Tidak dapat dipungkiri bagaimana kualitas kehidupan seksualitas kita akan mempengaruhi bagaimana kita menjalankan kehidupan kita sehari-hari. mereka dengan kualitas seks yang baik pada umumnya juga memiliki kualitas hidup yang juga baik. Dan bicara soal seksualitas memang tidak dapat lepas dari urusan vitalitas dan hasrat seksual.

Ada banyak hal yang mempengaruhi bagaimana kehidupan seks seseorang berjalan. Tidak semuanya dapat dikaitkan dengan urusan fisik seperti stamina dan vitalitas.  Ada peran unsur psikologi yang turut menentukan sebaik apa kehidupan seks seseorang.

Meski demikian, masalah vitalitas, hasrat seksual dan kesehatan fungsi organ genital kita juga memiliki peran yang tidak dapat diabaikan. Menariknya, ternyata apa yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat berperan memperbaiki vitalitas dan hasrat seksual.

Untuk itu, kita akan mencoba membantu Anda menemukan pilihan makanan afrodisiak yang mudah untuk Anda temukan untuk memperbaiki kualitas kehidupan seksual Anda sehari-hari bersama pasangan.

Kenapa Seksualitas Dapat Menurun?

Tanpa banyak kita sadari sebenarnya masalah seksualitas adalah masalah yang sangat umum terjadi pada berbagai pasangan. Pada umumnya masalah mulai muncul ketika pasangan mulai bersama dalam jangka panjang. Meski tidak menutup kemungkinan masalah muncul pada individu tanpa terkait oleh masalahnya sebagai pasangan.

Ada banyak alasan sehingga pasangan mulai kehilangan kehangatan di dalam hubungan mereka.  Menurut sebuah studi terhadap 11000 orang dewasa di usia menengah mengakui 34% dari wanita memiliki masalah penurunan hasrat seksual setidaknya 3 kali dalam setahun. Dan ternyata 15% pria juga mengalami keluhan yang serupa.

Ada dua aspek yang dapat mempengaruhi performa seksualitas seseorang. Kedua aspek tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Aspek Psikologi


Aspek psikologis memiliki pengaruh kuat terhadap kualitas seksualitas seseorang. Karena aktivitas seks membutuhkan peran hormon serotonin yang baru dapat diproduksi dengan optimal bilamana seseorang merasa nyaman. Dan kenyamanan baru muncul bila seseorang berada dalam situasi psikologis yang mendukung.

Pasangan yang sudah lama bersama dapat jadi mengalami masalah seksualitas akibat hubungan keduanya yang mulai kehilangan kehangatan dan terjebak dalam rutinitas. Perasaan jenuh, ketidak nyamanan satu sama lain, mungkin emosi negatif akan menyebabkan aktivitas seks sehat sulit terjadi.

Aspek psikologis lain yang dapat mempengaruhi adalah tingkat stress. dapat karena efek tekanan dalam hubungan rumah tangga itu sendiri atau karena pekerjaan dan tekanan lingkungan. Tekanan yang memicu stress dapat meghambat seseorang merasa relaks dan nyaman, sehingga juga sulit untuk memiliki hasrat seksual.

Wanita lebih mudah mengalami masalah seksualitas karena mereka cenderung mudah merasa tertekan. Wanita kadang kehilangan vitalitas dan hasrat seksual ketika memiliki anak di bawah usia 5 tahun. Juga merasakan keluhan yang sama akibat selalu berada di rumah mengurus rumah tangga tanpa cukup mendapatkan kesempatan aktualisasi diri.

Aspek Fisik


Selain masalah psikologis, masalah fisik juga berperan sangat besar pada kondisi seksual seseorang.  Karena secara umum seksualitas seseorang bergantung pada keseimbangan hormonal dalam tubuh mereka, sirkulasi darah, pembentukan energi dan metabolisme serta kesehatan fungsi organ genital.

Untuk dapat memiliki kualitas seks yang baik, seseorang harus memiiki kondisi hormonal yang sehat, dimana tubuh dengan mudah merasa relaks, tidak dalam keadaan stress dan dapat terstimulasi dengan baik.

Di sisi lain, sirkulasi darah menentukan bagaimana kemampuan birahi berjalan. Selain tentu saja masalah vitalitas berperan besar dimana tubuh memang membutuhkan cukup energi untuk melaksanakan satu sesi aktivitas seksual. Mereka yang sudah terlalu lelah dengan aktivitas harian dan tidak didukung oleh asupan sumber energi yang baik tentu akan sulit mengoptimalkan vitalitas tubuh mereka.

penambah stamina

Sumber: Cloudfront

Peran Makanan Afrodisiak

Salah satu cara untuk membantu memperbaiki kualitas seksualitas seseorang adalah dengan membantu mengatasi keluhan fisik. Ada banyak cara untuk mengatasi keluhan fisik, dan salah satu yang relatif mudah untuk Anda coba adalah dengan mengonsumsi asupan makanan afrodisiak.

Makanan afrodisiak adalah makanan (dan minuman) yang memiliki peran membantu memperbaiki vitalitas dan hasrat seksual seseorang. membantu mengatasi keluhan fisik yang dapat berpengaruh terhadap performa seksual.

Beberapa pakar meyakini bahwa sebagian alasan menurunnya performa seksual seseorang adalah pola makan mereka. Beberapa makanan dapat menurunkan kondisi fisik Anda dan beberapa yang lain justru membantu memperbaiki kondisi fisik Anda.

Makanan afrodisiak pada umumnya akan bekerja dengan memperbaiki keseimbangan hormonal dalam tubuh. Atau dengan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan metabolisme tubuh dalam membentuk energi.

Apa yang Saja Makanan Penambah Vitalitas dan Hasrat Seksual?

Lalu apa saja makanan yang termasuk jenis afrodisiak, yakni dapat membantu menambah kualitas vitalitas dan hasrat seksual seseorang. Berikut di antaranya.

  • Yoghurt Bebas Lemak

    Tidak banyak yang menyangka mengonsumsi makanan produk dari susu memiliki manfaat untuk kesehatan seksualitas. Dan dari banyak pilihan produk turunan susu, yoghurt tanpa lemak adalah yang terbaik.

    Studi pada the Massachusetts Institute of Technology menunjukan kalangan di atas usia 40 tahun yang tetap rutin mengonsumsi yoghurt memiliki potensi lebih tinggi untuk tetap memiliki kondisi seksualitas yang baik. Meski sebenarnya kaitan antara yoghurt dan seks belum terlalu jelas.

    Beberapa pakar hanya melihat manfaat yoghurt untuk membantu menjaga kesehatan. Mengonsumsi yoghurt dengan rutin akan membantu menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki pencernaan, imunitas dan memperbaiki sirkulasi darah.

    Meski tidak memiliki efek secara langsung, manfaat yoghurt terhadap tubuh memiliki efek terhadap kesehatan seksual, vitalitas serta secara tidak langsung membantu memperbaiki masalah terkait libido dan birahi.

  • Makanan Laut

    Sebenarnya pemanfaatan makanan laut untuk masalah seksualitas dan vitalitas sama sekali bukan berita baru. Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup familier dengan informasi manfaat oyster atau tiram sebagai afrodisiak.

    Dan tidak hanya tiram, hampir setiap jenis makanan laut termasuk ikan-ikanan seperti salmon, tuna, tongkol, dori dan kembung. Juga jenis hidangan laut lain seperti kepiting, udang, lobster, cumi dan lain sebagainya.

    Menurut The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism tahun 2018, pasangan yang mengonsumsi makanan laut secara rutin setidaknya 2 porsi setiap pekan memiliki kualitas dan kuantitas seksualitas yang lebih baik. Bahkan memiliki potensi kehamilan lebih baik.

    Tingginya kadar zink pada sejumlah jenis makanan laut, disertai kandungan asam lemak pada sebagian jenis makanan laut lain menjadi salah satu alasan kuat kenapa makanan laut baik untuk seks, vitalitas dan masalah hasrat seksual.

    Zink  baik untuk membantu menstimulasi keseimbangan hormonal yang ternyata juga membantu perbaikan fungsi seksual. Sedang asam lemak termasuk asam lemak omega 3 baik untuk fungsi arteri dan sirkulasi darah.

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

    Kacang-kacangan mengandung sederet nutrisi yang memberi manfaat untuk kesehatan seksualitas. Dalam kacang-kacangan tersimpan vitamin B, beberapa juga mengandung vitamin E dan memiliki komponen zink dan asam amino tertentu seperti L arginin yang baik untuk tubuh.

    Anda dapat mulai memodifikasi menu harian Anda dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Ada banyak pilihan seperti almond, kacang mede, kenari, kacang hazel, kacang arab. Alternatif lain dengan jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji labu, biji kacang hijau, kacang merah dan lain sebagainya.

    Rutin dengan kacang-kacangan dan biji-bijian akan membantu menstimulasi pembentukan energi dengan lebih efisien, membantu memperbaiki sirkulasi darah dan membantu meningkatkan fertilitas dan produksi semen.

  • Daging Merah

    Daging merah diketahui memiliki kadar zink yang tinggi dan ini akan membantu memperbaiki masalah ketidak seimbangan hormonal. Mengonsumsi makanan mengandung zink akan membantu mengatasi masalah kekurangan testosteron (atau kekurangan androgen pada wanita) yang dapat memperbaiki masalah hasrat seksual dan libido.

    Dalam daging merah juga ditemukan komponen zat besi yang membantu meningkatkan suplai oksigen dan memperbaiki vitalitas tubuh. juga mengandung vitamin B kompleks dan selenium yang baik untuk pembentukan energi dan memperbaiki fungsi saraf.

    Tidak heran apabila mereka yang lebih rutin mengonsumsi makanan dari daging merah akan memiliki stamina dan vitalitas yang lebih baik. Juga memiliki kemampuan lebih baik dalam merespon stimulasi seksual.

  • Bawang Putih

    Kita mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur yang lazim pula dijadikan herbal untuk sejumlah keluhan kesehatan. Kandungan fitokimia di dalamnya bekerja sebagai antiseptik dan anti inflamasi yang sangat aktif. Bekerja sebagai anti kolesterol dan memperbaiki masalah tekanan darah. Bahkan bawang putih mengandung anti koagulan yang baik untuk mengatasi pembekuan dan penyumbatan darah.

    Semua masalah di atas dapat menurunkan kesehatan seksual dan mempengaruhi performa Anda di ranjang. Memang mengonsumsi bawang putih terasa sedikit mengganggu dengan aromanya yang tajam. Tetapi Anda tetap dapat memperoleh manfaatnya dengan mengonsumsi sepiring tumisan yang berbumbu bawang putih.

  • Sayuran Hijau

    Ada banyak alasan kenapa sayuran hijau baik untuk membantu meningkatkan kesehatan seksualitas seseorang. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kale mengandung banyak magnesium yang membantu memperbaiki kesehatan pembuluh darah. Termasuk membantu memperbaiki sirkulasi darah.

    Sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin B, termasuk folat. Folat lebih dari sekedar membantu meningkatkan produksi energi, tetapi juga membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan membantu fungsi saraf. Mereka dengan cukup folat cenderung memiliki fungsi genital yang lebih sehat.

    Beberapa jenis sayuran hijau seperti kemangi dan daun kenikir juga memiliki komponen anti oksidan khusus yang secara khusus bekerja pada fungsi hormonal. Termasuk membantu memperbaiki keseimbangan hormonal yang terganggu. ini akan memperbaiki masalah kekurangan testosteron dan memperbaiki gangguan pada libido.

  • Anggur Merah

    Sebenarnya bukan hal yang baru bila dikatakan mengonsumsi minuman wine anggur merah akan membantu meningkatkan hasrat seksual. Mereka yang dalam pengaruh minuman ini cenderung lebih mudah terstimulasi terhadap rangsangan seksual.

    Dikatakan bahwa minuman anggur merah memiliki antioksidan resveratrol yang diaktifkan dan membantu merelaksasi pembuluh darah. Ini melancarkan sirkulasi darah, termasuk melancarkan laju aliran darah menuju area genital.

    Minuman ini juga menstimulasi produksi nitrit oksida yang bekerja pada sejumlah titik saraf. Ini meningkatkan sensitivitas sel saraf terhadap stimulan. Ini akan mendorong tubuh lebih efektif merespon stimulasi seksual.

    Beberapa pakar melihat mengonsumsi minuman anggur beralkohol lebih baik karena alkohol sendiri dalam kadar rendah adalah stimulan bagi fungsi saraf otak. Tetapi beberapa pakar melihat juice anggur hitam atau merah juga tidak kalah baiknya untuk fungsi seksualitas.

    Kandungan polifenol dalam juice anggur tanpa alkohol diyakini lebih tinggi sehingga lebih baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Polifenol baik untuk sirkulasi darah, kolesterol dan fungsi kardiovaskular.

  • Berry

    Alasan utama kenapa kita perlu mulai mengonsumsi segala jenis berry-berryan untuk asupan seksualitas Anda adalah karena kandungan nutrisi di dalamnya. Ini yang secara tidak langsung membantu vitalitas dan performa Anda di ranjang.

    Strawberry, blueberry, raspberry dan lain sebagainya mengandung kadar antosianin yang baik untuk sirkulasi darah. Mengandung pitosterol yang anti kolesterol dan baik untuk membantu kinerja saraf. Kadar folat di dalamnya merawat organ genital. dan vitamin C akan memperbaiki kesuburan dan hasrat seksual.

  • Cokelat

    Cokelat hitam mengandung komponen phenylethylamine yang akan melepas hormon endorphin sebagaimana ketika tubuh melaksanakan aktivitas seks. Ini memberi stimulan untuk pasangan merasa lebih nyaman menghabiskan waktu bersama.

    Beberapa studi lain menunjukan cokelat hitam terutama dari jenis yang rendah lemak sangat membantu menstimulasi sistem saraf tepi dan otak untuk merespon lebih baik stimulan seksual. Membantu memperbaiki masalah hasrat seksual dengan cara yang lebih alami.

    Pilihan terbaik dari asupan cokelat dalam hal ini adalah jenis cokelat hitam. Anda dapat membedakannya dari rasa khasnya yang sedikit pahit. Jenis cokelat hitam mengandung kadar flavonol lebih tinggi dari jenis cokelat lainnya.

  • Buah Citrus

    Yang termasuk dalam golongan buah citrus adalah segala jenis buah yang termasuk kelompok jeruk-jerukan. Termasuk jeruk bali, jeruk nipis, lemon dan jeruk yang biasa kita konsumsi sehari-hari. beberapa buah lain juga mengandung komponen citrus seperti buah peach, semangka dan buah plum.

    Citrus mengandung sejumlah komponen vitamin C yang baik untuk kesehatan seksualitas. Pria yang mengonsumsi 1000 mg vitamin C secara rutin dalam jangka panjang memiliki kesehatan vitalitas lebih baik dan sperma yang lebih sehat. Wanita dengan kecukupan vitamin C memiliki kondisi vagina sehat yang membuatnya nyaman untuk menjalankan aktivitas seksual.

    Citrus juga mengandung komponen citrulin yang membantu tubuh menyerap arginine lebih baik. senyawa asam amino yang membantu tubuh membentuk nitrit oksida yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah menuju organ genital dan meningkatkan hasrat seksual.

  • Telur

    Asupan terakhir yang penting untuk membantu memperbaiki vitalitas adalah telur. Dalam telur tersimpan kandungan vitamin B6 dan B5 yang baik untuk membantu menyeimbangkan kondisi hormonal dan mendorong hasrat seksual terstimulasi dengan efektif.

    Dalam beberapa temuan diungkap bahwa kuning telur memiliki komposisi protein yang lebih mudah diolah tubuh menjadi energi. Baik itu ketika diolah menjadi telur goreng, rebus atau setengah matang.

    Kuning telur mengandung banyak kalori tetapi memiliki tingkat kemudahan untuk diolah menjadi energi baru. Itu sebabnya beberapa orang secara tradisional menjadikan telur setengah matang sebagai obat kuat tradisional.

vitalitas

Sumber: Stocksy

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengalami gangguan seksualitas. Beberapa gangguan dengan mudah kita alami tanpa sempat kita sadari. Dan rupanya dengan hanya merubah pola makan kita sehari-hari, kita dapat membantu memperbaiki masalah vitalitas dan hasrat seksual ini sedini mungkin.

Tidak jarang kasus vitalitas dan hasrat seksual semacam ini berkembang menjadi serius karena kita abaikan. Karenanya mulai dengan cara sederhana merubah pola makan Anda sebelum keluhan seksualitas yang Anda alami berkembang menjadi lebih serius.

Sumber surat keterangan:

Shereen Lehman, MS. Very Well Fit. 10 Best Foods for Your Sex Life. https://www.verywellfit.com/best-foods-for-your-sex-life-2507140. Accessed: 2018-09-24. (Archived by WebCite)

Erica Roth and Rena Goldman. Healthline. 7 Foods to Help Boost Your Sex Life. https://www.healthline.com/health/7-foods-enhance-your-sex-life. Accessed: 2018-09-24. (Archived by WebCite)

Amanda Macmillan. Health.com. 10 Things That May Be Wrecking Your Sex Drive. https://www.health.com/sexual-health/low-libido-men-women. Accessed: 2018-09-24. (Archived by WebCite)

MensHealth.The Best Foods For Great Sex. https://www.menshealth.com/sex-women/a19547316/better-sex-foods/. Accessed: 2018-09-24. (Archived by WebCite)

Nurul Kuntarti

Seorang sarjana ekonomi yang menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang seksama, andal, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan diverifikasi oleh tim penulisan deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here