Buah apel umumnya memiliki warna merah dan hijau pada bagian permukaan kulitnya. Selain memiliki rasa yang banyak disukai banyak orang, buah ini ternyata juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Siapa sangka apel juga termasuk ke dalam buah yang baik untuk ibu hamil lho. Lalu apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

manfaat buah apel untuk ibu hamil
via alergiapokarmowa.pl

Kandungan Gizi Buah Apel

Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi buah apel tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dimana beberapa nutrisi penting yang terdapat dalalm buah ini sangat berperan besar dalam membantu kinerja organ dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah apel antara lain:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Natrium

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Berikut ini sejumlah manfaat buah apel untuk ibu hamil:

1. Mengatasi Sembelit

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit. Hal ini karena kondisi janin yang semakin membesar akan menyebabkan usus tertekan sehingga pergerakannya melemah. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi buah apel. Dimana kandungan serat, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam buah ini dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih baik.

2. menghindari Kelahiran Prematur

Kelahiran secara prematur dapat disebabkan karena asupan nutrisi yang kurang selama masa kehamilan. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan nutrisi janin serta ibu hamil dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti buah apel.

Artikel terkait buah yang baik untuk ibu hamil:

3. menghindari Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi dimana tubuh kelebihan gula darah saat masa kehamilan berlangsung. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sebelum hamil tidak memiliki keluhan diabetes, hal ini karena hadirnya janin di dalam rahim membuat kadar gula ibu hamil meningkat.

Agar kondisi ibu hamil tidak semakin parah, penyakit ini harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah secara alami adalah dengan mengonsumsi buah apel segar.

4. Meringankan Morning Sickness

Morning sickness, yaitu mual disertai muntah, merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Dimana hal ini terjadi karena meningkatnya kadar asam lambung yang disebabkan oleh perubahan hormon. Disinilah peran buah apel, yaitu dapat membantu menurunkan kadar asam lambung sehingga dapat meringankan mual yang sering dialami oleh para ibu hamil.

5. Sebagai Sumber Energi

Selama masa kehamilan, ibu hamil sering kali merasa lebih mudah lelah dan lemas. Untuk mengembalikan semangat, konsumsilah buah apel. Hal ini karena buah apel mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan suplai energi untuk ibu hamil.

Artikel terkait buah yang baik untuk ibu hamil:

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Saat sedang hamil, nafsu makan akan terasa berkurang bahkan menghilang. Kondisi ini merupakan hal yang normal dialami oleh para ibu hamil. Terutama di trimester pertama, ibu hamil sering merasakan mual dan muntah. Dimana hal ini membuat nafsu makan menjadi menurun.

Untuk mengatasi masalah ini sekaligus meningkatkan nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi buah apel hijau yang masih segar ataupun diolah menjadi bentuk makanan lain sesuai selera. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, serat yang terkandung di dalam buah ini juga dapat membuat perut kenyang.

7. Mengurangi Bengkak pada Tubuh

Ketika seorang wanita hamil, beberapa bagian tubuh selain perut juga akan ikut membesar. Kondisi ini sering membuat beberapa wanita merasa tidak nyaman dengan bagian tubuh yang membengkak, terutama bagian kaki. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi apel secara rutin dipercaya dapat menurunkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, siku, tangan, dan anggota tubuh lainnya.

8. Meningkatkan Kesehatan Saraf

Senyawa antioksidan quercetin yang terkandung di dalam buah apel dapat mengurangi matinya sel saraf yang diakibatkan oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf). Dimana efek perlindungan apel juga sekaligus dapat mengurangi akibat terkena gangguan neurodegeneratif.

Artikel terkait buah yang baik untuk ibu hamil:

9. menghindari kurang darah pada Ibu Hamil

Seorang wanita hamil lebih rentan mengalami kurang darah. Dimana hal ini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Untuk menghindari kurang darah, Anda dapat mengonsumsi buah apel secara rutin karena adanya kandungan zat besi dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menghindari kurang darah.

10. Mengurangi akibat Asma

Selain baik untuk ibu hamil, buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat mengurangi akibat janin terserang penyakit asma hingga 53 persen.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dalam buah apel yang dapat menjaga saluran pernapasan sang janin agar tetap bersih. Namun, jika ibu memiliki riwayat penyakit asma, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk melangsungkan pengecekan lebih lanjut.

11. Sebagai Sumber Kalsium

Manfaat buah apel untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu sebagai sumber kalsium. Siapa sangka bahwa satu gelas jus apel mengandung kalsium sebanyak 300 mg atau sekitar 12 persen dari kebutuhan kalsium harian ibu. Asupan kalsium yang diperoleh oleh ibu hamil ini tentu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan tulang sang janin dalam kandungan.

Artikel terkait buah yang baik untuk ibu hamil:


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat buah apel untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Ampas Teh atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan

11 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil - KhasiatSehat.com

Judul Artikel

11 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil – KhasiatSehat.com

pelukisan

Manfaat buah apel untuk ibu hamil yaitu mengatasi sembelit, menghindari kelahiran prematur, menghindari diabetes, meringankan morning sickness, sebagai sumber energi, meningkatkan nafsu makan, mengurangi bengkak, meningkatkan kesehatan saraf, menghindari kurang darah, mengurangi akibat asma, dan sebagai sumber kalsium

Penulis

kegunaan Sehat

Penerbit

kegunaan Sehat

Logo Penerbit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here