Terakhir Diedit:

Penyakit radang amandel (tonsilitis) sering dialami oleh anak-anak, tetapi orang dewasa pun dapat mengalaminya. Penyakit ini membuat penderitanya jadi membengkak amandelnya, sulit untuk menelan makanan ataupun minuman, sakit tenggorokan, demam, dan merasakan keluhan-keluhan lainnya. Tentu tidak tega rasanya melihat anak Anda mengalami sakit ini.

Jika anak Anda, atau mungkin Anda sendiri, terkena penyakit amandel, cobalah lakukan cara alami untuk membantu meringankan gejalanya. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan resep-resep herbal yang telah teruji secara medis dalam membantu pengobatan sakit amandel. Akan dibahas juga mengenai penyebab amandel serta tips-tips praktis untuk mempercepat pemulihan amandel.

Sambiloto untuk Pengobatan Radang Amandel

Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah tanaman herbal yang mudah didapat di Indonesia dan telah banyak digunakan untuk pengobatan beragam jenis penyakit. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji kemampuan herbalnya.

Sebuah jurnal ilmiah berjudul “Andrographis paniculata (Chuān Xīn Lián) for symptomatic relief of acute respiratory tract infections in adults and children: A systematic review and meta-analysis” mengungkapkan bahwa herbal ini memang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada amandel. Itu dimungkinkan oleh manfaat anti-mikroba yang dimilikinya.

Jurnal berjudul “Efficacy of Andrographis paniculata, Nees for pharyngotonsillitis in adults” membuktikan bahwa khasiatnya ini juga efektif untuk orang dewasa. Dalam pengujian yang diulas di jurnal itu, herbal sambiloto dengan takaran 6 gram terlihat sama efektifnya dengan obat asetaminofen yang biasa digunakan untuk pengobatan radang amandel. Namun herbal ini tidak menimbulkan efek samping seperti yang dimungkinkan oleh obat tersebut.

daun sambiloto untuk radang amandel

Daun Sambiloto (Credit: Blogspot.com/Hendryana)

Resep Sambiloto untuk Radang Amandel


Akar Udara Beringin untuk Pengobatan Radang Amandel

Pohon beringin (Ficus benjamina) memiliki akar-akar yang menggantung di udara. Jenis akar ini disebut dengan akar udara atau akar gantung. Meski pohon ini tidak banyak dimanfaatkan oleh manusia, tapi ternyata akar udara beringin mempunyai kandungan-kandungan senyawa flavonoid yang membuatnya bermanfaat untuk pengobatan amandel.

akar udara beringin untuk radang amandel

Akar Udara Beringin (Credit: Wikimedia Commons)

Resep Akar Udara Beringin untuk Radang Amandel


Akar Kompri untuk Pengobatan Radang Amandel

Tanaman kompri (Symphytum officinale L.) sudah terkenal di negeri-negeri Eropa, tetapi di Indonesia pun Anda dapat memperoleh herbal ini. Kompri biasa ditanam di dalam pot atau di kebun sebagai tumbuhan obat. Bagian dari tanaman ini yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan radang amandel ialah akarnya. Akar kompri mengandung alkaloid pyrrolizidine dalam jumlah yang lebih besar daripada yang terdapat di daunnya.

akar kompri untuk radang amandel

Akar Kompri (Credit: Peacefulheritage.com)

Resep Akar Kompri untuk Radang Amandel


  • Cara Meramu Resep:

    Cuci bersih akar kompri.
    Potong-potong secukupnya.
    Rebus bersama 2 gelas air bersih.
    Terus rebus sampai airnya tersisa 1 gelas.
    Setelah dingin, saring air rebusan dan bagi menjadi 2 bagian sama banyak.

Daun Cocor Bebek untuk Pengobatan Radang Amandel

Tanaman cocor bebek (Kalanchoe pinnata) banyak tumbuh di Indonesia dan mudah untuk dibudidayakan. Ciri khasnya adalah daunnya yang jika dipetik akan membentuk kuncup-kuncup anak tanaman di bagian-bagian pinggiran daunnya. Daun cocor bebek berkhasiat sebagai anti-peradangan, antiseptik, dan dapat mengurangi peradangan, sehingga cocok untuk pengobatan radang amandel.

daun cocor bebek untuk radang amandel

Daun Cocor Bebek (Credit: Shutterstock/Plenoy M)

Resep Daun Cocor Bebek untuk Radang Amandel


Herbal Alternatif Radang Amandel dengan Noni Juice

Noni juice merupakan minuman herbal yang praktis untuk dikonsumsi karena sudah diolah dan tinggal diminum sesuai takaran. Herbal ini memiliki setidaknya dua kemampuan untuk membantu pengobatan radang amandel, yakni analgesik dan anti-bakteri.

Sebagai analgesik alami, herbal ini membantu meringankan gejala rasa sakit atau nyeri yang biasa dialami oleh penderita sakit amandel. Sebagai anti-bakteri alami, Noni juice dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab radang amandel. Dengan begitu herbal ini turut membantu mengatasi infeksi bakteri di amandel.

Kemampuan herbal ini maupun bahan bakunya (buah Noni) sebagai anti-bakteri dan analgesik alami diungkapkan dalam jurnal bertajuk “The Noni Fruit (Morinda Citrifolia L.): A Review of Agricultural Research, Nutritional and Therapeutic Properties.”

Aturan Pakai Noni Juice:

Karena sudah diolah dan dikemas dalam bentuk minuman herbal, Noni juice hanya perlu diminum dalam takaran 50 ml sebanyak 2 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Penyebab Radang Amandel?

Dalam kebanyakan kasus, penyebab radang amandel adalah karena infeksi virus. Namun kadang-kadang penyakit ini juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Sebenarnya amandel adalah barisan pertahanan pertama tubuh untuk menghadapi infeksi penyakit. Amandel memproduksi sel-sel darah putih untuk melawan infeksi dengan menyerang bakteri dan virus yang berusaha masuk melalui mulut.

Tetapi amandel juga dapat terkena infeksi dari bakteri atau virus yang masuk ke mulut. Apabila sudah terjadi infeksi maka amandel akan mengalami peradangan sehingga menyebabkan penyakit di amandel.

Jenis-jenis virus yang umumnya menjadi penyebab radang amandel ialah adenovirus, rhinovirus, influenza, respiratory syncytial virus, dan coronavirus. Dan bakteri yang umumnya menyebabkan penyakit ini ialah bakteri dari genus Streptococcus.

Apa Tips Praktis untuk Mempercepat Pemulihan?

Di samping mengonsumsi resep herbal seperti di atas, Anda juga dapat mengupayakan langkah-langkah perawatan diri di rumah untuk mempercepat pemulihan. Cobalah lakukan tips-tips berikut:

  • Perbanyak istirahat dan tidur.
  • Minum banyak air untuk melembapkan tenggorokan dan menghindari kehilangan cairan tubuh.
  • Konsumsi minuman hangat (teh herbal atau air hangat dicampur madu) dan makanan berkuah (kaldu atau sup).
  • Buat obat kumur sendiri dengan mencampur 1 sdt garam dengan segelas air hangat.
  • Hindari zat-zat yang dapat mengiritasi tenggorokan, misalnya asap rokok atau zat dari produk pembersih.
  • Atasi rasa sakit dan demam. Anda dapat meminta dokter meresepkan obat untuk meringankan rasa sakit dan menurunkan demam, misalnya obat ibuprofen atau asetaminofen.

Tips-tips di atas khususnya bermanfaat apabila penyakit amandel masih dalam tingkat ringan atau gejala-gejalanya tidak terlalu berat. Jika gejala-gejala yang Anda atau anak Anda rasakan sudah cukup berat, sebaiknya minta saran khusus dari dokter.

Demikianlah ulasan artikel mengenai resep herbal untuk radang amandel dan tips-tips praktis untuk mempercepat pemulihannya. Semoga Anda dapat merasakan manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di artikel ini. Nantikan artikel resep-resep herbal asal Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber surat keterangan:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Widyaningrum, Herlina. 2011. Kitab Tanaman Obat Nusantara. Yogyakarta: Media Pressindo

Dalimartha, Setiawan. 1999. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1. Jakarta: Trubus Agriwidya

V, Thamlikitkul, T, Dechatiwongse, S, Theerapong, dkk. 1991. Efficacy of Andrographis paniculata, Nees for pharyngotonsillitis in adults. Journal of the Medical Association of Thailand. 74(10):437–42. pmid:1797953

Hu, Xiao-Yang, Wu, Ruo-Han, Logue, Martin, dkk. 2017. Andrographis paniculata (Chuān Xīn Lián) for symptomatic relief of acute respiratory tract infections in adults and children: A systematic review and meta-analysis. PLOS ONE. 12(8): e0181780

Chan-Blanco, Yanine, dkk. 2006. The Noni Fruit (Morinda Citrifolia L.): A Review of Agricultural Research, Nutritional and Therapeutic Properties. Journal of Food Composition and Analysis. 19 (2006): 645-654

Mayo Clinic. Tonsillitis. Published: 2018-07-06. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479. Accessed: 2018-10-02. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan diverifikasi oleh tim penulisan deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here