Terakhir Diedit:

Melihat ada darah di tinja saat buang air besar mungkin membuat beberapa orang ketakutan. Sebenarnya keluhan ini umum terjadi dan sering kali penyebabnya bukanlah hal yang berbahaya, biasanya karena wasir atau lecet di anus. Apabila penyebabnya tidak serius, Anda dapat berupaya mengatasinya dengan cara alami.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan informasi mengenai 3 resep herbal untuk buang air besar berdarah yang telah teruji secara medis. Akan dijelaskan juga informasi seputar penyebab-penyebab buang air besar berdarah dan tips praktis untuk mengatasinya.

Pisang Batu dan Pisang Kepok

Pisang batu (Musa brachycarpa), disebut juga pisang klutuk atau pisang biji, adalah buah pisang yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk BAB berdarah.

Kandungan kimia (serat, air, abu, dan gula pereduksi) pada daging buah pisang ini lebih besar daripada pisang siam dan pisang raja. Tetapi komposisi kimia (karbohidrat, lemak, dan protein) pisang ini jauh lebih rendah daripada pisang siam dan pisang raja.

pisang batu untuk buang air besar berdarah

Pisang Batu (Credit: Wikipedia Commons/Warut Roonguthai)

Pisang kepok (Musa acuminata balbisiana cultivars) mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Pisang kepok juga mengandung antasida yang dapat membantu menormalkan atau mengikat asam lambung.

Kandungan serat pada pisang batu dan pisang kepok sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan karbohidratnya juga dapat membantu menjaga gerakan usus secara teratur sehingga mengoptimalkan pembuangan tinja. Apabila pencernaan bekerja dengan baik, maka gejala BAB berdarah juga akan teratasi.

Resep Pisang Batu dan Pisang Kepok


Bahan:

3 buah pisang batu yang sudah matang.
3 buah pisang kepok yang masih mentah.

Cara Meramu Resep:

Giling buah pisang batu (sudah dikupas kulitnya) dan buah pisang kepok (beserta kulitnya) hingga halus.
Peras dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal ini 2 kali dalam sehari, masing-masing ½ cangkir.

Umbi Talas

Talas (Colocasia esculenta) adalah tumbuhan penghasil umbi-umbian yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Umbi talas mengandung serat dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B6, C, E, dan folat. Talas juga memiliki kandungan kalium yang bagus untuk pencernaan.

umbi talas untuk buang air besar berdarah

Umbi Talas (Credit: Shutterstock/Deenida)

Karena kandungan bermanfaat yang dimilikinya, talas dapat membantu menjaga kesehatan usus dan lambung dengan melancarkan pencernaan serta penyerapan makanan. Apabila sistem pencernaan berfungsi dengan baik, maka masalah-masalah seperti sembelit, wasir, dan buang air berdarah dapat diatasi dengan baik.

Resep Umbi Talas


Bahan:

100 gram umbi talas.

Cara Meramu Resep:

Kupas kulit luar dari umbi talas, lalu cuci bersih dan parut.
Peras hasil parutannya lalu saring airnya.
Masak sebentar dengan cara di tim sampai hangat.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal ini sekaligus habis.

Daun Waru

Tumbuhan waru (Hibiscus tiliaceus), atau disebut juga baru, adalah tumbuhan kapas-kapasan yang bagian daun dan bunganya sering dimanfaatkan untuk pengobatan. Di dalam daun waru terdapat kandungan-kandungan seperti saponin, flavonoid, dan fenol. Dengan diramu bersama gula aren, daun waru dapat membantu mengatasi masalah buang air besar berdarah.

daun waru untuk buang air besar berdarah

Daun Waru (Credit: flickr/J. B. Friday)

Resep Daun Waru


Bahan:

7 lembar daun waru muda yang masih kuncup.
1 gula aren seukuran kacang tanah.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih kuncup daun waru.
Tambahkan ½ cangkir air, lalu remas-remas hingga airnya mengental seperti selai.
Tambahkan gula aren dan aduk sampai gulanya larut.
Peras dan saring airnya menggunakan selembar kain halus.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal ini sekaligus habis.

Resep Alternatif BAB Berdarah dengan Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang telah dipercaya oleh ribuan orang di seluruh dunia untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Salah satu manfaat dari herbal ini adalah untuk mengatasi sembelit. Perlu diingat bahwa sembelit merupakan salah satu penyebab tersering dari wasir, dan wasir dapat menyebabkan BAB berdarah.

buah noni, bahan baku noni juice

Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Shutterstock/SOMMAI)

Herbal ini juga memiliki banyak kemampuan pengobatan lain, misalnya anti-inflamasi, analgesik, dan antioksidan. Dengan kemampuan-kemampuan itu, Noni juice dapat membantu Anda menghentikan masalah pendarahan yang disebabkan oleh wasir maupun lecet di anus.

Aturan Minum Noni Juice:

Cara minumnya sangat praktis karena sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal. Anda hanya perlu meminumnya 50 ml sebanyak 2 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Adanya bercak darah di tinja paling sering disebabkan oleh wasir atau lecet di anus. Tetapi ada beberapa penyebab lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut akan dijelaskan sejumlah penyebab umum BAB berdarah.

  • Wasir: Wasir adalah pembuluh darah di rektum atau anus yang membengkak dan dapat terasa menyakitkan, gatal, dan kadang berdarah. Tetapi BAB berdarah yang tidak terasa sakit adalah gejala umum dari wasir. Biasanya darah berwarna merah terang akan melapisi tinja atau darahnya mungkin menetes ke lubang jamban atau terlihat di tisu toilet.
  • Lecet di Anus: Lecet di lapisan anus dapat menyebabkan pendarahan dan terasa seperti robek, sobek, atau panas saat BAB.
  • Penyebab Lain: Ada banyak penyebab lain dari buang air besar berdarah, termasuk kanker usus besar, polip usus besar, radang usus (kolitis), dan divertikulosis.

Sebagai informasi tambahan, pendarahan dari saluran pencernaan sebelah atas, misalnya lambung, dapat menghasilkan tinja berwarna hitam. Itu karena asam lambung mengubah darah menjadi hitam.

Konsumsi obat bismuth dan suplemen zat besi juga dapat membuat tinja menghitam. Pendarahan dari anus yang berwarna merah gelap atau darah berumpal biasanya menunjukkan bahwa pendarahan berasal dari organ yang lebih posisinya lebih tinggi, yaitu di usus besar.

Tips Praktis untuk Membantu Mengatasi BAB Berdarah

Jika Anda mengalami buang air besar bedarah, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah ini. Tips-tips praktis ini berhubungan dengan penyebab umum dari BAB berdarah, yaitu wasir dan lecet di anus yang dapat disebabkan oleh sembelit. Jika Anda sering sembelit, cobalah upayakan ini:

  • Minum banyak air, kecuali Anda memiliki masalah kesehatan sehingga tidak dianjurkan minum banyak air.
  • Makanlah makanan-makanan berserat tinggi, seperti buah, sayur, dan roti gandum utuh.
  • Hindari makanan olahan, seperti roti putih dan keju.
  • Tetaplah aktif secara fisik untuk menghindari sembelit.
  • Segera pergi ke toilet jika sudah terasa ingin BAB.

Pendarahan yang disebabkan oleh lecet di anus harus dipastikan dulu oleh dokter. Ada beberapa lecet yang penyebabnya adalah masalah pencernaan lain yang perlu ditangani oleh dokter. Jika sudah dipastikan bahwa penyebabnya tidak serius, Anda dapat meringankan gejalanya dengan tips berikut:

  • Setelah BAB, lap anus pelan-pelan dengan tisu toilet yang lembut dan sudah dibasahi atau tisu bayi.
  • Saat mandi, tepuk-tepuk area di sekitar pantat daripada menggosoknya.
  • Carilah salep atau obat oles di apotek untuk mengurangi rasa sakit.
  • Pastikan Anda makan banyak makanan berserat, dan minumlah banyak air agar tinja terbentuk dengan lembut.
  • Jangan mengejan saat BAB.

Ingat Ini!

Jangan oleskan krim dan losion ke area anus apabila tidak dianjurkan oleh dokter atau apoteker, karena hal ini dapat menimbulkan lebih banyak lecet. Jika Anda BAB berdarah karena wasir, ada baiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebab wasir. Dengan begitu Anda dapat mengatasi dan mencegahnya di kemudian hari.

Apabila buang air besar berdarah diakibatkan oleh hal-hal lain yang lebih serius, misalnya penyakit radang usus, infeksi, polip, atau bahkan kanker, Anda harus mendapatkan penanganan medis dari dokter.

Demikianlah artikel yang mengulas tentang 3 resep herbal untuk buang air besar berdarah. Semoga Anda dapat memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan. Nantikan juga artikel-artikel lain yang mengulas tentang resep-resep herbal asal Indonesia hanya di Deherba.com.

Sumber surat keterangan:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Singh, Kirti, Rethinam, P, Marimuthu, T. 2010. International Journal of Noni Research. World Noni Research Foundation, 5:30

UpToDate. Patient education: Blood in the stool (rectal bleeding) in adults (Beyond the Basics). Reviewed: 2018-09-06. URL: https://www.uptodate.com/contents/blood-in-the-stool-rectal-bleeding-in-adults-beyond-the-basics. Accessed: 2018-10-09. (Archived by WebCite®)

healthdirect. Rectal bleeding treatments. Reviewed: October 2017. URL: https://www.healthdirect.gov.au/rectal-bleeding-treatments. Accessed: 2018-10-09. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here