Martabak-manis-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Maurina Rara

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika masalah nyeri sendi hanya dialami oleh para lansia. Padahal, dalam realitanya siapa saja dapat mengalami masalah kesehatan ini jika tidak menjaga gaya hidup tetap sehat, termasuk dalam hal mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Yang tidak disangka adalah, kebiasaan mengonsumsi makanan manis ternyata dapat menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan ini.

Makanan manis memang cenderung membuat kita ketagihan. Tak percaya, kita tentu cenderung ingin terus mengonsumsi kue, biskuit, roti, hingga jajanan pasar yang manis terus-menerus, bukan? Padahal, terlalu sering mengonsumsinya ternyata dapat menyebabkan gangguan nyeri sendi sekaligus meningkatkan akibat terkena berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti kegemukan, diabetes, dan penyakit jantung. Selain makanan manis, makanan yang terbuat dari produk susu seperti yoghurt dan keju kemasan jika dikonsumsi dengan berlebihan ternyata juga dapat membuat jaringan yang ada di sekitar persendian mengalami iritasi dan akhirnya memicu peradangan.

Minuman beralkohol dan produk tembakau seperti rokok ternyata juga dapat menyebabkan akibat yang sama. Dalam penelitian, dihasilkan fakta bahwa penggemar minuman beralkohol dan perokok cenderung lebih rentan terkena salah satu jenis nyeri sendi, yakni rheumatoid arthritis. Sayangnya, kebanyakan penggemar dua hal ini tidak begitu mempedulikan akibat dari kebiasaannya karena sudah kecanduan.

Yang tidak disangka adalah, kebiasaan mengonsumsi gorengan ternyata juga dapat menyebabkan masalah nyeri sendi. Memang, makanan ini sudah dikenal luas sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh karena kaya akan lemak jahat, namun, karena rasanya yang enak, kita cenderung terus ingin mengonsumsinya sering-sering. Padahal, konsumsi gorengan terlalu sering atau berlebihan dapat memicu peradangan pada persendian.

Yang tidak diduga adalah, konsumsi tomat diduga juga ikut menjadi pemicu nyeri sendi. Memang, hasil dari penelitian yang menyebutkan bahwa 20 persen penderita nyeri sendi cenderung rutin mengonsumsi tomat masih menjadi perdebatan pakar kesehatan, namun, penderita masalah nyeri sendi sepertinya memang sebaiknya mempertimbangkan konsumsi sayuran ini demi menghindari gejalanya.

Agar tidak mengalami masalah nyeri sendi, ada baiknya kita menurunkan asupan makanan-makanan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here