kerja_stres_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/beltzner

DokterSehat.Com– Tidak semua orang cukup beruntung untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya di siang hari. Banyak yang harus bekerja lembur di malam harinya atau bahkan memang mendapatkan shift kerja malam. Padahal, sebagaimana kita ketahui, malam hari seharusnya adalah waktu untuk beristirahat, bukannya untuk bekerja.

Banyak orang yang menyangka remeh efek dari bekerja di malam hari. Logikanya, asalkan dapat tidur dengan waktu yang cukup di siang hari, maka kita pun dapat tetap sehat. Sayangnya, tubuh kita ternyata tidak hanya akan mengalami perubahan pola tidur, melainkan perubahan pada jam biologis, keseimbangan hormon, sistem metabolisme, dan berbagai hal lain. Kondisi ini dapat berpengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari CNN, sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada mengungkap fakta tentang kondisi kesehatan anggota kepolisian yang bekerja shift malam. Di dalam tubuh mereka ternyata mengeluarkan hormon melatonin di siang hari. Hormon ini biasanya keluar di malam hari untuk membuat tubuh mengantuk dan beristirahat. Sayangnya, proses pengeluaran hormon melatonin ini tidak maksimal sebagaimana saat malam hari. Hal ini membuat tubuh tidak mampu melaksanakan penyesuaian dengan efektif.

Dalam penelitian yang melibatkan 5.300 polisi dari Kanada dan Amerika perkumpulan ini, dihasilkan fakta bahwa 40 persen partisipan mengalami gangguan tidur dengan signifikan. Mereka juga mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Dalam penelitian ini, terungkap fakta bahwa mereka yang bekerja di malam hari cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, minuman berkafein, dan makanan manis. Padahal, makanan-makanan ini terkait dengan obesitas, diabetes, dan kanker. Selain itu, para partisipan juga cenderung tidak berolahraga karena tubuh yang letih saat di pagi, siang, dan sore hari. Satu-satunya hal yang mereka inginkan adalah tidur karena tubuh sudah lemas namun waktu tidur yang mereka dapatkan tidak maksimal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Surrey University, Inggris, dihasilkan fakta bahwa terbiasa bekerja di malam hari dapat meningkatkan akibat terkena hipertensi. Terganggunya sistem metabolisme tubuh akibat kebiasaan ini juga dapat memberikan efek jangka panjang berupa diabetes tipe 2 dan obesitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here