keju-doktersehat_145092925

DokterSehat.Com– Keju tergolong dalam bahan makanan yang memiliki rasa yang enak. Sayangnya, banyak orang yang khawatir untuk mengonsumsinya karena menganggapnya tinggi akan kandungan lemak. Padahal, menurut pakar kesehatan, rajin makan keju ternyata dapat memberikan keuntungan tersendiri, khususnya dalam hal menurunkan tekanan darah.

Fakta menarik ini diungkapkan oleh peneliti bernama Anna Stanhewicz yang berasal dari Pennsylvania State University. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu seperti keju ternyata dapat melindungi tubuh, tepatnya pembuluh darah. Hal ini dapat berimbas positif pada menurunnya tekanan darah dengan signifikan.

Menurut Anna, efek perlindungan ini didapatkan dari sifat antioksidan yang ada dalam protein susu. Meskipun di dalam keju juga memiliki kandungan sodium, sodium ini tidak akan memberikan efek buruk bagi pembuluh darah. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan efek natrium yang berasal dari sumber makanan selain produk susu.

“Kami menemukan fakta bahwa partisipan yang makan keju justru memiliki pembuluh darah yang lebih sehat fungsinya meskipun di dalam keju juga kaya akan natrium. Aliran darah para partisipan ini lebih lancar dibandingkan dengan kelompok partisipan lain yang mengonsumsi sumber natrium dari produk selain susu seperti pretzel,” ucap Anna.

Dilansir dari jurnal berjudul British Journal of Nutrition, penelitian lain yang dilakukan oleh Lacy Alexander dari Pennsylvania State University juga menghasilkan fakta positif dari kebiasaan mengonsumsi keju. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa keju sepertinya dapat dijadikan salah satu menu bagi penderita tekanan darah tinggi yang ingin menjaga tekanan darahnya tetap normal.

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta untuk mengonsumsi makanan seperti keju, pretzel, dan keju yang terbuat dari kedelai selama 3 hari. Para partisipan kemudian dicek kondisi sistem kardiovaskularnya untuk mengetahui efek dari kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Hasilnya adalah, kelompok partisipan yang mengonsumsi keju dari susu memiliki kondisi sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

“Demi menurunkan tekanan darah, konsumsi garam memang sebaiknya dibatasi, namun, keju masih dapat dikonsumsi meskipun tinggi natrium karena justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan,” ungkap Lacy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here