lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyebab Badan Lelah?


Badan lelah dapat disebabkan oleh kelelahan secara fisik atau secara mental. Keduanya adalah hal yang berbeda, tetapi sering terjadi bersamaan. Kelelahan fisik yang berkepanjangan juga dapat memicu kelelahan mental.

Sering kali kelelahan dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan Anda, terutama jika Anda terbiasa tidak aktif secara fisik. Tetapi adakalanya kelelahan juga dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan yang membutuhkan perawatan medis.

Kelelahan Akibat Gaya Hidup:

Cobalah periksa diri secara jujur untuk menemukan apa penyebab kelelahan yang Anda alami. Badan lelah mungkin disebabkan oleh hal-hal seperti berikut:

  • Mengonsumsi alkohol atau obat-obatan
  • Terlalu banyak kegiatan fisik
  • Jet lag
  • Kurang aktif secara fisik
  • Kurang tidur
  • Konsumsi obat, seperti obat alergi dan obat batuk
  • Kebiasaan makan yang tidak sehat

Kelelahan Akibat Masalah Kesehatan:

Keletihan yang terus-menerus mungkin adalah tanda dari suatu masalah kesehatan atau akibat efek dari penggunaan obat atau terapi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan & perawatan yang dapat menimbulkan gejala badan lelah:

  • Gagal hati akut
  • kurang darah
  • Gangguan kecemasan
  • Kanker
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Infeksi atau peradangan kronis
  • Penyakit ginjal kronis
  • Gegar otak
  • Penyakit paru obstruktif kronik
  • Depresi
  • Diabetes
  • Empisema
  • Fibromyalgia
  • Kesedihan
  • Penyakit jantung
  • Hipertiroidisme
  • Hipotiroidisme
  • Penyakit radang usus
  • Perawatan medis, seperti kemoterapi, terapi radiasi, konsumsi obat painkiller, obat jantung, dan antidepresan
  • Sklerosis multipel
  • Obesitas
  • Rasa sakit yang berkepanjangan
  • Apnea tidur
  • Stres
  • Cedera otak traumatis

Apakah ada dari masalah-masalah di atas yang kemungkinan jadi penyebab Anda merasa letih? Jika ya, cobalah cari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya gejala badan lelah juga akan menghilang setelah akar masalahnya berhasil ditangani.

Apa Tips Lain untuk Mengatasi Badan Lelah?


Mengatasi kelelahan dengan bantuan rebusan daun jeruk purut sudah bagus. Tetapi keluhan badan lelah tentu akan kembali dirasakan apabila Anda tidak berupaya memperbaiki kebiasaan sehari-hari. Ya, rasa letih sering kali disebabkan oleh pola hidup Anda. Di bawah ini adalah tips untuk memperbaiki pola hidup agar tidak lagi kelelahan.

Lebih Sering Makan:

Cara yang bagus untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari adalah dengan makan secara teratur setiap 3 – 4 jam sekali tetapi dalam porsi lebih kecil. Menu makanan yang paling baik untuk mempertahankan kesediaan energi sepanjang hari terdiri dari makanan pokok (nasi, kentang, atau roti), buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan daging atau sumber protein lainnya.

Lebih Sering Bergerak:

Ketika badan sedang letih, mungkin tidak akan terpikir untuk mengatasinya dengan berolahraga. Namun ternyata, olahraga teratur pada akhirnya akan membuat Anda memiliki lebih banyak energi dan tidak gampang capek.

Tidak usah takut, olahraga jalan kaki 15 menit saja sudah cukup untuk meningkatkan energi Anda, yang penting adalah melakukannya secara teratur. Mulailah dengan olahraga dalam waktu singkat dulu. Lalu perhalan tambahkan waktu olahraga selama jangka waktu beberapa minggu atau bulan sampai mencapai tujuan 2,5 jam olahraga per minggu.

Turunkan Berat Badan:

Kalau Anda kelebihan berat badan, tentunya badan akan mudah lelah. Berat badan berlebih juga menambah beban pada kerja jantung Anda, yang dapat membuat Anda lelah. Jadi turunkanlah berat badan agar dapat lebih energik. Cara terbaik untuk mengurangi dan mempertahankan berat badan yaitu dengan mengadopsi pola makan sehat dan olahraga teratur.

Perbaiki Kualitas Tidur:

Banyak orang kurang tidur sehingga tidak memiliki energi yang cukup untuk tetap “sadar” sepanjang hari. Untuk memperbaiki kualitas tidur, upayakanlah ini:

  • Pergi tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari
  • Jangan tidur siang
  • Luangkan waktu untuk rileks sebelum tidur

Kurangi Tingkat Stres:

Stres akan menghabiskan banyak energi dalam tubuh Anda. Cobalah melaksanakan kegiatan yang membuat Anda rileks, misalnya berolahraga, mendengarkan musik, membaca, atau mengobrol dengan teman. Kegiatan apapun yang membuat Anda rileks akan memperbaiki tingkat energi Anda.

mengatasi kelelahan dengan rileks

Credit: Shutterstock/Subbotina Anna

Kurangi Kafein:

Siapapun yang sering merasa letih dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kafein. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menguranginya secara perlahan dalam jangka waktu 3 minggu sampai dapat berhenti sama sekali. Kafein terdapat pada kopi, teh, kola, dan minuman energi. Cobalah kurangi atau hentikan konsumsi kafein selama 1 bulan untuk melihat apakah Anda masih sering merasa letih.

Kurangi Alkohol:

Mengonsumsi minuman beralkohol di malam hari memang membantu lebih cepat tidur. Tetapi di esok hari Anda akan merasa lelah, meski sudah tidur 8 jam penuh. Jadi hindarilah konsumsi alkohol sebelum tidur. Anda akan mendapat tidur yang lebih berkualitas dan merasa lebih berenergi di besok harinya.

Minum Banyak Air:

Kadang-kadang penyebab badan lelah hanya karena Anda sedikit kehilangan cairan tubuh. Jika begitu, cara paling praktis untuk mengatasinya adalah dengan minum air lebih banyak. Ini terutama berlaku jika sedang melaksanakan banyak kegiatan fisik.

Tips-tips praktis di atas akan bermanfaat apabila penyebab kelelahan yang Anda rasakan tidak berkaitan dengan masalah kesehatan. Jika Anda menduga bahwa gejala badan lelah Anda disebabkan oleh masalah kesehatan, ada baiknya periksakan diri ke dokter.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang resep herbal untuk badan lelah dan tips-tips praktis untuk mengatasi kelelahan. Semoga Anda dapat merasakan manfaatnya dengan segera menerapkan informasi dalam artikel ini.

Sumber surat keterangan:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

DrHealthBenefits.com. 13 Health Benefits of Kaffir Lime Leaves. URL: https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-kaffir-lime-leaves. Accessed: 2018-10-01. (Archived by WebCite®)

Mayo Clinic. Fatigue. URL: https://www.mayoclinic.org/symptoms/fatigue/basics/causes/sym-20050894. Accessed: 2018-10-01. (Archived by WebCite®)

NHS. Self-Help Tips to Fight Tiredness. URL: https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/. Accessed: 2018-10-01. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan diverifikasi oleh tim penulisan deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here