Terakhir Diedit:

Gangguan kecemasan adalah suatu kondisi dimana kecemasan datang terus-menerus dan tidak terkendali. Berbeda dengan rasa cemas biasa, rasa cemas pada kondisi ini dapat datang sendirinya sekalipun tidak ada situasi pemicu. Kondisi ini perlu ditangani sebelum bertambah parah. Ulasan berikut akan menyediakan informasi penting seputar gangguan ini, mulai dari penyebab, pengobatan, sampai cara alami untuk meredakan rasa cemas, yakni dengan resep herbal gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan dapat menimpa siapa saja, tidak terkecuali Anda ataupun orang yang Anda sayangi. Maka, ulasan ini akan membantu Anda mengenal lebih dalam mengenai gangguan mental ini dan langkah pengobatan yang diperlukan. Dengan begitu, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan apabila Anda atau orang yang Anda sayangi menderita gangguan ini. Pertama-tama, mari ketahui cara membuat resep herbal gangguan kecemasan dengan mudah.

Resep Daun Pandan

Pandan merupakan tumbuhan yang temasuk dalam genus Pandanus, yang sering tumbuh di daerah beriklim tropis. Di Indonesia, tumbuhan ini tumbuh subur mulai dari daerah pantai sampai daerah yang memiliki ketinggian 500 m di atas permukaan laut. Karenanya pandan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan pandan sudah menjadi bumbu wajib beberapa hidangan tradisional.

resep herbal gangguan kecemasan

Daun Pandan (Credit: Wikipedia.org)

Bagian dari tumbuhan pandan yang sering dimanfaatkan ialah daunnya. Tidak hanya sebagai pewangi atau bumbu masakan, daun pandan ternyata juga digunakan sebagai ramuan herbal secara turun temurun. Salah satu khasiatnya yang cukup terkenal adalah sebagai penenang alami.

Daun pandan memiliki kandungan senyawa alkaloid yang diketahui dapat menghasilkan efek menenangkan bagi tubuh. Khasiatnya ini dapat digunakan untuk meredakan serangan cemas pada penderita gangguan kecemasan, juga pada membantu penderita tidak bisa tidur untuk lebih mudah tidur.

Resep Herbal Gangguan Kecemasan


Bahan:

Daun pandan yang masih segar, 2 lembar.

Cara Meramu Resep:

Cuci terlebih dahulu daun pandan sampai bersih.
Kemudian, iris tipis-tips daun pandan.
Seduh dengan 1 gelas air panas.
Tunggu sampai ramuan herbal mendingin, lalu saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal sekaligus, sebanyak 2-3 kali sehari, sampai perasaan lebih tenang.

Resep Herbal Alternatif Dengan Noni Juice

Ternyata bukan hanya daun pandan yang dapat kita manfaatkan menjadi resep herbal gangguan kecemasan. Alam juga menyediakan herbal lainnya yang tak kalah efektif dalam membantu pemulihannya. Selain lebih terjangkau, obat alami yang disediakan alam ini tidak memiliki banyak efek samping. Sayang sekali jika manfaat alami yang diberikan Sang Pencipta tidak kita manfaatkan.

Herbal ini tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Dari wanginya saja, sebagian besar orang langsung dapat mengenalinya. Herbal yang dimaksud ialah Noni Juice. Dibalik rasa dan rupanya yang kurang diminati, Noni Juice menyimpan kemampuan untuk mengurangi kecemasan, stres, dan depresi. Bagaimana mekanismenya?

Resep herbal gangguan kecemasan

Buah Noni/Mengkudu (Credit: Shutterstock)

Noni Juice memiliki kandungan scopoletin, yang ikut berperan dalam meringankan stres berlebih. Noni juga mengandung 10 asam amino esensial, termasuk asam amino triptofan, yang turut ambil bagian dalam pembentukan serotonin. Serotonin diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon melatonin, suatu hormon penting yang mampu membantu mengurangi stres yang terjadi.

Tidak hanya itu, kandungan Noni Juice lainnya juga membantu buah tropis ini untuk berperan sebagai salah satu resep herbal gangguan kecemasan terbaik, yakni quercetin dan kaempferol. Keduanya diketahui dapat membantu mengurangi efek stress oksidatif.

Aturan Minum Noni Juice

Cara mengolah buah Noni menjadi resep herbal gangguan kecemasan membutuhkan sedikit upaya ekstra. Namun, dengan adanya Noni Juice, Anda tidak perlu repot-repot memproses buah Noni. Noni Juice adalah minuman herbal yang sudah ada dalam bentuk kemasan. Anda dapat mengonsumsinya 2 kali sehari, sebanyak 50 ml.

Apa Sebenarnya Penyebab Gangguan Kecemasan

Sebelum memasuki informasi mengenai penyebabnya, alangkah baiknya kita ketahui dahulu hal dasar mengenai gangguan ini. Gangguan kecemasan atau anxiety disorders adalah istilah untuk kumpulan gangguan mental, dimana ciri utama dari setiap gangguan mental itu adalah rasa cemas dan khawatir berlebihan.

Jadi, gangguan kecemasan bukan istilah untuk penyakit, namun istilah yang digunakan untuk menampung kumpulan gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas. Berikut adalah beberapa jenis dari gangguan kecemasan:

  • Fobia
  • Gangguan panik
  • Gangguan kecemasan menyeluruh
  • Gangguan kecemasan sosial
  • Agoraphobia

Sampai sekarang, para peneliti belum dapat memastikan apa penyebab gangguan kecemasan. Gangguan yang tergolong sebagai penyakit mental ini terjadi akibat kombinasi rumit beberapa hal, yaitu:

  • Perubahan kimiawi pada otak
  • Faktor medis (stres akibat penyakit tertentu, efek obat-obatan yang dikonsumsi, dan lain-lain)
  • Faktor lingkungan (stres akibat trauma, pekerjaan, sekolah, keuangan, dan lain-lain)
  • Penggunaan zat terlarang

Gangguan kecemasan juga dapat muncul akibat penyakit medis yang diderita. Jika dokter curiga kecemasan yang muncul disebabkan oleh penyakit medis, dia akan meminat Anda untuk melangsungkan beberapa tes dan mekanisme sebagai bukti untuk memastikan penaksiran.

penaksiran Gangguan Kecemasan

Tidak ada tes laboratorium yang dapat secara khusus mendiagnosis gangguan ini. Untuk memastikan penaksiran, dokter akan melangsungkan beberapa cara. Cara pertama, dokter akan melangsungkan pemeriksaan fisik untuk mencari kemungkinan adanya penyakit medis atau pengaruh obat-obatan yang mendasari gangguan kecemasan. Apabila dokter curiga akan adanya penyakit medis, dia akan meminta Anda untuk melangsungkan tes urin atau darah.

penaksiran gangguan kecemasan

Ilustrasi Pemeriksaan Medis (Credit: Topnews.in)

Cara kedua, dokter akan menanyakan secara rinci riwayat medis Anda. Cara ketiga, dokter akan menggunakan kuesioner psikologis untuk membantu memastikan penaksiran. Dan cara terakhir, dokter akan menggunakan kriteria dalam Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association untuk mendiagnosis gangguan kecemasan.

Pilihan Pengobatan Gangguan Kecemasan

Ada dua cara yang digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan. Yang pertama menggunakan konseling (psikoterapi), yang kedua menggunakan obat-obatan. Orang yang menderita gangguan ini dapat menjalani salah satu atau kombinasi dari keduanya.

Psikoterapi:

Psikoterapi atau yang juga biasa disebut dengan konselin psikologis, adalah metode pengobatan yang bertujuan untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan dengan bantuan terapis. Bentuk psikoterapi yang sering direkomendasikan ialah terapi perilaku kognitif.

Terapi perilaku kognitif membantu Anda mengidentifikasi kebiasaan atau pola yang dapat memicu serangan cemas. Setelah mengenalinya, Anda dapat merubah kebiasaan atau pola tersebut. Dengan begitu, akibat serangan cemas dapat dikurangi.

Obat-obatan:

Beberapa tipe obat antidepresan diketahui dapat meringankan gejala yang ditimbulkan. Begitu juga dengan beberapa obat antikonvulsan dan obat antipsikotik yang bermanfaat untuk membantu perawatannya. Untuk gangguan kecemasan menyeluruh, sosial, atau serangan panik, obat yang biasa diresepkan adalah anxiolytics. Contohnya clonazepam (klonopin) dan alprazolam (xanax).

Menentukan pengobatan yang cocok bagi Anda memang tidak selalu mudah. Terkadang, hal tersebut membutuhkan waktu. Dalam upaya meningkatkan keefektifan pengobatan, tidak ada salahnya mencoba beberapa teknik relaksasi, seperti yoga atau latihan pernapasan.

Demikianlah akhir dari artikel kali ini. Yang perlu digarisbawahi adalah meski resep herbal gangguan kecamasan yang ada di atas dapat membantu meredakan gangguan kecemasan, Anda tetap perlu mendapatkan penanganan medis. Resep herbal gangguan kecemasan hanya bertujuan untuk menunjang pengobatan medis yang sedang Anda Jalani.

Perlu ada berupaya untuk mengalahkan kondisi medis ini. Jangan pernah ragu untuk mencari bantuan pada dokter atau spesialis kesehatan mental. Begitupun jika orang yang Anda sayangi menderita gangguan kecemasan, jangan tunda untuk mendukungnya, menghiburnya, dan membantunya. Nantikan ulasan lainnya seputar kesehatan dan ramuan herbal bermanfaat hanya di deherba.com.

Sumber surat keterangan:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Bhandari, Smitha. What Are Anxiety Disorders. WebMD. Reviewed: 2017-06-12. URL:https://www.webmd.com/anxiety-panic/guide/anxiety-disorders#1. Accessed: 2018-10-18.(Archived by WebCite®)

Holland, Kimberly; Legg, Timothy. Anxiety. Healthline. Reviewed: 2018-10-18. URL:https://www.healthline.com/health/anxiety. Accessed: 2018-10-17. (Archived by WebCite®)

Mikhael Ravel

Penulis muda yang tertarik dengan bidang kesehatan khususnya dalam hal pemanfaatan obat herbal. Salah satu tujuannya menulis adalah memotivasi dirinya sendiri untuk menjalankan pola hidup sehat. Mikhael saat ini berkomitmen untuk olahraga rutin dan membatasi konsumsi junk food.


Artikel di-posting oleh Mikhael Ravel dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here