nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Lebih sering dikenal sebagai penyakit orang tua, dalam realitanya penyakit asam urat dapat saja menyerang mereka yang masih berusia muda. Biasanya, anak muda yang terkena penyakit ini adalah yang menerapkan gaya hidup tidak sehat, khususnya dalam hal tidak memenuhi asupan air putih dengan cukup setiap hari dan sering mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin.

Penyebab lain yang dapat memicu datangnya penyakit asam urat adalah berat badan yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan produksi insulin meningkat dan akhirnya membuat proses peluruhan asam urat dari dalam tubuh menjadi tidak maksimal. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 silam, disebutkan bahwa orang yang tidak mengalami masalah berat badan namun memiliki lemak visceral atau lemak yang membuat perut membuncit cenderung lebih rentan terkena masalah asam urat. Hal ini berarti, selain memperhatikan berat badan tetap ideal, ada baiknya memang kita tidak membiarkan perut membuncit demi menghindari datangnya penyakit ini.

Cara lain yang dapat kita lakukan demi menghindari datangnya masalah asam urat adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih dalam sehari. Pastikan untuk tidak mengganti air putih dengan minuman lain seperti minuman bersoda, teh kemasan, atau bahkan minuman beralkohol. Sebagaimana kita ketahui, minuman beralkohol juga termasuk dalam pemicu utama dari masalah asam urat. Pastikan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari demi membantu proses peluruhan asam urat berlangsung dengan lancar. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Kita juga sebaiknya rajin berolahraga jika tidak ingin mudah terkena serangan asam urat. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari demi membantu menghindari datangnya serangan asam urat, memperlancar peredaran darah, hingga menurunkan sensasi nyeri saat serangan asam urat datang.

Selain cara-cara tersebut, agar kita tidak mudah terkena serangan asam urat, ada baiknya kita juga mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan menurunkan konsumsi makanan laut, daging merah, dan kacang-kacangan. Selain itu, kita juga dapat mulai mengonsumsi jahe. Jahe memiliki kandungan gingerols dan shogael yang bersifat anti peradangan. Kandungan ini juga dapat membantu penurunkan kadar asam urat di dalam persendian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here